Cara Mengetahui Cacat Bodi Mobil

Discussion in 'Science' started by crewjvm, Aug 14, 2018.

  1. crewjvm

    crewjvm Member

    Joined:
    Sep 15, 2015
    Messages:
    94
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    Cara Mengetahui Cacat Bodi Mobil - Beragam cara dilakukan para penjual mobil bekas, agar barang dagangannya laku terjual. Salah satu caranya adalah dengan memoles mobil agar terlihat kinclong dan menarik perhatian calon pembelinya.

    Namun untuk Anda yang akan membeli mobil bekas jangan mudah tertipu dahulu dengan tampilan luarnya saja. Sering kali oknum pedagang mobil bekas melakukan hal tersebut untuk menutupi bagian yang sudah patah dengan klip, atau menambalnya dengan dempul kemudian dicat ulang.

    Bila Anda tidak teliti maka bukan mobil bekas dengan kondisi baik, namun ternyata sekadar akal - akalan poles penjual belaka yang tentunya akan merugikan Anda sebagai pembeli. Bahkan hal ini juga dibenarkan oleh beberapa penjual mobil bekas, oknum penjual mobil bekas yang seperti ini hanya ingin memperoleh keuntungan besar namun merugikan konsumen.

    Kondisi mobil bekas seperti klip bumper yang patah, klip gril yang patah harusnya segera diganti, namun oknum penjual hanya menyambungnya dengan kawat atau dilas saja. Hal ini biasanya sering dilakukan oknum penjual mobil bekas yang ada di kota - kota besar.

    Selain bagian klipnya, bagian bodi mobil juga sering dipalsukan kondisinya. Pemalsuan ini dilakukan dengan cara mendempul dan mengecat ulang bodi mobil agar terlihat menarik.

    Bila Anda sudah mahir dalam mengetahui hal tersebut Anda dapat mencoba mengetuk bodi mobil menggunakan tangan, tapi tidak semua orang bisa mengetahui itu, kecuali kondisi klip yang menutupi bodi memang sudah patah.

    cara tersebut merupakan cara lawas dengan mengandalkan telinga untuk membedakan suara pelat ringan sama pelat tebal. Selain itu Anda dapat melihat mata bayangan pada bodi mobil untuk melihat hasil pengecatannya.

    Selain menggunakan panca indera, para teknisi maupun montir yang sudah profesional dapat juga menggunakan bantuan alat seperti alat uji NDT yang termasuk dalam flaw detector untuk mengetahui kecacatan bodi dan bagian mobil lainnya. Alat tersebut dapat mengetahui keretakan pada bodi maupun bagian mobil dengan sangat detail.

    Selain mengecat dan mendempul bodi mobil, oknum pedagang juga sering mengakalinya dengan memperbaiki jok, setir yang dicat ulang kulitnya. Namun cara ini juga bukan termasuk cara yang curang karena hal ini juga umum untuk dilakukan, selain itu pengecatan ulang juga dilakukan untuk menghindari biaya penggantian kulit yang mahal.
     
Loading...

Share This Page