Cara Mengatasi Mesin Gredek dan 7 Penyebabnya

Discussion in 'Otomotif' started by kalicindil, May 2, 2020.

  1. kalicindil

    kalicindil New Member

    Joined:
    Apr 18, 2017
    Messages:
    35
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Sepeda motor matik adlah salah satu kendaraaan roda dua yang dimana tidak menggunakan operan gigi manual dan hanya cukup dengan satu akselerasi. Ukuran sepeda motor ini lebih kecil dan lebih ringan dari pada tipe bebek. Sepeda motor matik memiliki kapasitas silinder (CC) kecil dan pengemudi yang tegak.

    Motor matik ini mempunyai ruang kosong di antara kemudi dan pengendara yang memungkinkan untuk kaki bisa diletakkan di tempat tersebut. Tidak terpungkiri bahwa sepeda motor ini sangat cocok untuk wanita dan digunakkan untuk keperluan dalam kota atau wilayah. Motor matic memiliki volume ukuran ban dan roda yang cukup kecil.

    Cara Mengatasi Mesin Gredek

    Pengguna motor matik pasti pernah mendengar dan mengeluhkan banyak suara-suara aneh atau getaran saat berkendara. Penyebabnya sangat beragam ketika motor tiba-tiba menjadi aneh atau berbeda dari biasanya. Motor matik menggunakan sistem CVT (Continuously Variable Transmission) yang mana dalam menggerakan roda belakang buan lagi menggunakan rantai, tetapi menggunakan tali karet yang biasa disebut V-belt.

    V-belt berfungsi untuk mengantarkan daya dari mesin dalam hal ini meneruskan putaran puli depan (primary pulley) ke puli belakang (secondary pulley). Meski begitu gredek merupakan suatu hal yang lumrah yang terjadi pada motor matik. Hanya saja efek itu mempunyai klasifikasi, antaranya halus, normal dan parah. Gredek biasanya dirasakan pada saat awal tarika atau saat RPM rendah yaitu sekitar 0-20.

    Para pengguna motor matik tidak perlu khawatir, karena gredek bisa hilang dengan melakukan improvisasi atau mengganti part yang bermasalah pada bagian CVT. Dengan melakukan servis ke bengkel yang direkomendasikan. Namun jika anda ingin memperbaikinya sendiri, maka hal pertama yang harus anda lakukan adalah membersihkan mangkuk yang menjadi rumah kopling. Kemudian anda juga dapat membersihkan kotoran yang ada di V-belt.

    Penyebab Mesin Gredek
    Cara Mengatasi Mesin Gredek 7 Penyebabnya.jpg
    Berikut ini adalah beberapa faktor yang menyebabkan mesin gredek, yaitu:

    1. Kotoran

    Ada beberapa hal yang menyebabkan kotoran ada di dalam CVT motor matik. Kotoran itu bisa berasal dari kampas gandanya atau dari luar seperti lingkungan sekitar. Kotoran itu mempengaruhi kinerja kampas dan mangkok ganda di motor matik.

    2. Damper Kampas Ganda

    Karet atau damper berfungsi untuk menahan kampas ganda, kalu sudah getas bisa menyebabkan kampas ganda jadi goyang. Karena kampas ganda goyang maka tapak kampasnya juga tidak bisa menyentuh rumah atau mangkuk kopling.

    3. Seal Pulley Belakang

    Kebocoran gemuk pulley belakang biasanya disebabkan oleh seal pulley yang sudah rusak. Hal ini menyebabkan kampas ganda slip dan pasti gredek.

    4. Sliding Sheave

    Apabila seal sliding sheave sudah getas atau kemakan grease CVT bisa keluar dan membasahiseluruh bagian CVT.

    5. Tatakan Per CVT

    Komponen yang sudah lama pasti mengalami perubahan. Penyebab utamanya yaitu karena grease sudah kering dan secepatnya seat spring harus diganti.

    6. Kampas Kopling Set

    Kampas kopling yang sudah tipis dapat terlihat dari bibir plate dudukan kampas kopling. Jika sudah begitu lakukanlah penggantian part dibagian itu.

    7. Roller Weight

    Jika roller weight sudah aus maka sudah dipastikan motor matik anda akan muncul suara aneh dalam artian gredek.

    Itulah beberapa cara mengatasi mesin gredek dan penyebabnya. Sebaiknya lakukan sevice secara berkala ke bengkel yang di rekomendasikan untuk mengecek keadaan motor.

    Sumber : Spbukita.com
     
Loading...

Share This Page