Cara menggunakan POS Sistem

Discussion in 'Usaha Kecil Menengah' started by Darin Rania, May 31, 2021.

  1. Darin Rania

    Darin Rania Member

    Joined:
    Mar 25, 2021
    Messages:
    40
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8

    Kegunaan Pos Sistem Untuk Usaha
    Ada beberapa kegunaan pos sistem yang pastinya dapat memudahkan bisnis kamu. Mungkin ada beberapa software pos kasir yang sudah terintegrasi dan biasanya tersedia banyak fitur.

    Nah, ini ada 5 kegunaan sistem pos secara umum.
    1. Dapat mendata semua transaksi yang terjadi secara detail sehingga kamu bisa mengetahui total penjualan dari semua toko retail kamu cukup menggunakan smartphone atau tablet.
    2. Kamu bisa melakukan pengecekan stok barang di seluruh toko yang semuanya sudah terintegrasi dengan pos system. Tujuannya agar meminimalisir kesalahan atau kelalaian karyawan kamu sehingga kamu lebih mudah melakukan pengawasan.
    3. Semua laporan penjualan dapat dimonitor secara real time karena kamu bisa menggunakan internet.
    4. Kamu memegang kontrol secara penuh terhadap harga produk jadi kamu bisa mengubah harga produk lebih mudah dan kamu juga bisa mengatur kapan toko kamu akan mengadakan promo atau diskon.
    5. Dengan menggunakan software pos, kamu dapat meminimalisir penyalahgunaan data.
    Cara Menggunakan POS System
    Seperti yang aku katakan sebelumnya, kalo sekarang sudah ada aplikasi pos yang menyediakan banyak fitur. Salah satunya ada fitur yang sudah terintegrasi sehingga dapat membantu kamu dalam mencatat penjualan dan mengetahui persediaan barang.

    Sekarang kita akan membahas mengenai penggunaan pos system untuk usaha kamu.

    1. Transaksi
    Kalau kamu menggunakan aplikasi POS tentu kamu memudahkan pelanggan kamu dalam melakukan pembayaran karena sudah tersedia berbagai macam jenis pembayaran seperti kartu debit dan kredit.

    Selain itu sistem POS ini juga menampilkan transaksi dan bisa menghitung diskon yang kamu berikan. Nah, kalo software POS yang kamu gunakan itu terintegrasi, kamu bisa juga melakukan mengontrol inventory seperti menghapus item dari inventory.

    2. Menggunakan Internet
    Karena pos system sudah berbasis internet, kamu sebagai pemilik bisa mengakses total pendapatan harian dari semua lokasi cabang toko kamu.

    aplikasi point of sales ini sudah terhubung dengan internet, fitur lain yang biasanya disediakan adalah akuntansi dimana kamu dapat melacak pengeluaran, gaji karyawan sampai pendapatan.

    3. Perangkat Keras
    Selanjutnya ada perangkat yang dapat membantu software point of sale yaitu mesin pencetak salinan struk untuk pelanggan kamu.

    Biasanya pebisnis menggunakan printer thermal untuk mencetaknya. Nah, selain printer ada juga cash drawer yang terkoneksi dengan aplikasi tersebut dan nantinya akan terbuka otomatis saat mengakhiri proses transaksi.
     
Loading...

Share This Page