Cara Mengajukan Izin Badan Usaha

Discussion in 'General Discussion' started by lordard, Apr 22, 2020.

  1. lordard

    lordard Member

    Joined:
    Aug 16, 2016
    Messages:
    116
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
    Untuk membuat sebuah badan usaha menjadi lebih mudah dalam menjalankan semua aktivitasnya, perlu adanya izin usaha yang harus anda lakukan sebagai pemiliki badan usaha tersebut. Perizinan badan usaha tentunya akan semakin memudahkan semua prosedur yang sudah anda punya. Tidak semua perusahaan sudah punya izin untuk usaha, dan apabila itu terjadi, maka anda harus mengurusnya mulai dari sekarang. Dalam mengurus badan usaha, akan lebih baik jika anda melakukannya sesuai dengan langkah langkahnya. Berikut ini adalah mafaat manfaat perizinan usaha yang bisa anda dapatkan.

    [​IMG]

    Bukti perusahaan sesuai prosedur
    Mempunyai izin usaha berarti membuat perusahaan anda akan aman dan sesuai prosedurnya. Jika suatu badan usaha tidak mempunyai izin, tentu hal itu merupakan suatu pelanggaran. Jika anda ingin badan usaha anda mana, maka anda bisa mendapatkan banyak sekali keuntungan.

    Tingkatkan kredibilitas usaha
    Dengan adanya izin dari badan usaha, maka anda juga akan mendapatkan kredibilitas yang juga besar untuk usaha yang anda punya.

    Mudahkan pengembangan bisnis
    Izin usaha akan membuat pengembangan bisnis anda menjadi lebih baik dan tentunya akan sesuai dengan apa yang anda inginkan.

    Untuk mengajukan perizinan badan usaha ada beberapa hal yang harus anda lakukan sebelum mendapatkan izin dari yang bersangkutan. Hal hal yang akan dilakukan dibawah ini harus sesuai dengan prosesnya.

    Pengajuan nama usaha
    Pertama yang harus anda lakukan adalah mengajukan nama usaha dan juga data yang lengkap dari perusahaan anda. Harus punya nama yang berbeda dari usaha lain dan tentunya juga memiliki tempat atau lokasi yang sesuai dengan yang terdapat dalam aturan. Buatlah data perusahaan anda dengan benar berikut dengan struktur dan pengolala perusahaan atau badan usaha anda.

    Dapatkan standar akta
    Sesudah itu mintalah atau buat standar akta dari notaris yang anda tunjuk untuk perusahaan anda. Hal ini akan sangat penting sebagai dokumen yang membuat sah badan usaha yang anda buat. Pilih notaris yang bisa membantu anda untuk membuat standar akta dari badan usaha yang anda buat.

    Dapatkan izin dari badan hukum
    Setelah itu anda harus mendapatkan izin dari badan hukum yang berwenang sehingga mengizinkan badan usaha anda berjalan dengan bekal akta yang sudah anda miliki. Anda harus mendapatkan izin sesuai dengan langkah yang disetujui oleh badan hukum yang berwenang.

    Pengajuan TDP dan SIUP
    Ajukan tdp dan juga siup untuk usaha anda agar semua produk dan bisnis yang anda jalankan akan sesuai dengan apa yang anda mau. Usahakan agar tdp dan siup bisa anda kelola dengan baik dan dapatkan perizinannya.

    Daftar usaha pada dinas tenaga kerja
    Daftarkan usaha anda pada dinas terkait yang dalam hal ini adalah dinas tenaga kerja. Pastikan bahwa usaha anda sudah terdaftar dan memiliki perizinan yang sesuai dengan apa yang anda mau untuk perusahaan anda.

    Urus BPJS tenaga kerja
    Bagi anda yang punya tenaga kerja di badan usaha anda, wajib untuk membuat dan mengurus bpjs untuk semua tenaga kerja karena ini merupakan salah satu perlindungan yang harus dimiliki oleh semua tenaga kera yang anda miliki.

    Daftar NPWP badan usaha
    Buat NPWP sebagai salah satu identitas untuk badan usaha yang anda miliki. Buat sesuai dengan prosedur makan badan usaha yang anda miliki akan bisa beroperasi sesuai dengan tata cara perusahaan yang sudah anda buat.
     
Loading...

Share This Page