Cara Memutihkan Baju Yang Menguning

Discussion in 'General Lifestyle' started by Doni Gumilar, Dec 21, 2019.

  1. Doni Gumilar

    Doni Gumilar New Member

    Joined:
    Nov 8, 2018
    Messages:
    7
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Noda kuning pada baju

    Noda pada baju memang samgat mengganggu penampilan khususnya noda yang sering dijumpai pada baju seperti pengalaman saya waktu coba produk di grosir kaos distro bandung yaitu noda kuning. namun tidak masalah karena hal ini sudah biasa dari semua jenis kain, Apalagi kalau noda terrsebut terletak pada baju warna putih, nodanya akan semaklin kontras terlihat. Noda kuning bisa disebabkan oleh beberapa faktor contohnya dari keringat kita sendiri atau dibagian ketiak noda dihasilkan akibat pemakaian deodorant yang biasa digunakan.

    Karena keringat yang bersifat mineral dan protein, jika bertemu dengan aluminium yang ada pada salah satu kandungan deodorant. Maka akan menghasilkan reaksi kimia, dan akibatnya keringat yang dihasilkan akan berubah warna menjadi kuning. Kemudian hal tersebut akan diserap oleh kain yang meninggalkan noda kuning.



    Maka dari itu selain memilih deodorant dengan baik dan memperhatikan kandungan yang ada didalamnya, perlu diketahui juga noda kuning pun bisa dihasilkan oleh kelainan keringat yang menghasilkan warna kekuningan dan disebut juga dengan chromhidrosis ekrin. Mengkonsumsi obat-obatan atau pewarna makanan tertentu yang biasanya mengakibatkan kondisi tersebut.


    Faktor penyebab baju menguninng

    Baju yang menguning juga biasanya tidak hanya disebabkan oleh keringat dan juga deodorant. Selain cara mencucinya yang tidak benar,berikut ada beberapa penyebab baju yang menguning:

    · Penggunaan deterjen yang terlalu banyak

    Deterjen yang berlebihan saat proses perendaman akan menyebabkan busa yang mengendap dan juga meninggalkan kandungan residu diserat pakaian. Itu yang menyebabkan kerusakan pada warna pakian dan negubah pakaian menjadi kekuningan.


    · Tidak membilas baju dengan bersih

    Rsesidu deterjen yang tertinggal akibat terburu-buru saat mencuci akan menyebabkan baju menguning. Karena residu yang mengendap akan membentuk lapisan pada pakaian dan akan berubah kuning lama-kelamaan seiring waktu.


    · Terlalu sering memakai pemutih

    Pemutih memang sering digunakan untuk membuat pakaian bersih atau lebih putih. Tapi jika pemutih dipakai terlalu sering, itu akan mengakibatkan pakaian menjadi kuning dan kusam karena kandungan bahan kimia disinfektan yang keras.


    · Tempat penyimpannan pakaian yang kurang tepat

    Pakaian yang disimpan didalam wadah kayu atau kotak plastik akan membuat pakaian berubah menguning, karena kandungan asam dari tempat penyimpanan tersebut yang cepat meresap dan memuai.


    Jenis bahan pakaian yang mudah kusam

    Selain faktor-faktor penyebab pakaian kuning yang sudah dibahas tadi, adapula bebrapa jenis bahan yang mudah kusam. Karena kesalahan pemilihan bahan pakaian setidaknya membuat tubuh terasa gatal-gatal, lengket dan ruam kulit sehingga menyebabkan gerah berkepanjangan dan akhirnya keringat berlebihan.

    Tinggal di Negara dengan dua musim yaitu musim panas dan dingin, membuat kita harus pintar memilih jenis bahan pakaian yang akan digunakan.

    Contohnya saat musim panas, ada beberapa contoh jenius kain yang tidak cocok. Yaitu bahan polyster, bahan nilon dan bahan sifon, karena bahan-bahan tersebut sangat panas dan tidak nyaman untuk digunakan dimusim panas.


    Makanya pusatgrosirkaosdistro paling mengerti kebutuhan masyarakat indonesia yakni memakai bahan cotton combed untuk produk kaosnya. Bahan cotton combed adalah bahan dengan serat yang lembut dan juga menyerap keringat. Selain cocok digunakan pada saat musim panas, kelembutan dan ketebalannya juga cocok untuk musim dingin.




    Mengatasi baju dari noda kuning

    Tapi jangan khawatir guys kalo baju kalian udah terlanjur menguning, ada beberapa cara kok buat mengatasinya. Nih pusatgrosirkaosdistro bocorin beberapa langkahnya yah, berikut cara dan bahan yang perlu dilakukan:

    1. Aspirin

    Ambil 2butir aspirin lalu hancurkan, kemudian larutkan kedalam air hangat. Setelah itu rendam pakaian bernoda kuning dilarutan tersebut selama 2-3jam lalu cuci seperti biasa.

    2. Cuka putih

    Tuangkan langsung cuka pada baju yang terkena noda kuning lalu diamkan beberapa jam. Kemudian bilas dengan air bersih dan cuci seperti biasa.

    3. Jus lemon

    Nah jus lemon sendiri adalah pemutih alami. Tinggal ambil jus lemon dan gosokan pada noda.

    4. Soda kue

    Campr air hangat dan soda kue, gosok pada noda selama beberapa menit lalu diamkan 1/2 jam dan cuci seperti biasa.

    5. Garam

    Camprkan 1 liter air panas dengan 4 sendok garam, lalu ambil sikat dan gosokkan campuran air dan garam tersebut pada noda kuning. Setelah itu cuci bersih.
     
  2. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    1,803
    Likes Received:
    128
    Trophy Points:
    63
    Masa iya sih jus lemon bisa membuat pakaian jadi putih.
    bukan warna lemon kekuningan?
     
  3. Remmy

    Remmy Member

    Joined:
    Dec 5, 2017
    Messages:
    516
    Likes Received:
    27
    Trophy Points:
    28
    wah panter kerah kemeja ane sering jadi kuning, makasih info nya gan
     
  4. Ai Kustina

    Ai Kustina New Member

    Joined:
    Dec 3, 2019
    Messages:
    10
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Soda kue memang banyak sekali manfaatnya ...
     
  5. Doni Gumilar

    Doni Gumilar New Member

    Joined:
    Nov 8, 2018
    Messages:
    7
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    bener bro,, udah saya coba,,, warna lemon meskipun kuning tapi ga memikat warna ke kain bro
     
    blackking likes this.
  6. Doni Gumilar

    Doni Gumilar New Member

    Joined:
    Nov 8, 2018
    Messages:
    7
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    sip gan, semoga bermanfaat dan bisa mencobanya 100% work
     
  7. Doni Gumilar

    Doni Gumilar New Member

    Joined:
    Nov 8, 2018
    Messages:
    7
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    bener banget, selain bisa buat masak kue hhehehehe
     
  8. Angkasa Bali

    Angkasa Bali Member

    Joined:
    Oct 20, 2014
    Messages:
    790
    Likes Received:
    72
    Trophy Points:
    28
Loading...

Share This Page