Cara Mengatasi Ac Rumah yang Tidak Dingin

Discussion in 'Education' started by angkatandelapan, Aug 6, 2021.

  1. angkatandelapan

    angkatandelapan Member

    Joined:
    Dec 12, 2018
    Messages:
    46
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Cara Mengatasi Ac Rumah yang Tidak Dingin - Mengatasi AC yang tidak dingin tentu tidak mudah. Tapi bukan berarti tidak bisa dilakukan. Siapa pun dapat melakukan pekerjaan itu, selama mereka memiliki pengetahuan yang cukup tentang AC.

    Oleh karena itu, melalui artikel singkat ini, saya akan mencoba untuk berbagi pengetahuan dengan teman-teman semua tentang langkah-langkah yang harus dilakukan jika kita menemukan masalah pada AC.

    Artikel yang saya tulis adalah dari salah satu teknisi service ac solo, namun ada juga yang dari referensi rekan-rekan teknisi ac saya.

    Ada banyak faktor yang menyebabkan AC tidak berfungsi, namun disini saya akan mencoba menyampaikan alasan mengapa AC tidak dingin yang cukup umum di bidang ini.

    Agar Anda tidak semua bingung dan untuk memudahkan dalam prakteknya, berikut ini akan kami ulas tips mengatasi AC tidak dingin sesuai kronologis masalahnya.

    ... Baiklah, tanpa basa-basi lagi, mari kita simak ulasan selanjutnya.


    Beberapa Cara Mengatasi AC Tidak Dingin

    [​IMG]

    AC nyala tapi tidak dingin

    Dalam hal ini, saya memastikan AC menyala, baik di dalam maupun di luar ruangan, tetapi tidak mengeluarkan udara dingin sama sekali. Masalah seperti ini biasanya disebabkan oleh AC yang kotor, serta tekanan Freon yang rendah (mungkin ada kebocoran). Langkah-langkah yang dapat Anda lakukan adalah:

    • AC kotor mungkin sudah lama tidak terawat
    Periksa apakah AC kotor, apakah dari evaporator internal atau kondensor eksternal, dan apakah ada cukup debu. Agar udara dingin tidak menyebar ke seluruh ruangan.

    Jika kotor sebaiknya dirawat/dicuci kalau bisa sendiri. Jika tidak bisa, Anda bisa menghubungi teknisi AC profesional atau reparasi AC langganan Anda.

    Tips: Anda dapat membersihkan filter bagian dalam sendiri setidaknya seminggu sekali. Dengan membuka penutup bagian dalam atas, kemudian mengambil saringan udara, dan kemudian mencucinya hingga bersih bisa menggunakan sabun pembersih. Jika sudah, keringkan dan pasang kembali. Untuk jasa perawatan AC minimal 3 bulan sekali untuk AC rumah dan 2 bulan sekali untuk AC kantor

    • Tekanan Freon rendah / habis
    Jika ternyata AC bersih dan tidak dingin, langkah kedua yang bisa Anda lakukan adalah mengecek tekanan Freon. Silahkan pasang manifold anda pada nozzle untuk mengisi freon pada outdoor unit. Periksa apakah tekanannya masih ada atau sudah habis sampai nol.

    Jika masih ada tekanan, kemungkinan besar itu hanya kekurangan freon. Ini sangat masuk akal. Penyebabnya bisa dari kebocoran yang halus, kebocoran yang sulit dideteksi, dan bisa juga dari puting yang kendor.

    Solusinya silahkan kencangkan semua baut, lalu tambahkan tekanan freon dengan jenis freon yang sama pada AC. Yang tentunya harus sesuai dengan daya (power) maksimum dari motor kompresor AC.

    Sedangkan jika jarum pada manifold menunjukkan angka nol, maka ini berarti tekanan freon sudah habis. Hal ini disebabkan oleh kebocoran, dan ini dapat terjadi pada evaporator internal, kondensor eksternal, tabung fixture, atau steker sambungan pipa ke faucet internal atau eksternal. Langkah-langkah yang dapat Anda lakukan adalah:

    Isi ulang penuh Freon, biasanya 80-90 psi, dan 125 psi untuk inverter AC. Kemudian buka bodi dalam dan luar, dan juga jangan lupa buka housing duct AC Amarflex. Ambil spons sabun agar ada busanya.

    Kemudian oleskan busa ke seluruh tabung tembaga serta kondensor dan area luar ruangan. Lihat dan perhatikan baik-baik apakah ada gelembung udara atau oli di dalam tabung, evaporator atau kondensor. Jika ada gelembung udara atau oli, berarti Freon bocor.

    Catatan: Menemukan kebocoran freon adalah tugas yang paling sulit. Apalagi jika pemasangan pipa dipasang ke dinding, tentunya hal ini akan membongkar dinding yang sudah rapi. Jika Anda menemukan kebocoran pada tabung, Anda dapat menyoldernya atau menggantinya dengan tabung baru. Tetapi jika ada kebocoran di evaporator internal atau eksternal, Anda dapat menyolder jika memungkinkan. Karena pengalaman saya biasanya jika terjadi kebocoran saat diuapkan lalu di solder, besoknya akan ada kebocoran di sebelahnya seperti itu dll. Solusinya mungkin harus ganti AC baru atau ganti unit indoor atau outdoor kedua yang masih bagus


    AC indoor Hidup Namun outdoor Ac Mati

    Situasi seperti itu sering terjadi di lapangan, dan langkah-langkah untuk mengatasi AC tidak dingin seperti ini adalah:

    • Periksa status pada remote control
    Pastikan mode pada remote control ditandai dengan tanda bintang (*) atau mode Cool. Jangan masuk ke mode kering, karena dalam mode ini hanya motor KIPAS yang dihidupkan dan unit outdoor tidak menerima listrik, sedangkan pada mode bintang (*) atau dingin, kipas KIPAS dan motor kompresor dihidupkan.

    • Periksa termistor AC di unit indoor
    Pengaturan mode pada remote control sudah benar, tetapi unit luar ruangan juga tidak menyala. Sekarang coba periksa termistor AC, apakah berfungsi dengan baik. Alat ini bekerja secara otomatis agar kompressor dapat standby setelah suhu ruangan mencapai suhu sesuai dengan yang kita atur pada remote control. Dalam hal ini, pada artikel yang saya bahas tentang fungsi termistor pada arus bolak-balik, sobat dapat membaca dan mempelajarinya di artikel tersebut.

    • Periksa kapasitor AC pada unit outdoor
    Masalah seperti itu biasanya ditunjukkan oleh operasi eksternal, tetapi hanya kipas yang berputar. Ini biasanya menyebabkan kerusakan pada kapasitor, dengan massa yang terlihat di bagian atas kapasitor.

    Untuk mengatasi AC tidak dingin seperti ini sudah saya jelaskan juga di artikel Pengertian dan Fungsi Kapasitor AC sobat bisa baca disana.

    • kompresor amp melebihi maksimum
    Tandanya hampir sama dengan kerusakan kapasitor, jika sudah dicek kapasitornya bagus, atau sudah diganti dengan yang lebih besar, tapi motor tetap naik, atau bisa jalan tapi suara motor serak, Anda dapat memeriksa arus dengan Clamp Meter (Ampere Tang).

    Caranya, silahkan pasang unmounting tang amp di antara dua kabel (-) dan (+) pada kabel charger outdoor. Jangan lupa untuk meletakkan saklar Clamp Meter pada posisi ampere meter (biasanya tertulis huruf A), jika angka pada Clamp Ampere menunjukkan angka tersebut melebihi batas arus (A) pada label AC, maka kompressor yang sudah berpengalaman disebut spike Amp (kompresor lemah). Solusinya, mungkin sobat, saatnya mengganti conditioner baru.

    Ini adalah masalah yang sering terjadi pada AC, yang mengakibatkan AC tidak dingin, mungkin akan saya update lagi di lain kesempatan.

    Semoga artikel tentang cara mengatasi arus bolak-balik dan tidak dingin ini dapat membantu anda semua, jika ada yang kurang jelas bisa ditanyakan pada kolom komentar dibawah.

    Atau mungkin anda ingin menambahkannya, jadi kita belajar bersama disini. Jangan lupa bantu share ke teman-teman kamu di media sosial jika artikel ini bermanfaat.
     
Loading...

Share This Page