Cara Menanam Hidroponik dengan Sistem Sumbu

Discussion in 'Education' started by muezaa, Nov 15, 2020.

  1. muezaa

    muezaa Member

    Joined:
    Jan 16, 2017
    Messages:
    73
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    Mengajarkan anak becocok tanam ternyata memiliki manfaat yang baik. Disamping sangat menyenangkan, kegiatan ini juga dapat membuat mereka menjadi untuk belajar. Anak-anak diajarkan bagaimana ketika bersentuhan langsung dengan tanah, menggali tanah, serta menanam benih.

    Ya, bercocok tanam sudah menjadi kebiasaan sejak dahulu. Seiring dengan perkembangan zaman, banyak pengembangan cara metode bercocok tanam, salah satunya hidroponik.

    Hidroponik merupakan metode budidaya pertanian tanpa menggunakan media tanah, sehingga hidroponik merupakan aktivitas pertanian yang dijalankan dengan menggunakan air sebagai medium untuk menggantikan tanah. Nah, metode ini yang paling umum kita kenal dengan menggunakan pipa. Namun, ada satu lagi cara menanam hidroponik sederhana yang bisa Anda lakukan di rumah, yaitu dengan sistem sumbu.

    [​IMG]

    Cara menanam hidroponik dengan sistem sumbu ini mudah dicoba untuk menghabiskan akhir pekan dengan anak Anda. Dilansir dari laman HaiBunda, berikut cara menanam hidroponik dengan sistem sumbu, yang meliputi:

    Alat dan bahan:
    • Ember atau baskom untuk penampung air (reservoir)
    • Pupuk hidroponik (kering atau cair)
    • Tali katun atau nilon
    • Media tanam
    • Bibit
    • Nampan tanam
    Cara menanam hidroponik dengan sistem sumbu:

    1. Buat wadah penampung air
    Pertama, isi reservoir dengan air dan nutrisi. Reservoir ini akan berada di bawah nampan yang menampung tanaman dan media tanam.

    2. Hubungkan sumbu dengan nampan tumbuh
    Hubungkan satu atau dua sumbu melalui lubang di bawah nampan tumbuh. Jika perlu, Anda bisa membuat lubang pada nampan menggunakan bor. Sumbu akan menyerap air dari wadah.

    3. Siapkan nampan
    Media tanam yang berisi anakan tanaman diletakkan di atas reservoir. Gunakan media tanam yang tidak akan mengalir terlalu cepat.

    4. Siapkan lampu jika diperlukan
    Anda bisa menggunakan cahaya alami untuk sistem hidroponik. Tapi kalau cahaya matahari tidak memadai, gunakan lampu untuk mengatasinya. Siapkan lampu di atas nampan tumbuh. Pastikan untuk mengatur jarak lampu sekitar 24 inci dari tanaman hidroponik.
     
  2. Agus Priyanto

    Agus Priyanto New Member

    Joined:
    Aug 27, 2020
    Messages:
    11
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    3
    Sebenernya mau coba nanem denga cara ini, tapi lahan belum ada.
    Di depan rumah bisa sih, tapi pengalaman dulu pernah punya tanaman di pot depan rumah tapi karena banyak orang lewat dan ga ada pager, sering kesenggol dan dipetik ama anak anak yg lewat. jadi rusak.

    Tapi terimakasih artikelnya bagus

    salam
    detikinfo
     
    Last edited by a moderator: Nov 16, 2020
Loading...

Share This Page