Cara Mengelompokkan Pelanggan Anda

Discussion in 'General Business' started by Ikhlas, Nov 30, 2016.

  1. Ikhlas

    Ikhlas Member

    Joined:
    Oct 26, 2016
    Messages:
    119
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
    Suksesnya penjualan produk bisnis tidak hanya ditentukan pada kualitas produk itu sendiri, namun banyak faktor menentukan seperti pemilihan segmen pelanggan. Apa segmen pelanggan itu? Segmentasi pelanggan merupakan strategi marketing untuk membagi pelanggan pada kotak-kotak tertentu melalui sebuah ukuran yang telah ditentukan. Akan ada banyak segmen pelanggan di dunia ini namun yang benar cocok dengan produk Anda itulah yang harus difokuskan. Artikel kali ini akan membahas tentang bagaimana cara mengelompokkan atau membuat segmentasi pelanggan:

    Pendapatan
    Buatlah daftar pelanggan Anda terlebih dahulu, terutama daftar pendapatan setiap pelanggan. Mungkin Anda akan kesulitan jika memang pelanggan Anda sudah banyak, Anda mungkin harus membeli sofware tertentu untuk merekap semua data pelanggan Anda. Setelah membuat daftar pendapatan pelanggan lalu pilihlah pelanggan mana saja yang cocok dengan produk yang mau Anda tawarkan misalnya cover super. Produk ini cocok untuk pelanggan dengan pendapatan satu juta ke atas maka pelanggan yang memiliki pendapatan diatas satu juta adalah segmentasi pasar Anda.

    Segmentasi berdasarkan karakteristik dasar pelanggan
    Langkah selanjutnya adalah membuat segemnetasi pelangggan dengan membagi pelanggan Anda menurut ukuran dasar seperti umur, lokasi, jenis kelamin, dan tingkat pendidikan. Misalnya cover super segmentasi untuk umur 15-45 tahun, lokasi di Jateng dan DIY, semua jenis kelamin, tingkat pendidikan SMP-Profesor.

    Bagilah berdasarkan kelompok demografik

    Jika berdasarkan karakteristik dasar pelanggan adalah hal yang terlalu luas, buatlah pembagian berdasarkan demografisnya, seperti membagi pelanggan secara lebih spesifik, misalnya umur 15-45 tahun Anda hanya membidik sasaran umur 20-30 tahun, sehingga media iklan dan alat pemasaran lainnya akan mudah untuk diterapkan.

    Segmentasi berdasarkan lokasi
    Setelah menganalisis lokasi pelanggan, buatlah ukuran yang lebih spesifik apakah produk Anda ini aakan dipasarkan ke pelosok nusantara atau hanya ke sebagian kota dengan distrik-distrik tertentu. Misalnya Jika Jogja menjadi sasarannya maka mau dipassarkan kemana saja? Hanya Kabupaten Sleman atau seluruh kabupaten di Jogja.

    Segmentasi berdasarkan psikologis

    Langkah selanjutnya adalah membaagi konsumen berdasarkan ukuraan psikologis seperti kelas sosial, gaya hidup, dan kepribadiannya.

    History Product
    Inilah pentingnya menggunakan membercard pada bisnis retail sebenarnya, dengan membercard Anda otomatis memiliki database penjualan produk apa saja yang pelangga beli secara rutin. Dengan begitu, kelompokkanlah pelanggan ini berdasarkan purchase intention product yang sering dia beli.

    Segmentasi perilaku konsumen
    Hal ini tidak hanya berdasarkan standar hidup si pelanggan, namun juga berdarsarkan preferensi membeli produk dan trend pembelian.

    Segmentasi berdasarkan kebermanfaatan produk
    Langkah selanjutnya adalah membagi pelanggan berdasarkan manfaat dari produk yang Anda tawarkan. Semakin banyak manfaat produk yang Anda tawarkan pada konsumen, maka semakin luas pelanggan yang akan menjadi segmentasi dari produk Anda.

    Pilihlah satu segmen saja

    Fokus itu penting! Setelah Anda membuat pengelompokkan segmen berdasarkan ukuran-ukuran tertentu. Pilihlah segmen mana yang akan Anda fokuskan untuk menjual produk Anda. Hal ini terkait dengan strategi marketing selanjutnya seperti membuat target dan positioning produk ke pelanggan.

    Memilih segmentasi yang benar-benar berharga untuk pasar Anda
    Tidak ingin kan, strategi pemasaran Anda sia-sia atau salah sasaran karena ternyata segmen yang Anda pilih merupakan segmen dengaan nilai paling rendah keuntungannya? Oleh karena itu, pilihlah segemen yang benar-benar menguntungkan untuk bisnis Anda. (sumber)
     
Loading...

Share This Page