Cara Mengatasi Insomnia dengan Pengobatan Alami dan Sederhana

Discussion in 'Health & Medical' started by Josua Rifandy Siahaan, Oct 13, 2019.

  1. Josua Rifandy Siahaan

    Josua Rifandy Siahaan New Member

    Joined:
    Jul 12, 2015
    Messages:
    19
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    [​IMG]

    Salah satu aktivitas yang dilakukan ketika merasa lelah adalah tidur. Tidur dapat memulihkan energi tubuh yang telah terkuras habis. Namun ada pula yang menjadi permasalahan saat tidur yaitu insomnia. Insomnia merupakan gangguan ketika tidur yang disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya adalah stres. Insomnia yang terjadi pada tubuh dapat mengakibatkan stamina dan energi menjadi terkuras kemudian badan akan merasa lemah tidak berdaya. Banyak orang yang mencari tahu bagaimana cara mengatasi insomnia agar tidak berlanjut setiap hari.

    Cara Mengatasi Insomnia dengan Hal yang sederhana

    Bagaimana cara merawat diri agar tidak Insomnia? Ada beberapa kebiasaan sederhana yang dapat anda lakukan untuk mengurangi insomnia pada malam hari. Berikut penjelasannya

    1. Melakukan meditasi sebelum tidur

    Cara untuk mengatasi insomnia adalah melakukan meditasi sebelum tidur. Meditasi memang bukan obat standar yang digunakan untuk mengatasi insomnia, namun meditasi dapat anda lakukan untuk mengurangi insomnia yang datang. Meditasi dilakukan untuk mengistirahatkan otak yang lelah karena bekerja seharian. Karena seperti yang diketahui bahwa insomnia terjadi akibat stres. Meditasi bisa dilakukan dengan cara yang sederhana seperti melakukan latihan pernapasan.

    2. Membuat jadwal jam tidur agar tidur lebih teratur

    Cara yang selanjutnya adalah membuat jadwal jam tidur. Hal ini untuk menjaga tidur anda lebih nyenyak dan beraturan. Jadwal yang telah dibuat harus benar-benar dilakukan agar insomnia yang anda alami berangsur-angsur berkurang. Tentukan pada jam berapa anda akan tidur. Biasanya orang dewasa akan tertidur pada jam 10 atau jam 11 malam.

    3. Tidur ketika badan sudah terasa lelah

    Cara yang ketiga adalah ketika badan sudah merasa lelah hal yang perlu dilakukan adalah segera berbaring di kasur. Cara ini terbilang sangat mudah dan alami untuk dilakukan. Kondisi badan yang mulai lelah membuat badan menjadi mudah terlelap. Ketika sudah bersiap untuk tidur pastikan anda tidak membawa barang-barang yang dapat mengganggu proses tidur seperti makanan dan ponsel.

    Kemudian jika anda terbangun pada tengah malam maka tinggalkan tempat tidur kemudian melakukan suatu aktivitas. Setelah merasa lelah kemudian kembali ke tempat tidur dan beristirahat. Namun anda tetap harus menjaga konsistensi jam tidur.

    4. Tempat tidur digunakan hanya untuk tidur tidak digunakan untuk yang lain

    Cara mengatasi insomnia yang selanjutnya adalah menjaga konsistensi fungsi tempat tidur yang digunakan untuk tidur. Jika tempat tidur difungsikan untuk tempat bermain maka kebiasaan tersebut dapat memicu terjadinya insomnia. Gunakan tempat tidur sebagai tempat untuk tertidur. Ketika anda mulai terbangun di tengah malam maka bangkit dan duduk selama 20 menit kemudian usahakan untuk tidur kembali.

    5. Mencoba untuk meletakkan kaki diatas bantal

    Insomnia juga bisa disebabkan oleh nyeri pada punggung. Oleh karena itu, cara yang tepat untuk mengurangi rasa nyeri adalah meletakkan kaki diatas bantal. Rasa nyeri yang terjadi pada punggung seringkali mengganggu ketenangan tidur. Langkah yang bisa anda lakukan adalah meletakkan lutut diatas bantal, hal ini dapat mengurangi nyeri punggung yang terjadi.

    6. Matikan segala sumber penerangan

    Cara alami untuk mengatasi insomnia adalah mematikan segala sumber penerangan seperti lampu maupun cahaya ponsel. Anda harus memastikan bahwa tidak ada sumber pencahayaan di area tempat tidur. Cahaya biru yang berasal dari tablet, ponsel, kemudian jam digital meja dapat mempengaruhi konsentrasi anda untuk tertidur. Maka dari itu mematikan segala sumber cahaya merupakan hal yang tepat.

    7. Berolahraga secara rutin

    Ternyata berolahraga juga merupakan cara untuk mengatasi insomnia. Olahraga dapat melepaskan kortisol yang menjadi penyebab terganggunya pola tidur secara alami. Olahraga pada pagi hari dapat anda lakukan secara sederhana hanya dengan melakukan peregangan, berjalan, lari-lari kecil, atau bisa juga melakukan yoga. Pergengan yang telah dilakukan mempunyai manfaat untuk melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh. Namun jika anda memilih olahraga pada malam hari, lakukan olahraga tersebut 3 jam sebelum tidur. Karena tubuh yang lentur dan sedikit lelah akan membuat anda cepat terlelap.

    7. Memberikan sensasi aroma lavender

    Cara yang kedelapan cukup menarik yaitu dengan memberikan aroma lavender di area kamar tidur. Mengapa harus menggunakan aroma lavender? Karena aroma lavender dapat memberikan ketenangan dan juga menciptakan suasana yang baik. Cara alami ini bisa anda coba dengan meneteskan aroma lavender pada sprei tempat tidur. Aroma lavender akan membuat tubuh menjadi tenang dan mudah tertidur

    8. Mengonsumsi pisang

    Selain tindakan alami, anda juga bisa mengatasi insomnia dengan bahan alami yaitu buah pisang. Buah pisang memiliki kandungan potasium, magnesium, dan triptofan yang bermanfaat untuk mengatur fungsi otak agar tidak cepat stres dan mengakibatkan insomnia. Pengonsumsian buah pisang juga dapat membantu memproduksi hormon optimal yang akan membuat tubuh cepat terlelap.

    9. Mengonsumsi jus buah ceri

    Terdapat sebuah riset pada tahun 2018 yang mengatakan bahwa mengonsumsi buah ceri dapat meningkatkan waktu tidur yaitu selama 84 menit. Pengonsumsian jus buah ceri dianjurkan selama 2 kali dalam seminggu dengan takaran cukup satu cangkir.

    10. Mengonsumsi susu

    Mengapa harus meminum susu? Karena susu memiliki kandungan triptofan yang dapat menenangkan tubuh dan membuat tubuh menjadi lebih nyaman. Usahakan untuk mengonsumsi susu hangat setiap hari sebelum beranjak tidur. Cara ini terbukti dapat membantu anda untuk terlelap lebih cepat.

    11. Mengonsumsi buah kiwi yang banyak mengandung melatonin

    Mengonsumsi makanan yang banyak mengandung melatonin dapat membantu anda untuk tidur lebih nyaman dan nyenyak. Salah satu buah yang mengandung banyak melatonin adalah buah kiwi. Terdapat sebuah penelitian yang mengatakan bahwa mengonsumsi buah kiwi satu jam sebelum tidur dapat membantu meningkatkan kualitas tidur jika pengonsumsian ini dilakukan secara rutin selam 4 minggu.

    Berbagai cara mengatasi insomnia diatas dapat dicoba untuk mengurangi insomnia yang terjadi setiap malam. Jika anda sudah mengalami insomnia pada taraf kronis maka hal yang perlu anda lakukan adalah mengunjungi dokter agar segera mendapat penanganan.
     
  2. blackking

    blackking Active Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    1,232
    Likes Received:
    88
    Trophy Points:
    48
    Istri saya sedang hamil tua jadi susah tidur jadi kasihan melihatnya
    apa makan pisang bisa bikin tidur lebih nyenyak soalnya dia suka beli pisang juga, tapi tetap sama
     
  3. Romi Suganda

    Romi Suganda Member

    Joined:
    Nov 3, 2014
    Messages:
    25
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    aktivitas siangnya apa mas? kalau istri saya ngajar jadinya pas hamil biasa saja malam juga tidur. Tapi kalau kata istri saya, hamil kadang susah tidur tapi kalau pas aktivitas bikin lebih gampang ngantuk
     
  4. iwan008

    iwan008 Member

    Joined:
    Aug 17, 2017
    Messages:
    255
    Likes Received:
    28
    Trophy Points:
    28
    istilah meditasi dari dulu sampai sekarang sangat familiar cuman untuk melakukannya gimana ya masih bingung
     
  5. Balqis

    Balqis Member

    Joined:
    Apr 25, 2018
    Messages:
    112
    Likes Received:
    21
    Trophy Points:
    18
    Saya sering sekali tu terkena Insomnia. dan menurut saya sendiri karena sering tidur, malam begadang dan siang tidur. pastinya malam akan susah untuk tidur. iya ngak sih:D:D:D:D:D:D:D:D:D
     
Loading...

Share This Page