Cara Mengatur Keuangan Setelah Libur Lebatan

Discussion in 'General Lifestyle' started by Faniditya Ramadhan, Jun 26, 2019.

  1. Faniditya Ramadhan

    Faniditya Ramadhan New Member

    Joined:
    May 29, 2019
    Messages:
    54
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    [​IMG]

    Cara Mengatur Keuangan Setelah Libur Lebaran

    Usai merayakan hari raya Idul Fitri, bagaimana dengan kondisi keuangan Anda? Jika tidak jeli dalam mengatur keuangan pasti Anda sedang meratapi nasib yang kurang baik. Seringkali terjadi memang ketika usai merayakan hari raya, kondisi keuangan memburuk akibat terlalu banyaknya pengeluaran, baik untuk kebutuhan hari raya hingga tradisi memberi tunjangan hari raya (THR) untuk keponakan atau sepupu yang belum bekerja.

    Mumpung sebentar lagi akhir bulan dan gajian, ada baiknya Anda mulai kembali menata dan mengatur keuangan secara lebih baik lagi agar kondisi keuangan bisa kembali sehat. Selain itu, Anda juga harus mulai memikirkan target finansial yang harus dicapai saat masa mendatang. Berikut beberapa cara dalam mengatur keuangan setelah libur Lebaran yang bisa Anda lakukan:

    Periksa Berapa Sisa Uang yang Anda Miliki

    Cek dulu sebelum mengobati. Itulah kata yang tepat sebagai langkah awal dalam memperbaiki kondisi keuangan Anda. Sebelum memulai mengatur keuangan Anda, ada baiknya periksa kembali berapa sisa uang yang Anda miliki saat ini. Setelah Anda mengetahui jumlah uang yang Anda punya, barulah Anda bisa mulai mengatur keuangan dan membatasi pengeluaran apa saja kedepannya.

    Buat Anggaran Pengeluaran

    Dalam membuat anggaran pengeluaran, mulailah dengan membuatnya sesuai kemampuan. Selain itu, Anda juga dapat mengatur keuangan dengan cara membatasi pengeluaran harian Anda. Misal, Anda baru akan gajian tanggal 1 setiap bulannya. Maka, Anda harus dapat menyesuaikan pengeluaran harian dari sisa uang yang Anda miliki sampai tanggal gajian tiba.

    Atau jika memang ada kebutuhan yang harus dipenuhi pada waktu tertentu, Anda dapat melakukan metode subsisdi silang. Dimana, Anda dapat memangkas pengeluaran di hari-hari lain, sehingga sisa uang yang ada dapat Anda gunakan untuk kebutuhan tersebut.

    Tunda Belanja Barang-Barang yang Tidak Dibutuhkan

    Untuk sementara waktu, hindarilah belanja barang-barang yang tidak Anda butuhkan. Dalam situasi krisis pasca Lebaran seperti sekarang ini, Anda harus konsisten dalam mengatur keuangan. Salah satu caranya adalah dengan menahan diri dari godaan belanja barang-barang yang Anda suka. Tunggulah sampai kondisi keuangan Anda membaik agar kondisi keuangan saat ini tidak semakin memburuk.

    Tetap Sisihkan Uang untuk Tabungan atau Dana Darurat

    Meski keuangan sedang menipis pasca Lebaran, disarankan dalam mengatur keuangan Anda tetap menyisihkan uang untuk dana darurat. Dengan begitu, Anda juga akan terhindar terhindar dari berbagai godaan dalam menghabiskan uang untuk hal-hal yang tidak terlalu dibutuhkan. Tabungan maupun dana darurat sangat penting jika suatu waktu Anda kepepet atau jatuh sakit, dan membutuhkan dana segar.

    Disiplin

    Kunci keberhasilan dalam mengatur keuangan adalah disiplin. Mustahil Anda dapat mengatur keuangan jika tidak dispilin dan tetap membeli barang sesuai dengan keinginan, bukan kebutuhan. Anda harus ingat bahwa tujuan dari semua ini adalah mengembalikan kondisi keuangan Anda menjadi normal kembali. Jadi, ada baiknya ada tetap sabar dan disiplin dalam melewati masa ini.

    Itulah beberapa hal yang bisa Anda terapkan dalam mengatur keuangan pasca Lebaran agar kondisi keuangan Anda kembali ke keadaan semula. Selamat mencoba!
     
Loading...

Share This Page