Cara Menambah Tinggi Badan

Discussion in 'General Lifestyle' started by budiw92, Sep 7, 2013.

  1. budiw92

    budiw92 Member

    Joined:
    Feb 11, 2013
    Messages:
    720
    Likes Received:
    35
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    [​IMG]

    Kurang PD karena terlihat pendek di antara teman-teman kamu? apa saja yang telah kamu lakukan untuk menjadi tinggi? sebelum kita bahas cara menambah tinggi badan sebaiknya kita simak dulu apa sih yang menyebabkan tubuh kamu tidak/belum tinggi?

    Tubuh pendek bisa saja terjadi dikarenakan banyak hal diantaranya karena kekurangan hormon perkembangan ( somatotropin ). hormon ini dihasilkan oleh kelenjar pituitary ( kelenjar di bawah otak ) yang berperan mengendalikan perkembangan tulang. pada umur 12-14 tahun, kelenjar ini amat aktif serta menghasilkan sangat banyak hormon untuk merangsang pertumbuhan tulang. setelah itu kelenjar hormon dapat menyusut produksinya. umumnya pada wanita kelenjar ini berhenti berproduksi pada umur 21 th. serta pria 25 th. jika kamu tahu teknik spesifik agar kelenjar ini terus berproduksi untuk menambah tinggi badan kamu.

    Tak hanya dikarenakan faktor umur hormon perkembangan juga dapat berhenti sebelum saat waktunya dikarenakan faktor stres didalam kehidupannya ( sekolah, lingkungan kerja, rumah tangga dan lain-lain ). faktor yang lain lagi yaitu kebiasaan yang tidak sehat layaknya diet yang terlalu berlebih, posisi tidur yang tidak baik, olahraga yang salah, postur badan yang tidak normal tentunya ( cacat ), untuk jadi tambah tinggi anda mesti hindari faktor-faktor tersebut : harus mempunyai nutrisi yang cukup, tidur yang cukup dengan posisi yang baik ( tidak melengkung ) serta olahraga.
    faktor keturunan juga merubah tinggi badan seseorang, satu perihal yang butuh dipahami terlebih dulu bahwa tinggi badan amat ditentukan oleh gen.

    Berapa Tinggi Yang Ideal Itu?
    Untuk ukuran apakah tinggi kamu sudah Ideal atau belum bisa di lihat dari usia kamu,untuk ukuran tinggi penduduk indonesia berdasarkan usia bisa dilihat di tabel berikut:

    [​IMG]

    Jika kamu tergolong belum ideal atau ingin menambah tinggi badan kamu bisa mencoba olah raga rutin berikut ini:

    1. Gerakan lari cepat jarak pendek (sprint). Gerakan ini sangat bermanfaat meningkatkan pelepasan hormon pertumbuhan. Penekanan pada otot kaki selama latihan berdampak pada pemanjangan tulang dan otot. Untuk latihan sprint ini usahakan dilakukan pada permukaan yang alami seperti lantai khusus atletik atau rumput jangan gunakan lantai beton, dan frekuensinya jangan terlalu sering untuk menghindari pembengkakan pada otot.
    2. Gerakan Menendang. Caranya berdiri dan lebarkan kaki, angkat satu kaki, kemudian lakukan tendangan, lakukan gerakan menendang ini minimal 20 kali pada satu kaki dan kemudian beralih ke kaki berikutnya. Lakukakan masing-masing 20 kali tendangan, latihan ini dapat memperpanjang tulang kering dan paha yang akan berdampak pada tinggi badan.
    3. Gerakan melompat. Cara yang paling praktis untuk melakukan gerakan ini adalah dengan menggunakan tali. Akan lebih menyenangkan bila dilakukan sambil mendengarkan musik yang menghentak atau musik kesukaan anda. Lakukan gerakan ini sebanyak 300 kali setiap latihan.
    4. Bersepeda. Gunakan pedal sepeda yang bisa membuat kaki anda lurus pada posisi terjauh, sehingga membuat jari kaki terus mencapai pedal. Gerakan ini menyebabkan peregangan pada kaki dan bisa membuat kaki lebih panjang. Lakukanlah bersepeda selama 10 sampai 15 menit. Bila malas keluar atau cuaca yang tidak mendukung, anda bisa menggunakan sepeda statis atau stationary cycle untuk melakukan gerakan ini.
    5. Berenang. Disamping menyenangkan renang juga merupakan olahraga yang sangat efektif untuk membuat tubuh lebih fleksibel. Untuk melakukan ini memang dibutuhkan keahlian dalam berenang, atau kalau anda baru belajar gunakan kolam yang lebih rendah dari ukuran tubuh anda. Bila sudah bisa berenang, lakukan renang gaya dada selama minimal 20 menit.
    6. Gerakan Berayun. Gerakan ini bisa anda lakukan dengan menggunakan tali yang diikat pada tempat yang tinggi dan diberi pegangan, atau besi yang berbentuk tiang gawang atau yang paling praktis adalah kusen pintu rumah yang cukup tinggi. Raih pegangan ayunan dan biarkan tubuh anda berayun dengan posisi kaki lurus sesekali kaki bisa ditekuk, lakukan dengan senyaman mungkin agar tubuh anda relax. Lakukan gerakan berayun ini selama 10 kali setiap kali latihan dalam sehari.

    selain olah raga diatas jangan lupa juga untuk mengkonsumsi beberapa makanan yang mengandung vitamin seperti:

    1. Vitamin D yaitu: ikan, sereal, telur, tofu, susu kedelai, kedelai, jamur, sosis, dan kacang almond.
    2. Vitamin A yaitu: bayam, bit, wortel, ayam, pepaya, peach, susu, tomat, dan lain sebagainya.
    3. Kalsium kalsium sendiri bermanfaat agar tulang tetap kuat dan perkembangannya baik. Konsumsi kalsium ini dapat diperoleh dari keju, yogurt, telur, dan lain sebagainya.
    4. Protein yaitu: susu, keju, kacang hijau, lentils, ayam, oatmeal. ikan laut dalam, daging, kedelai, dan sebagainya.
    5. Mineral lainnya: Mineral-mineral lain yang dibutuhkan tubuh membantu perkembangan tulang serta memperlancar peredaran darah,mineral-mineral penting ini biasanya terdapat pada kacang hijau, brokoli, bayam, kol, labu kuning, kacang-kacangan, pisang, anggur, dan lain sebagainya.

    sumber: http://caraterbaru.net/cara-menambah-tinggi-badan/
     
  2. samuel

    samuel Member

    Joined:
    Feb 5, 2013
    Messages:
    479
    Likes Received:
    14
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    Kalau saya sih sudah memilik

    Kalau saya sih sudah memilik tinggi yang alami dengan panjang yang lumayan, jadi ga perlu pusing lagi mikirin tinggi badan *jail*
     
  3. wphoet

    wphoet You'll Never Walk Alone

    Joined:
    Feb 19, 2013
    Messages:
    1,149
    Likes Received:
    142
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    stinggiku sudah ideal tinggal

    stinggiku sudah ideal tinggal ngecilin perut aja nih yg agak susah melwan hawa-nabsu makan *ketawa3*
     
  4. budiw92

    budiw92 Member

    Joined:
    Feb 11, 2013
    Messages:
    720
    Likes Received:
    35
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    samuel wrote:

    berarti sama kaya saya gak ada masalah sama tinggi badan *senang*
     
  5. budiw92

    budiw92 Member

    Joined:
    Feb 11, 2013
    Messages:
    720
    Likes Received:
    35
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Vernet wrote:

    Jika sudah melewati masa pertumbuhan, pertumbuhan tinggi badan akan menjadi lebih lambat, bahkan mengalami stagnasi untuk beberapa orang. Berdasarkan penelitian, biasanya pertambahan tinggi badan berhenti di usia 21 tahun. Pertumbuhan tinggi pria umumnya akan berhenti pada usia 25 tahun, atau setelah masa pubertas. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan bagi seseorang untuk melanjutkan pertumbuhan tinggi badan pada saat usia 27-30 tahun. Kamu dapat ,melakukan aktivitas fisik tertentu, latihan, diet yang tepat, dan hal penting lain yang berhubungan dengan pertumbuhan, karena hormon pertumbuhan (human growth hormone atau HGH) sebenarnya masih dapat terus bekerja membantu pertumbuhan. Latihan yang dapat dilakukan untuk merangsang pembentukan HGH adalah latihan peregangan, cycling, dan berenang.
     
  6. budiw92

    budiw92 Member

    Joined:
    Feb 11, 2013
    Messages:
    720
    Likes Received:
    35
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    wphoet wrote:

    kalo susah melawan nafsu makan nanti tingginya malah kesamping *ketawa4*
     
  7. Putu

    Putu Member

    Joined:
    Jun 27, 2013
    Messages:
    39
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    wphoet wrote:

    Sama ni sama mas @wphoet . Tinggi sudah gak naik tapi melebar. *ketawa2*
     
  8. ncang

    ncang Super Level

    Joined:
    Feb 7, 2013
    Messages:
    4,641
    Likes Received:
    757
    Trophy Points:
    113
    Google+:
    budiw92 wrote:

    *ketawa1* salah kamar nih, harusnya jangan kesini tapi ke cara melangsingkan perut
     
  9. charlez

    charlez New Member

    Joined:
    Aug 23, 2013
    Messages:
    0
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Hmmmm dibilang maksimal umur

    Hmmmm dibilang maksimal umur 25 tahun itu berarti kalau umurnya udah 25 tahun masih bisa bertumbuh kan?
    Umur 26 tahun baru pertumbuhannya melambat atau malah gak tumbuh, bener gak tuh?
     
  10. Blog_Ardy

    Blog_Ardy New Member

    Joined:
    Feb 2, 2014
    Messages:
    14
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Wew, kebetulan badan ane

    Wew, kebetulan badan ane kurang ideal nih :D *ngupil*
    ijin nyimak om
     
  11. nogabeatz

    nogabeatz New Member

    Joined:
    May 10, 2014
    Messages:
    19
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Tinggi ku uda ideal, tapi berat badanku yang kurang ideal... Jadi ane keliatan pedek.. Huhu
     
  12. BEIM

    BEIM Active Member

    Joined:
    Mar 17, 2014
    Messages:
    1,358
    Likes Received:
    36
    Trophy Points:
    48
    waaahhh,,bagus nih tipsnya buat yang ingin menambah tinggi badan...
     
Loading...

Share This Page