Cara Mendidik Anak yang Baik

Discussion in 'General Lifestyle' started by terapiotak45, May 12, 2016.

Tags:
  1. terapiotak45

    terapiotak45 Member

    Joined:
    Mar 5, 2016
    Messages:
    389
    Likes Received:
    54
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    [​IMG]
    Mungkin sudah tidak bisa dibantah lagi bagi orang tua fakta bahwa anak adalah harapan dan tumpuan saat berada di usia senja. Itulah sebabnya, Anda sebagai orang tua harus mampu untuk merawat dan mendidik anak dengan baik dan benar supaya kelak ketika ia dewasa mampu menjadi apa yang Anda harapkan.

    banyak sekali cara dalam mendidik anak, tingkat keberhasilan dari cara tersebut tergantung sebarapa efektifkah cara yang Anda gunakan tersebut. Itualah sebabnya pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tips merawat dan mendidik anak yang benar dan baik, berikut ini adalah beberapa cara dalam merawat dan mendidik anak yang baik dan benar.

    1. Berikan kasih sayang yang tulus
    Sebagai orang tua, Anda akan dituntut untuk mampu bersikap lembut kepada anak, orang tua juga selayaknya memberikan kasih sayang yang tulus dan utuh kepada anak. Hal ini bisa Anda lakukan dengan mencoba mengatakan bahwa Anda bisa menyanyanginya, jangan lupa lakukan tindakan fisik juga seperti memberikan pelukan atau ciuman. Langkah kecil tersebut akan memberikan dampak positif bagi anak Anda.

    2. Hindari terlalu sering mengatakan "Jangan"
    Inilah salah satu kesalahan yang kerap dilakukan oleh orang tua. Di saat anak tengah bereksperimen yang mungkin sedikit membahayakan, orang tua umumnya berkata "jangan" kepada anaknya. Sesungguhnya kata ini apabila terlalu sering diucapkan oleh orang tua kepada anaknya justru dapat berakibat negatif yang menyebabkan sang anak tidak berkembang kreatifitasnya. Anda bisa menggantinya dengan kalimat yang lebih baik misalnya pada kata 'jangan lari' bisa Anda ganti dengan 'pelan-pelan saja'

    3. Anda adalah idola dan panutan anak
    Setiap anak pasti akan mendambakan sosok yang dapat ia jadikan sebagai idola dan panutan dalam hidupnya, itulah mengapa banyak karaktersuperhero yang banyak laku dikalangan anak-anak. . Namun di dunia yang sesungguhnya, ia juga pasti ingin memilikinya. Anda sebagai orang tua sebisa mungkin mencoba untuk menjadi apa yang diinginkan sang anak dan selalu bisa diandalkan. Salah satunya adalah dengan melakukan apa pun yang menurut Anda terbaik untuk bisa diberikan kepada putra-putri Anda.

    4. Tumbuhkan Rasa Percaya Diri Mereka
    percaya diri sangat penting bagi anak karena akan membantu mereka dalam mengatasi masalah yang akan mereka hadapi dalam masa yang akan datang. untuk cara menumbuhkan rasa percaya diri pada anak bisa Anda lakukan dengan memberikan pujian setiap ia selesai melakukan sesuatu. hal tersebut akan membuat ia bangga dan percaya diri.

    5. Bangun sikap menghormati
    Ajarkan ia untuk selalu menghormati siapa pun orangnya, baik orang yang lebih tua maupun teman sebayanya. Hal ini penting untuk ditumbuhkan semenjak usia dini karena di kemudian hari saat ia dewasa ia dapat berlaku hormat kepada semua orang.

    6. Tumbuhkan rasa tanggung jawab
    Ajarkan dan ingatkan anak Anda untuk selalu memiliki rasa tanggung jawab terhadap dirinya. Misalnya jika telah tiba waktunya untuk belajar, ia harus belajar. Jika ia bertanya mengapa harus demikian. Berikanlah alasan yang bisa dipahami olehnya. Selain mampu membantu menumbuhkan rasa tanggung jawab, hal tersebut juga sebagai cara membuat anak menjadi rajin belajar.

    Demikianlah cara merawat dan mendidik anak yang baik, semoga bisa bermanfaat dalam membantu masalah merawat anak yang Anda hadapi, terima kasih.
     
  2. Stevandy A

    Stevandy A Member

    Joined:
    Oct 31, 2015
    Messages:
    175
    Likes Received:
    26
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Tambahan aja y den @terapiotak45, orang tua juga harus tahu anaknya dominan otak mana, karena itu juga berpengaruh gimana kita memperlakukan mereka dan cara mendidik mereka
     
  3. terapiotak45

    terapiotak45 Member

    Joined:
    Mar 5, 2016
    Messages:
    389
    Likes Received:
    54
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Terima kasih bapak atas masukannya, besok2 kalo menulis lagi akan saya tambahkan
     
  4. Arif muhammad

    Arif muhammad Member

    Joined:
    Feb 2, 2016
    Messages:
    74
    Likes Received:
    12
    Trophy Points:
    8
    sedikit tambahan,, diberi juga penjelasan/alasan ketika si anak sedang melakukan suatu aktifitas yang berbahaya
     
  5. barugratisan

    barugratisan Member

    Joined:
    Sep 5, 2014
    Messages:
    619
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
Loading...

Share This Page