Cara Mengatasi Whatsapp Tidak Bisa Dibuka Di Hp Android

Discussion in 'Android' started by aditya_gil, Oct 10, 2017.

  1. aditya_gil

    aditya_gil New Member

    Joined:
    Jul 18, 2017
    Messages:
    28
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    3
    Tidak bisa masuk whatsapp - Bagaimana cara mengatasi aplikasi whatsapp tidak bisa dibuka di android ? Pernahkah anda menjumpai kasus whatsapp bermasalah dengan munculnya pesan error seperti "Sayangnya WhatsApp Telah Berhenti" atau "Unfortunately, WhatsApp Has Stopped" yang membuat kita tidak dapat membuka aplikasi wa di hp android ? Jika masalah whatsapp error tersebut terjadi pada ponsel android yang kita miliki tentu akan sangat menggangu karena sekarang ini untuk berkomunikasi sering kali kita menggunakan aplikasi messanger whatsapp tersebut. Disamping lebih simple dan mudah digunakan jika dibandingkan dengan BBM Android, menggunakan WhatsApp juga tidak menguras banyak kuota.

    Namun sebelum kita memulai langkah untuk mengatasi hp android tidak dapat tersambung ke aplikasi whatsapp, pastikan terlebih dahulu bahwa aplikasi wa di handphone android kita tidak kadaluarsa. Untuk itu unduh aplikasi whatsapp terbaru untuk android yang sudah tersedia di aplikasi google playstore. Tanpa harus menunggu lebih lama lagi, langsung saja mari kita simak ulasan cara mengatasi whatsapp tidak bisa terhubung di hp android secara lengkap di bawah.

    Mengatasi Whatsapp Tidak Bisa Dibuka Di Hp Android, Dengan 5 Langkah Ini !!

    Tentu sudah kita ketahui bahwa semenjak aplikasi whatsapp ini dibeli Oleh Facebook, Aplikasi ini menjadi yang sangat populer dan memperoleh peringkat pertama dari banyaknya pengguna Aplikasi Messenger. Namun beberapa pengguna ponsel android mengeluhkan akan masalah wa yang error tidak bisa dibuka yang sering terjadi pada smartphone kesayangannya tersebut. Errornya aplikasi wa yang tidak mau dibuka ini dapat disebabkan karena koneksi yang tidak begitu bagi pada hp android atau bisa juga dari aplikasi whatsapp itu sendiri. Oleh karena itu untuk memastikan hp android tidak bisa login whatsapp tersebut kita perlu melakukan beberapa hal sebagai berikut :
    • Pertama - tama pastikan terlebih dahulu kita telah berlangganan paket data pada jaringan operator seluler atau memiliki sambungan Wi-Fi dengan akses ke Internet.
    • Kekuatan sinyal Wi-Fi atau jaringan data dalam keadaan baik dan telepon terhubung ke jaringan adalah hal yang perlu untuk kita pastikan berikutnya.
    • Setelah itu coba buka sebuah halaman web pada browser telepon untuk mencari tahu apakah halaman tersebut bisa dibuka.
    • Apabila bisa, hp android kita tersebut tersambung ke Internet coba reboot (matikan lalu nyalakan kembali) hp android kita tersebut.
    Cara memperbaiki whatsapp tidak bisa terhubung di hp android

    Hal diatas dilakukan untuk memastikan kita sudah memiliki koneksi internet yang baik. Namun jika dengan cara diatas masih membuat hp android tidak dapat tersambung di aplikasi whatsapp, maka coba lakukan 5 langkah berikutnya untuk memperbaiki wa yang tidak bisa dibuka di android sebagai berikut :

    1. Hapus File Cache Android

    Langkah pertama yang bisa kita lakukan dan cukup mudah yakni dengan menghapus Cache Aplikasi WhatsApp. File cache sebenarnya memiliki fungsi untuk mempercepat waktu kita dalam membuka aplikasi tertentu pada OS Android ataupun Windows. Akan tetapi errornya aplikasi whatsapp ini juga dapat bersumber dari file cache dan history yang terlalu banyak dan menumpuk pada Internal Card. Oleh karena itu kita perlu untuk menghapus file cache hp android dengan langkah - langkah sebagai berikut :

    • Buka menu Pengaturan >> Setelan Tambahan >> Manajemen Aplikasi >> Cari "WhatsApp" >> Kemudian tap "Hapus Cache"

    2. Paksa Berhenti Dan Hapus Data Whatsapp

    Akan tetapi jika cara diatas belum membuahkan hasil untuk mengatasi sayangnya whatsapp telah berhenti maka kita perlu mencoba menghentikan dan menghapus data aplikasi agar dapat membuat Aplikasi tersebut kembali ke pengaturan default. Dimana semua file sementara WhatsApp akan hilang secara permanen seperti basis data, data login, history, cache, setelan, dan lainnya. Akan tetapi dengan memasukan Nomor telepon dan Password WhatsAppsudah dapat membuat kita login kembali. Untuk menghapus data WhatsApp, langkah - langkah yang perlu untuk kita lakukan adalah sebagai berikut :

    • Buka menu Pengaturan >> Setelan Tambahan >> Manajemen Aplikasi >> Semua >> Cari "WhatsApp" >> Kemudian tap "Paksa Berhenti" dan "Hapus Data".

    3. Update Aplikasi Whatsapp Terbaru Untuk Android

    Akan tetapi jika dengan 2 cara diatas masih juga membuat kita tidak bisa login ke aplikasi whatsapp dan dimana WhatsApp android muncul pesan bertuliskan bahwa Aplikasi WhatsApp telah kadaluarsa pada tanggalnya maka cobalah untuk memperbarui aplikasi WhatsApp melalui Google Play Store.

    4. Install Ulang Aplikasi WhatsApp

    Jika semua cara diatas tidak membuahkan hasil maka sekali maka langkah terakhir yang bisa kita lakukan adalah dengan menghapus aplikasi WhatsApp. Kita dapat menghapus aplikasi WhatsApp kemudian bersihkan cache dan restart smartphone Android yang kita miliki. Dimana pada saat merestart jangan lupa untuk mencabut baterai, sim card dan kartu memori sebelum kita menghidupkan ponsel android tersebut kembali. Setelah itu, barulah kita install dengan Aplikasi WhatsApp yang baru langsung dari Google Play Store dengan cara sebagai berikut :

    • Buka menu Pengaturan >> Setelan Tambahan >> Manajemen Aplikasi >> Cari "WhatsApp" >> Kemudian tap "Hapus Instalasi".

    5. Hubungi Operator Jaringan

    Terkadang ada beberapa kasus operator seluler kita telah mengkonfigurasi jalur akses nirkabel hp android yang kita miliki untuk memblokir aplikasi chatting tertentu, hal ini dapat terlihat apabila kita dapat tersambung ke aplikasi lain dalam jaringan data kita, namun tidak bisa untuk WhatsApp. Oleh karena itu jika WhatsApp tetap tidak bekerja saat Anda hanya menggunakan jaringan data maka hal yang perlu untuk kita lakukan adalah sebagai berikut :

    • Hubungi operator seluler kita dan tanyakan tentang pengaturan jalur akses yang berbeda untuk menjalankan aplikasi chatting.
    • Setelah itu mereka akan memandu kita melalui proses di mana kita harus mengkonfigurasikan jaringan data dan pengaturan web secara manual.


    Semoga dengan cara diatas dapat membuat kita untuk memperbaiki whatsapp android yang bermasalah, sekian dan terima kasih ..

    Sumber : http://adamcecc.blogspot.com/2017/09/mengatasi-whatsapp-tidak-bisa-dibuka-di.html
     
  2. NieeLz

    NieeLz Well-Known Member

    Joined:
    Aug 24, 2015
    Messages:
    1,750
    Likes Received:
    121
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    biasanya sih jarang ada masalah whatsapp, sekali ada masalah biasanya gara gara jam :D
     
  3. iwan008

    iwan008 Member

    Joined:
    Aug 17, 2017
    Messages:
    189
    Likes Received:
    23
    Trophy Points:
    18
    whatsappku kenapa ya gan tidak bisa call ke luar negri :(
     
  4. Benben

    Benben New Member

    Joined:
    Oct 2, 2017
    Messages:
    18
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Nah ini informasi yang saya cari gan , , , , kadang di tempat kerja ada beberapa teman yang whatsapp nya tidak bisa dibuka dan menanyakan ke saya. Mudah2an dengan adanya informasi ini saya bisa menjawab dan bisa membantu rekan-rekan kerja saya yang mengalami permasalah whatsapp . . .
     
  5. neymar

    neymar Member

    Joined:
    Oct 9, 2017
    Messages:
    40
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    ini artikel yang sedang ane cari gan, terimakasih infonya gan
     
  6. EuisTea

    EuisTea Member

    Joined:
    May 28, 2017
    Messages:
    112
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    18
    pengen nyoba ah kaka caranya...kayanya ok neh
     
  7. Merah Putih

    Merah Putih New Member

    Joined:
    Sep 22, 2017
    Messages:
    29
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Banyak juga tips trik lainya tentang aplikasi WA gan.. Seperti Cara Sadap WA, Cara Akses Aplikasi WA dengan Gratis. Dan lainnya .. Coba Agan Tengok jja Dibawah ini :oops::oops::oops::oops::oops::oops:
     
  8. Gibraners

    Gibraners Member

    Joined:
    Mar 28, 2017
    Messages:
    104
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    16
    Aplikasi favorit ane nih,,, memang nyebelin juga klo asyik lg di pake eh malahan bermasalah. Thanks gan atas share infonya,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,
     
  9. FLou91

    FLou91 New Member

    Joined:
    Oct 26, 2017
    Messages:
    18
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Kalau whatsap gue error, langkah satu-satunya yang gue lakuin itu install ulang haha tentunya dengna gue clear cache plus data plus force stop dulu haha biasa cara gini ampuh buat baikin watsap kita dan cegah error lagi hehe
     
  10. HanyaSatu

    HanyaSatu Active Member

    Joined:
    Aug 28, 2017
    Messages:
    444
    Likes Received:
    32
    Trophy Points:
    28
    Kalau saya sih daripada delete aplikasi wa kemudian instal lagi mending matiin hp, cabut baterai sekitar 5 menit, baru deh nyalain lagi
     
  11. aditya_gil

    aditya_gil New Member

    Joined:
    Jul 18, 2017
    Messages:
    28
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    3
    Betul sekali, aplikasi chatting yang simple dan ga banyak makan tempat di smartphone kita
     
Loading...

Share This Page