Cara Mendapatkan Informasi Mengenai Beasiswa Luar Negeri

Discussion in 'Education' started by Haryo Tri W, Oct 24, 2019.

  1. Haryo Tri W

    Haryo Tri W Member

    Joined:
    Oct 7, 2014
    Messages:
    132
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    18
    Tempuhlah pendidikan hingga ke negeri China, merupakan pepatah yang saat ini sudah bukan hal sulit untuk dilakukan. Saat ini banyak pelajar Indonesia yang menempuh pendidikan hingga ke luar negeri bahkan ke benua lain. Menempuh pendidikan di luar negeri diharapkan dapat meningkatkan pendidikan yang dimiliki, menambah pengalaman dan menambah jaringan atau koneksi. Pendidikan di luar negeri yang dipilih pastilah yang memiliki kualitas lebih baik dari pada di dalam negeri sehingga lulusannya dapat memberikan manfaat yang juga lebih saat kembali terjun ke masyarakat. Belajar di luar negeri pun kini menjadi lebih mudah dengan banyaknya program beasiswa luar negeri yang diberikan oleh pemerintah maupun swasta.

    [​IMG]
    caption : Belajar di Nanjing University. Sumber : indonesiamengglobal(dot)com

    Seperti diketahui bahwa belajar di luar negeri selain memberikan kualitas pendidikan yang lebih baik dan pengalaman baru yang luar biasa, juga membutuhkan biaya yang tak sedikit. Biaya tersebut bukan hanya biaya pendidikan, namun juga biaya hidup seperti biaya tempat tinggal, biaya makan dan biaya transportasi. Apalagi di negara yang lebih maju pendidikannya memiliki nilai tukar mata uang yang lebih mahal dibandingkan Rupiah. Karena itulah hanya orang-orang yang berada di kelas ekonomi atas saja yang bisa merasakan sekolah atau kuliah di luar negeri.

    Anda ingin melanjutkan pendidikan di luar negeri namun tak memiliki biaya yang cukup? Sekarang Anda tak perlu khawatir lagi, karena dengan prestasi dan usaha, semua orang memiliki kesempatan untuk bisa belajar di negara lain. Caranya adalah dengan mencari beasiswa luar negeri yang diberikan oleh pemerintah melalui kementerian terkait atau melalui beasiswa dari pihak swasta. Selain mencari beasiswa ke luar negeri dari dalam negeri, Anda juga bisa mencari beasiswa dari luar negeri.

    [​IMG]
    Mahasiswa Indonesia yang tergabung dalam PPI London meramaikan Hari Batik Nasional di depan National Gallery, Trafalgar Aquare, London (Foto: TMAS)

    Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan beasiswa ke luar negeri:

    • Info dari kementerian
    Dapatkan info beasiswa dari berbagai kementerian yang kerap memberikan beasiswa baik untuk jenjang pendidikan S1, S2 dan S3. Beberapa kementerian yang kerap memberikan beasiswa adalah kementerian pendidikan dan kebudayaan, kementerian keuangan, kementerian olahraga dan pemuda.

    • Info dari kedubes
    Ingin menempuh pendidikan di negara tertentu? Anda bisa langsung mencari informasi beasiswanya di kedubes negara tersebut. beberapa negara yang kerap memberikan beasiswa untuk pelajar Indonesia antara lain adalah negara UEA, Arab Saudi, Jerman, Australia, Inggris dan lainnya.

    • Info dari perguruan tinggi
    Bagi Anda yang lulusan S1 dan ingin melanjutkan pendidikan ke S2 di luar negeri, Anda bisa mendapatkan informasi mengenai beasiswa S2 yang diberikan oleh pihak kampus. Kampus dengan akreditasi baik akan mendapatkan kesempatan untuk mengirimkan mahasiswa lulusannya untuk masuk ke perguruan tinggi di luar negeri.

    • Internet
    Dapatkan berbagai informasi beasiswa dari internet. Anda bisa langsung mengetik di mesin pencari mengenai beasiswa di luar negeri lengkap dengan nama negara yang diinginkan, jurusan yang ingin diambil atau dari kementerian terkait.

    Dengan cara-cara di atas, Anda bisa mendapatkan informasi mengenai beasiswa luar negeri dengan lebih terarah dan mudah. Pilihlah universitas penyedia beasiswa yang memiliki jurusan sesuai dengan keahlian yang ingin dimiliki. Selain itu sesuaikan juga dengan kemampuan bahasa asing yang Anda punya sehingga tidak mendapatkan kesulitan di kemudian hari. Tak ada salahnya mendaftar di beberapa program beasiswa asalkan Anda memenuhi semua persyaratannya. Beberapa beasiswa tidak bisa digabung dengan lainnya namun beberapa lain tidak mempersoalkannya sehingga bisa menjadi cadangan dana untuk kebutuhan hidup.
     
Loading...

Share This Page