Cara Menelepon dan Mengirimkan Pesan Singkat Tanpa Layanan Seluler

Discussion in 'Smartphone & Mobile Technologies' started by Tirah Wawas, Dec 11, 2017.

Tags:
  1. Tirah Wawas

    Tirah Wawas Active Member

    Joined:
    Aug 22, 2016
    Messages:
    234
    Likes Received:
    25
    Trophy Points:
    28
    [​IMG]

    Untuk membuat sebuah panggilan telepon dan mengirimkan pesan singkat, tentunya kita harus sudah berlangganan pada sebuah layanan operator seluler. Tanpa adanya layanan dari operator seluler, kita tidak akan mungkin melakukan kedua fungsi tersebut diatas. Namun, saat ini dengan teknologi yang ada, kita bisa menelepon ataupun mengirimkan pesan singkat tanpa adanya layanan dari operator seluler.

    Apabila kita telah memiliki ponsel pintar terbaru, maka kita dapat memanfaatkan fasilitas untuk membuat panggilan dan mengirimkan pesan singkat tanpa layanan operator. Untuk itulah kami telah merangkum dari internet cara – cara bagaimana memanfaatkan fasilitas diatas pada ponsel pintar yang kita miliki, sehingga nantinya kita dapa membuat panggilan dan mengirimkan pesan singkat tanpa menggunakan layanan operator.

    Caranya cukup mudah dan kita hanya perlu menggunakan salah satu layanan dari Google dan sejumlah aplikasi yang dapat membantu kita untuk membuat panggilan dan mengirimkan pesan singkat tanpa layanan operator. Berikut aplikasi – aplikasi yang diperlukan:

    - Google Account
    - Google Voice Number
    - Google Hangouts App
    - Hangouts Dialer

    Setelah itu semua kita siapkan, berikut langkah – langkah untuk membuat panggilan dan mengirimkan pesan singkat dari ponsel pintar tanpa layanan seluler:

    1. Langkah awal, kita perlu mempersiapkan akun Google Voice. Ini merupakan persyaratan yang paling penting, tanpa adanya akun ini, kita tidak akan bisa meneruskan ke langkah selanjutnya. Apabila sudah, maka kita dapat melanjutkan ke langkah berikutnya.

    [​IMG]

    2. Pada langkah kedua ini, kita perlu mengisi perangkat kita dengan aplikasi dan akun – akun dari apa saja yang diperlukan untuk menjalankan fungsi panggilan dan pengiriman pesan singkat tanpa layanan seluler. Setelah semuanya siap, jalankan aplikasi Hangouts. Aplikasi ini yang nantinya akan digunakan untuk menangani tugas – tugas membuat panggilan dan pesan singkat. Setiap setelan juga akan ditangani melalui aplikasi ini.

    3. Kemudian buka menu di Hangouts, ini cukup dilakukan, cukup menekan lambang garis tiga di pojok kiri atas. Apabila kita menggunakan Android, cukup pilih akun dari pengaturan (settings) dan temukan bagian Google Voice. Pada perangkat iOS, pengguna perl membuka bagian “Phone Number” di pengaturan.

    [​IMG]

    4. Cari dan aktifkan “Incoming Phone Calls” di dalam dan diatas halaman pengaturan. Kita juga mengaktifkan pilihan “Messages” pada halaman yang sama. Kedua opsi ini tersedia untuk mengakses pesan masuk atau menelepon melalui Hangouts. Kembali ke halaman utama pengaturan dan klik “Answer on Lock Screen” untuk mengaktifkannya, walaupun dalam mode layar terkunci.

    5. Gunakan Hangouts untuk membuat panggilan dan pesan singkat, kita harusnya dapat membuat telepon seperti biasa dan berbicara tetapi ini semua dilakukan melalui internet bukan melalui layanan seluler.

    Masyarakat Telematika Indonesia
     
  2. Voiture kun

    Voiture kun Member

    Joined:
    Dec 6, 2017
    Messages:
    40
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    8
    kalau pakai internet sama juga dengan Whatsap dong
     
  3. mlxjakarta

    mlxjakarta Well-Known Member

    Joined:
    Jan 4, 2016
    Messages:
    1,586
    Likes Received:
    71
    Trophy Points:
    48
    iya ini mah ga beda jauh sama layanan lain dari whatsapp, telegram, messenger dan kawan2
     
Loading...

Share This Page