Cara Mengenali Ulasan Palsu di Situs Belanja Online

Discussion in 'E-Commerce' started by Tirah Wawas, Feb 13, 2018.

Tags:
  1. Tirah Wawas

    Tirah Wawas Active Member

    Joined:
    Aug 22, 2016
    Messages:
    275
    Likes Received:
    38
    Trophy Points:
    28
    [​IMG]

    Saat ini situs belanja online semakin populer dan hampir semua produk dijual secara online. Dari semua portal e-commerce yang ada, Amazon adalah yang terbesar. Amazon merupakan portal belanja online paling populer saat ini dan siapa saja dapat menemukan berbagai jenis produk di situs ini. Biasanya orang yang telah membeli barang akan membuat sebuah ulasan untuk produk yang telah dibelinya. Berdasarkan ulasan tersebut para calon pembeli lain bisa menilai kualitas dari sebuah produk yang ingin mereka beli.

    Meskipun tidak mungkin untuk memposting ulasan palsu di Amazon, tetapi melalui beberapa cara atau trik peretasan banyak orang yang bisa memposting ulasan palsu. Tentunya bagi orang yang normal tidak bisa melihat apakah ulasan itu palsu atau tidak. Untungnya, kami telah menemukan metode yang dapat digunakan untuk mengenali yang mana ulasan yang palsu di Amazon. Metode ini dapat digunakan untuk menyelamatkan para calon pembeli dari membeli produk yang tidak layak.

    Metode ini cukup sederhana dan mudah dan anda hanya perlu mengikuti panduan langkah demi langkah yang diuraikan di bawah ini.

    #1 Hal yang pertama kali perlu dilakukan adalah membuka ulasan untuk produk yang ingin anda periksa apakah ulasan tersebut palsu atau tidak. Pada setiap ulasan ada peringkat dan jumlah ulasan pada awalnya, yaitu untuk 5 bintang, 4 bintang dan seterusnya. Anda harus memeriksa apakah peringkat tersebut sesuai dengan jumlah orang yang telah memasukkan peringkat serta ulasan. Jika hanya ada beberapa ulasan untuk produk dan anda melihat peringkat tinggi untuk produk, maka ulasan tersebut bisa jadi palsu.

    [​IMG]

    #2 Cara lain untuk mengenali apakah ulasan yang dibuat palsu adalah dengan membuka dan membaca beberapa ulasan dari produk, mencari ukuran dan alur dari konten ulasan. Jika sebagian besar konten menggambarkan kualitas terbaik dari produk maka ini bisa jadi ulasan tersebut palsu. Karena tidak ada orang yang membutuhkan banyak waktu untuk memberikan penjelasan panjang lebar untuk sebuah produk. Apalagi hanya untuk tujuan ulasan saja.

    [​IMG]

    #3 Periksa nama orang atau identitas orang yang membuat ulasan, karena ini tentunya dapat dengan mudah dideteksi. Periksa juga apakah orang tersebut membuat banyak ulasan dalam periode waktu yang singkat. Ini adalah cara termudah untuk menilai apakah orang tersebut menulis ulasan asli atau tidak. Anda juga dapat melihat apakah orang tersebut telah menulis beberapa ulasan saja, karena ini bisa menjadi tanda bahwa orang tersebut tidak menempatkan ulasannya dengan benar.

    #4 Selanjutnya anda juga dapat memeriksa apakah ulasan tersebut menunjukkan cap pembelian yang sudah terverifikasi. Apabila memang ini ada maka akan mudah untuk mengetahui bahwa review itu asli, karena telah dibuat oleh orang yang benar – benar telah membeli produk tersebut. Tidak ada cara untuk mendapatkan cap terverifikasi, sehingga bisa dipastikan ulasan tersebut asli.

    [​IMG]

    #5 Terakhir anda bisa mencoba mencari masukan atau saran untuk sebuah ulasan dari pembaca atau pembeli lain. Dengan adanya masukan atau saran dari pembeli lain, maka anda akan mendapatkan gambaran apakah hal-hal yang diuraikan dalam sebuah ulasan benar – benar membantu atau tidak.

    Manfaatkan metode di atas dengan sangat hati-hati karena ini tentunya akan memakan waktu dan anda mungkin tidak perlu berusaha keras untuk mengidentifikasi sebuah ulasan palsu. Kedepannya ini akan membantu anda ketika anda ingin membeli produk apapun. Selain itu metode ini mungkin dapat juga digunakan untuk mengenali ulasan palsu di situs belanja yang lain.
     
  2. blackking

    blackking Active Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    621
    Likes Received:
    42
    Trophy Points:
    28
    Terimakasih informasinya. kalau untuk situs dalam negeri apa juga sama cara mengenali ulasan palsu tersebut
    soalnya lebih sering belanja di situs dalam negeri daripada di amazon
     
  3. HanyaSatu

    HanyaSatu Active Member

    Joined:
    Aug 28, 2017
    Messages:
    751
    Likes Received:
    46
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Bener tuh, banyak banget orang bertindak curang untuk menulis ulasan Fiktif, sangat merugikan sekali
     
  4. Sugeng Ginanjar

    Sugeng Ginanjar Member

    Joined:
    Nov 18, 2016
    Messages:
    164
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    ini penting/././.
    kita memng harus cerdar juga jadi pembeli
     
  5. ANDHIMIND

    ANDHIMIND Member

    Joined:
    Jan 25, 2018
    Messages:
    57
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    Google+:
    Ternyata ada juga oknum-oknum yang berbuat licik dalam menulis ulasan palsu di e-commerce Amazon. Tetapi saya juga sempat menjumpai banyak e-commerce lokal Indonesia juga yang memberikan ulasan palsu. Apalagi online shop dengan website sendiri hampir mayoritas terdapat ulasan palsu.
    Memang dengan adanya ulasan produk akan memberikan efek kepada calon pembeli percaya dan terlihat kredibel sampai-sampai menggunakan cara licik membuat ulasan palsu.
    Dengan kelima tips mengenali ulasan palsu di situs belanja daring di atas kita bisa mendapatkan ilmu dan jangan terjebak dengan kata-kata manis pada ulasan.
     
  6. Amar Alif

    Amar Alif Member

    Joined:
    May 17, 2017
    Messages:
    455
    Likes Received:
    19
    Trophy Points:
    18
    Nah sangat bermanfaat nih emng sih seller sekarang agak sadis melakukan apapun asal laku
    termasuk dengan bikin ulasan palsu
     
  7. lee bee doo

    lee bee doo Member

    Joined:
    Feb 20, 2018
    Messages:
    43
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    biasanya sih orang orang mereka juga ini,,bikin id id dummy
     
  8. Anggun Li

    Anggun Li New Member

    Joined:
    May 14, 2018
    Messages:
    3
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Terimakasih, sangat membantu sekali untuk yang suka belanja online seperti saya.
     
Loading...

Share This Page