Cara Menanam Tomat dengan Cara Hidroponik

Discussion in 'Science' started by agus sugiyanto, Sep 25, 2016.

  1. agus sugiyanto

    agus sugiyanto New Member

    Joined:
    Sep 1, 2015
    Messages:
    16
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    3
    Tomat merupakan tanaman yang masuk dalam keluarga Solanaceae, tumbuhan ini merupakan tanaman yang lahir di Amerika Tengah dan Selatan, dari Meksiko sampai Peru.

    Tomat merupakan tanaman yang mempunyai siklus hidup yang lumayan singkat, tomat dapat tumbuh setinggi 1 sampai 3 meter. Tanaman ini memiliki buah berawarna hijau saat masih muda, kuning, dan merah. Ibu rumah tangga biasa memanfaatkannya sebagai bumbu pendukung dalam tiap masakannya atau bisa juga dikonsumsi secara langsung tanpa dimasak. Tomat mempunyai batang dan daun yang tidak bisa dikonsumsi karena masih sekeluarga dengan kentang dan Terung yang mengandung Alkaloid.

    Sejarah Tomat

    Berdasarkan tulisan Andrew F. Smith "The Tomato in America", tomat dimungkinkan berasal dari daratan tinggi pantai barat Amerika Selatan. Setelah Spanyol berkuasa di Amerika Selatan, mereka menyebarkan tanaman tomat ke kelompok-kelompok mereka di Karibia. Spanyol juga selanjutnya membawa tomat ke Filipina, yang menjadi titik awal penyebaran ke wilayah lainnya di hampir seluruh plosok benua Asia. Spanyol juga membawa tomat ke Eropa. Tanaman ini tumbuh dengan subur di kawasan beriklim subtropis seperti di Mediterania.

    Macam-macam tomat

    Terdapat banyak kultivar tomat yang dapat dibudidayakan dan perjualbelikan. Pengelompokan biasanya dilihat dari wujud atau kegunaan buahnya.

    Macam-macam tomat Berdasarkan warna
    Berdasarkan warnanya buah tomat dibagi menjadi 5, yaitu dimulai dari hijau ketika masih muda dan ketika telah matang tomat akan berubah menjadi, kuning, jingga, merah, ungu (hitam), serta belang-belang.

    Berdasarkan manfaat nya, tomat dapat dibedakan menjadi:

    Tidak banyak masyarakat yang mengenal jenis-jenis tomat seperti tomat buah, tomat sayur, serta tomat lalapan. Berdasarkan manfaatnya, tomat dimasukkan klasifikasi buah dan sayuran, meskipun secara struktur, tomat merupakan buah.
    Perkembangan pengetahuan, saat ini tomat tidak hanya digunakan sebagai pelengkap makanan melainkan dikenal juga sebagai alat kecantikan. Manfaat tomat untuk kecantikan diantaranya adalah untuk mengecilkan pori-pori dan memutihkan kulit karena tomat kaya dengan kandungan vitamin C.

    [​IMG]

    Cara Menanam Tomat Hidroponik

    Menanam tanaman tomat hidroponik cenderung lebih gampang sekaligus terjangkau. Satu diantara aspek yang sangat pokok ialah kesungguhan untuk belajar dan praktek.

    Pada postingan kali ini kami ingin share teknik menanam tomat hidroponik dengan memanfaatkan lahan sempit di rumah.

    Memilih Benih Tomat

    Langkah pertama dalam berkebun tomat hidroponik adalah pemilihan benih yang bagus. Salah satu cara memilih benih tomat yang berkualitas adalah dengan berbelanja benih kemasan di kios pertanian disekitar kita atau via internet.

    Sebelum memesan benih tomat sebaiknya pastikan bibit yang kita beli ialah benih yang unggul serta sudah teruji kualitas nya dan lebih tahan terhadap hama penyakit.

    Penyemaian Benih Tomat

    Dalam menyemai benih atau biji tomat gunakan lah rockwool sebagai sarana tanam hidroponik sebab lebih gampang ketika pemindahan.

    Caranya:

    Potong rockwool menjadi dadu kecil
    Kemudian rendam pada air yang sudah diberi nutrisi
    Selanjutnya selipkan benih tomat kedalam rockwool, tiap rockwool di isi dengan satu biji tomat saja
    Lalu simpan Rockwool di lokasi yang teduh sampai beberapa hari, bila telah menunas tempatkan di tempat yang terkena sinar matahari.
    Bila telah mempunyai 4-6 tangkai daun sejati, benih tomat hidroponik telah layak dipindahkan ke wadah yang lebih luas.

    Tanaman Hidroponik Tomat Dipindah ke dalam Botol Plastik atau Tempat bunga

    Pindahkan bibit tomat ke dalam wadah Botol Plastik atau Pot dengan tujuan biar bibit bisa berkembang lebih cepat. Lihat akar tanaman agar jangan sampai tenggelam semua nya, berikan jarak sekitar akar dan air vitamin biar akar dapat O2.

    Vitamin dan Pembesaran Tomat Hidroponik

    Untuk pembesaran tomat hidroponik bisa dilakukan bermacam, cara yang rada sederhana dan tidak menyusahkan ialah dengan memakai cara hidroponik sistem wick. Silahkan lihat foto di bawah ini, buatlah wadah yang menyesuaikan sama metode wick. Pakai hidroton atau krikil pada media tanaman buat menolong menyangga tanaman hidroponik tomat. Apabila tumbuhan telah bertambah tinggi dan besar pakai kecambah yang mendukung tumbuhan berdiri tegak.

    Menanam dengan cara hidroponik makin banyak penggemarnya. Hal ini dikarenakan makin banyak praktisi-- praktisi hidroponik yang mengadakan pelatihan serta menge nalkan hidroponik kepada masyarakat. Di dukung juga oleh minat masyarakat utk belajar menanam tanpa ada media tanah ini. Diluar itu, juga dikarenakan perlengkapan dan peralatan hidroponik semakin gampang di temukan.

    Walau di Indonesia masih tidak banyak petani hidroponik taraf komersial, namun cara menanam dengan sistem hidroponik berkembang cukup bagus. Hal semacam ini ditandai dengan tambah banyak nya penjual yang menyediakan perlengkapan hidroponik. Buat belajar hidroponik sesungguhnya tidaklah susah, apabila ada kemauan segalanya tentu bisa. Belajar hidroponik tidak mesti mengikuti kursus, kita bisa me ndalaminya sendiri secara otodidak.

    Banyak sekali tutorial-tutorial hidroponik yang bisa dijadikan petunjuk, bisa berwujud buku atau media on-line yg menyajikan informasi-informasi mengenai hidroponik. Pada artikel-artikel terdahulu saya telah membuat beberapa tutorial perihal bercocok tanam dengan metode hidroponik. Salah satunya merupakan berkenaan cara menanam cabai hidroponik, sistem menanam bawang merah hidroponik, sistim menanam seledri hidroponik, sistim menanam pakcoy hidroponik dan metode hidroponik yang lain.

    Pada artikel kesempatan ini pelajaran yg mau saya berikan ialah tentang" Metode Menanam Tomat Hidroponik Sistim NFT". NFT yaitu singkatan dari "Nutrient Film Technique" yang artinya "nutrisi mengalir tipis dengan cara terus menerus". Berkebun itu mengasyikan apalagi berkebun hidroponik, lebih menggembirakan. Nah guna lebih lengkap nya, baca artikel ini hingga habis ya.
     
    lasealwin likes this.
  2. Sangkar MSJ

    Sangkar MSJ Member

    Joined:
    Jun 3, 2016
    Messages:
    103
    Likes Received:
    13
    Trophy Points:
    18
  3. ronaldopurwakarta

    ronaldopurwakarta Member

    Joined:
    Jul 12, 2014
    Messages:
    186
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    18
    ternyata butuh prosses yah untuk budidaya tomat,?
    info nya sangat berguna,untuk pengetahuan,
    tapi ane lebih suka beli langsung di pasar tradisional..*peace*
     
  4. themebel

    themebel Member

    Joined:
    Jun 6, 2016
    Messages:
    71
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    8
    ribet ya kesanya, lebih mudah di game harvest moon tanam tomat nya :D
     
  5. asdelpok

    asdelpok New Member

    Joined:
    Sep 26, 2016
    Messages:
    1
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    lebih sehat mana tanaman hidroponik atau yg ditanam secara biasa dengan menggunakan tanah ya?
     
  6. lasealwin

    lasealwin Well-Known Member

    Joined:
    Aug 1, 2015
    Messages:
    1,878
    Likes Received:
    174
    Trophy Points:
    63
    Sitem hidroponik itu selain hemat lahan juga hemat pupuk.
     
Loading...

Share This Page