Cara Mencuci Mobil Yang Efektif Bagi Seorang Pemula

Discussion in 'Otomotif' started by Galih Pradipta, Sep 14, 2018.

  1. Galih Pradipta

    Galih Pradipta Member

    Joined:
    Dec 21, 2017
    Messages:
    34
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    Dalam artikel kali ini, saya akan menjelaskan secara rinci bagaimana mencuci mobil untuk anda yang pemula - dan cobalah untuk focus dengan alat yang sudah disiapkan untuk melakukan pekerjaan dengan benar. Pada bagian ini, kita akan membahas lebih jauh sampai detail proses pengerjaannya.

    Setelah Anda sudah menyiapkan semua alat untuk mencuci mobil yang diperlukan, inilah saatnya untuk mulai bekerja. Tapi sebelum kita memulainya, mari kita lihat beberapa hal – hal detail yang paling mungkin dilakukan oleh mereka yang libur di akhir pekan.



    Penentuan Lokasi Mencuci Mobil

    Tempat untuk naungan / berteduh merupakan factor yang penting. Karena Mencuci di bawah sinar matahari langsung akan membuat busa-busa itu kering 10 kali lebih cepat daripada di tempat yang sedikit teduh. Ada sebuah ide yang sama yaitu mencuci dalam kondisi mendung atau di malam hari ketika matahari tidak terlalu bersinar terang. Jika saya terjebak dan harus mencuci di bawah sinar matahari langsung, Anda perlu menjaga permukaan mobil basah di setiap saat. Seluruh konsep ini tampaknya seperti berlebihan, tetapi ketika Anda selesai, sabun dan air yang anda gunakan akan kering dan pada hasil akhir nya bisa membuat kendaraan anda seperti ada goresan, yang pasti goresan dari kotoran yang mongering karena paparan sinar matahari saat mencuci mobil anda. Oleh sebab itu, selesai mencuci usahakan anda langsung membilasnya dengan bersih dan merata agar bekas sabun dan kotoran tidak menemel terlalu parah.

    Pra-Bilas

    Ini merupakan bagian yang relatif sederhana, tetapi diperlukan. Sebelum Anda mandi, basahi semuanya. Bilas seluruh permukaan, beri perhatian khusus ke bagian bawah mobil. Pra-bilas ini akan mematikan kontaminasi permukaan yang terlihat. Apa pun yang Anda dapat bilas sebelum Anda mulai menyentuh permukaan akan lebih sedikit material yang akan Anda gosokkan pada cat - yang setara dengan kerusakan yang lebih sedikit. Jangan lupakan roda ban juga.

    Bersihkan Kotoran Yang Pertama Kali Terlihat

    Bagian bawah kendaraan akan menjadi yang paling kotor. Saya suka melakukan pengerjaan pertama kali pada bagian roda ban terlebih dahulu. Karena pada bagian sebenarnya yang paling dekat ke tanah, dan dalam kombinasi dengan debu rem yang mereka hasilkan, roda ban perlu perhatian individu. Mengenai roda ban, saya punya kabar baik dan buruk. Kabar baiknya adalah bahwa tidak perlu khawatir menggunakan pembersih roda yang mana. Selesai dilapisi atau tidak dilapisi, krom atau paduan yang bening? Tidak perlu mendapatkan gelar insinyur untuk mengetahuinya. Pembuat pembersih roda ban ingin Anda berpikir bahwa Anda MEMBUTUHKAN produk mereka untuk membersihkan roda Anda. Tidak peduli apa pun akhirnya, sabun cuci mobil dan air akan melakukan pekerjaan - dan jauh lebih aman. Banyak pembersih roda semprot yang keras dan asam. Mereka membuat bahan kimia agresif untuk membersihkan debu rem yang memungkinkan Anda untuk menyemprot dan bilas dengan bersih. Jangan malas. Oleh sebab itu Gunakan ember terpisah dan sarung tangan khusus untuk roda ban saja. Alasan di balik ini adalah - debu rem mengandung sejumlah kecil logam. Logam pada cat finish adalah hal yang buruk - jadi jangan mencampur mitt roda Anda dengan yang digunakan untuk mencuci tubuh untuk pembersih roda yang lebih keras dan berpotensi merusak.

    Shampo Mobil Bisa Menjadi Penyebab Kotoran Dan Kerusakan

    Jangan terlalu banyak mencampur sabun ini dengan air yang terlalu banyak. Tuangkan beberapa di ember dengan takaran bahwa busa yang dihasilkan tidak menimbulkan kerusakan yang begitu parah. Lebih banyak busa sama dengan lebih banyak perlindungan. Tujuan dari busa adalah untuk membungkus kotoran dan pasir Anda terkelupas dari boy mobil anda. Sarung tangan pencuci mobil Anda akan benar – benar berbusa saat Anda mencuci. Hanya sebuah catatan di sini. Jika Anda menemukan sesuatu yang tidak akan menimbulkan goresan pada cat, gunakan hanya sedikit tekanan untuk membersihkan pada bagian body mobil anda. Tidak perlu menggosok seperti orang gila. Apa pun yang tidak dapat dibersiihkan dengan cara yang kasar mungkin ini memerlukan bantuan tambahan - seperti penggunaan batang tanah liat. Ingatlah untuk mencuci mobil Anda seperti Anda akan menerapkan lotion ke tubuh Anda. Karena cara yang lembut akan menyelesaikan pekerjaan.

    Cuci, Bilas, Ulangi

    Hampir setiap cuci mobil memiliki metode mereka sendiri untuk menentukan titik awal pengerjaan pencucian mobil. Prosedur yang akan membuat operasi Anda paling efisien adalah mulai dari bagian atas kendaraan. Bagian atas biasanya akan menjadi yang paling kotor, dan akan memungkinkan sabun dan air Anda mengalir ke bawah mobil. Saya mulai dengan atap, lalu dari jendela ke bawah. Lalu berhenti dan bilas. Selanjutnya, saya biasanya memilih satu panel bodi, cuci sepenuhnya dan kemudian bilas. Metode ini berfungsi dengan baik karena tidak akan meninggalkan sabun yang menempel terlalu lama dan Anda dapat mengingat di mana Anda tinggalkan. Kerjakan cara Anda dengan cara ini, bilas setiap panel sepenuhnya.

    Anda membuat kemajuan besar menjadi seorang guru cuci mobil! Teruslah mencuci dan saya akan melihat Anda di Bagian selanjutnya tentang Cara Mencuci Mobil Untuk Pemula !
     
Loading...

Share This Page