Cara mendapatkan Pekerjaan di Jepang

Discussion in 'Education' started by kenshusei, Jul 13, 2016.

  1. kenshusei

    kenshusei New Member

    Joined:
    Jul 3, 2016
    Messages:
    15
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Google+:
    [​IMG]

    Sahabat Kali ini saya akan membahas bagaimana kita bisa mendapatkan pekerjaan di jepang melalui Artikel cara Mencari Lowongan Kerja ke jepang


    Kalau Anda tertarik untuk bekerja ke Jepang ada baiknya mempersiapkan ketrampilan bahasa Jepang , jadi pada saatnya nanti akan menjadi poin lebih bagi pencari kerja. Tanpa kemampuan berbahasa Jepang, bekerja di negara tersebut hampir tidak mungkin untuk dilakukan.Namun Anda tidak usah khawatir karena kemampuan bahasa yang diperlukan tidak sampai level fasih, namun cukup untuk perkacapan standard sehari hari. Pihak yang merekrut Anda juga bukanlah orang yang bodoh, jadi sebelum diberangkatkan, calon pekerja akan diberikan kesempatan untuk belajar bahasa dan juga ketrampilan lain selama beberapa bulan atau bahkan mungkin selama setahun, jadi cukup untuk menguasai bahasa Jepang untuk percakapan dan komunikasi sehari hari dan juga menguasai beberapa huruf kanji dasar.

    Berikut Tips Mencari Lowongan Kerja ke jepang :

    A.Melalui Hello Work (ハローワーク), lembaga milik pemerintah ini membantu warga Jepang maupun warga negara asing (gaikokujin) yang berdomisili tetap di Jepang. Cukup datang saja di kantor Hello Work bagian Gaikokujin corner yang ada di setiap kota, daftar dan konseling pekerjaan. Staff akan memperkenalkan ke perusahaan yang butuh tenaga kerja, dan staff hello work akan membuat janji untuk interview di tempat perusahaan yang butuh tenaga kerja tersebut. Istilahnya Hello Work itu perantara. Karena milik pemerintah, tidak dipungut biaya sepeser pun. Bila interview ditolak, berapa kali datang ke Hello Work untuk dicarikan pekerjaan lagi pun tidak ada masalah.

    B. Mencari sendiri melalui majalah "Town Work", baitoru dot com dan sebagainya, yang disediakan gratis di konbini, (tentu kalau tidak bisa baca kanji akan sangat kesulitan). Bagi yang bisa baca dan bahasa Jepang lancar, tinggal telpon saja lowongan yang ada dan minta janji untuk interview.

    C.Melalui "Haken kaisha" (employment agency), karena ini milik swasta, gaji per jam dipotong berapa persen olehnya. Tapi tidak jadi masalah karena kebanyakan pekerjaan dari haken kaisha bergaji tinggi dan ditempatkan di Industri-Industri besar. Banyak orang asing yang ada di jepang menggunakan jasa haken kaisha untuk bekerja.

    Demikian Tips Mencari Lowongan Kerja di jepang. Yang jadi masalah adalah, bagaimana Anda bisa mendapat visa dengan izin kerja/ Tinggal di jepang?

    Cara pertama adalah melamar di perusahaan Jepang yang ada di Indonesia dengan penempatan kerja di Jepang (cara ini berlaku juga bagi ex japan yang ingin kembali kerja ke jepang melalui visa intercompany). Contoh: Toshiba, Yamaha, Honda, PT. Sanyo Medical Indonesia, PT. Toyota Tsusho Mechanical & Enginnering Service Indonesia, PT. Keihin Indonesia dll.

    Cara kedua jadi kenshusei/jishusei (maksimal 3 tahun) kerja magang (tidak berlaku bagi ex jepang). Lowongan untuk bagian ini yang tersedia dan jumlah yang relatif cukup besar. Kabar baiknya lagi adalah tidak menuntut pendidikan yang tinggi. Jenis pekerjaan yang dibutuhkan hampir sebagian besar adalah untuk pekerja pabrik, operator mesin, konstruksi, pertanian serta peternakan. Birokrasi penyalurannya adalah lewat Lembaga Sending/Sending Organization(SO) Dibawah Naungan JITCO (Japan International Training Cooperation Organization), Untuk SO Jalur IM Japan proses seleksi bekerja sama dengan Kantor depnaker, dan jalur Non IM Japan

    Cara ketiga sekolah di jepang, sambil cari kerja sambilan. Setelah lulus, cari lowongan kerja di perusahaan sebagai karyawan tetap atau kontrak (Berlaku juga bagi eks kenshusei yang ingin kembali bekerja ke jepang). Sehingga visa diurus sama perusahaan.

    Cara terakhir adalah menikah dengan orang berwarga negara Jepang (Berlaku juga bagi ex-japan yang ingin bekerja kembali di jepang).
     
    Last edited: Jul 14, 2016
    wrep17 likes this.
  2. Erlin Herlina

    Erlin Herlina Member

    Joined:
    Aug 28, 2015
    Messages:
    566
    Likes Received:
    42
    Trophy Points:
    28
    Wah Jepang...
    Terimakasih banyak gan infonya.
    Nyoba ah kali aja beruntung ke negeri Sakura...
     
  3. Unmetered

    Unmetered Member

    Joined:
    Nov 12, 2015
    Messages:
    485
    Likes Received:
    69
    Trophy Points:
    28
    Setelah perang dunia II, Jepang melakukan perombakan besar-besaran sehingga menjadi negara industri yang maju pesat.
     
  4. Sarang Semut

    Sarang Semut Member

    Joined:
    Oct 14, 2015
    Messages:
    435
    Likes Received:
    46
    Trophy Points:
    28
    Kalo ane pengennya liburan ke Jepang, bukan kerja
     
  5. katon

    katon Active Member

    Joined:
    Nov 19, 2015
    Messages:
    1,218
    Likes Received:
    91
    Trophy Points:
    48
    Dari dulu saya ingin bekerja di jepang tapi tidak tahu harus kemana dan bagaimana, tapi sekarang zamannya internet mudah sekali mendapatkan informasi pekerjaan di negeri sakura ini, Hmmm,,, kenapa internet gak saya kenal sejak dulu yah,,,*bergaya*terlambat nih!!
     
  6. retado

    retado Member

    Joined:
    May 26, 2015
    Messages:
    56
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    Banyak bidang yang bisa kita tekuni untuk bekerja disana seperti Teknologi Informasi, Teknik Mesin, Industri dll Karena memang itu yang berkembang. Saya bekerja di Pabrik juga, khusus bahan-bahan industri seperti Bedding goods, Quilting, Felt, Dacron, Pillow dll di Indonesia dan rekan-rekan saya juga ada yang pernah tinggal dan kerja di Jepang.
     
  7. Angkasa Bali

    Angkasa Bali Member

    Joined:
    Oct 20, 2014
    Messages:
    790
    Likes Received:
    72
    Trophy Points:
    28
  8. kokoji

    kokoji New Member

    Joined:
    Jul 21, 2016
    Messages:
    4
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Oke deh kapan-kapan aku kunjungi hello work untuk belajar bahasa jepang supaya bisa ketemu miyabi
     
  9. Ceratin75

    Ceratin75 New Member

    Joined:
    May 18, 2016
    Messages:
    6
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Kerja di Jepang itu berat dan tidak mudah loh, kita harus disiplin dan selalu tepat waktu. Kalau Anda masih belum seperti itu, saya minta mending jangan dul deh, stress yang ada jadinya.
     
  10. Salsa Alinka

    Salsa Alinka New Member

    Joined:
    Aug 3, 2016
    Messages:
    6
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Jadi pengen nyoba kerja di jepang,,,
     
  11. anton_sudibyo

    anton_sudibyo Member

    Joined:
    Dec 23, 2015
    Messages:
    460
    Likes Received:
    35
    Trophy Points:
    28
    Thanks tipsnya den. Cocok buat yang lagi cari kerja :D
     
  12. cikande

    cikande New Member

    Joined:
    Mar 5, 2015
    Messages:
    3
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Di Jepang ini kayaknya memang membutuhkan pekerja pabrik, operator mesin dan sebagainya karena memang pabrik di Jepang cukup banyak. Kayaknya sih bisa aja nyoba di Jepang nih buat nyari pekerjaan.
     
  13. firda63

    firda63 Member

    Joined:
    Dec 19, 2015
    Messages:
    763
    Likes Received:
    23
    Trophy Points:
    18
    yg utama mah harus bisa bhs jepang dl, kalo gk bs yaaa mending di indo aja hehe
     
Loading...

Share This Page