Cara Mengkilapkan Batu Marmer

Discussion in 'Science' started by Linda Nur Wakidah, Jun 7, 2018.

  1. Linda Nur Wakidah

    Linda Nur Wakidah Member

    Joined:
    Aug 29, 2017
    Messages:
    137
    Likes Received:
    17
    Trophy Points:
    18
    Cara Mengkilapkan Batu Marmer - Untuk mengkilapkan batu marmer yang sudah kusam sebenarnya ada banyak cara mulai dari yang sederhana hingga sedikit rumit. Cara yang cukup rumit disini disebut dengan teknik poles kristalisasi, sedangkan cara yang sederhana dapat dilakukan dengan trik sederhana dan bahan yang sederhana juga.

    Namun dalam bidang konstruksi bangunan maka teknik poles kristalisasi merupakan cara yang paling populer, akan tetapi cara ini harus dilakukan oleh ahlinya untuk mendapatkan hasil maksimal.

    Teknik poles kristalisasi sendiri memerlukan alat dan bahan sebagai berikut :
    • Batu gerinding
    • Bellinzoni
    • Kanebo
    • Mesin polisher
    • Spon pad halus (putih)
    • Spon pad sedang (merah)
    • Obat kristal kuning
    • Obat kristal putih
    Tahapan-tahapan utama poles kristalisasi dibedakan menjadi tiga, yaitu sebagai berikut:

    1. Tahap pengupasan

    Tahap gerinding atau tahap pengupasan merupakan tahap awal untuk meratakan baret yang ada pada batu marmer agar kembali rata. Pada tahap ini perataan dilakukan menggunakan batu gerinding dan mesin polisher dengan cara menjalankan mesin polisher yang telah dipasang batu gerinding sebelumnya pada permukaannya. Proses ini dilakukan hingga permukaan marmer benar - benar rata, untuk memastikan hasil pemolesan ini maksimal biasanya tukang akan mengukur tingkat kehalusan marmer menggunakan alat ukur kekasaran / roughness tester yang dapat mengukur tingkat kekasaran dan kehalusan permukaan.

    2. Tahap kristalisasi

    Tahap ini merupakan tahapan inti karena akan digunakan cairan pengkilap batu marmer. Langkah pertama adalah menaburkan obat kristal putih pada permukaan marmer kemudian akan dibasahi dengan air secukupnya. Pakailah spon pad merah dan pasang pada mesin polisher kemudian nyalakan mesin dan gosok permukaan marmer secara merata kemudian Bilas lagi dengan air dingin, lalu keringkan. Kemudian lakukan cara yang sama untuk obat kristal kuning hingga marmer benar - benar mengkilap.

    3. Tahap pelapisan

    Tahap pelapisan marmer ini merupakan tahap akhir yang bertujuan untuk melindungi marmer menggunakan bahan pelapis agar tahan terhadap noda dan debu. Bahan bellizoni digunakan pada tahap ini dengan cara diaplikasikan secara merata pada permukaan marmer. Kemudian pasang spon pad putih pada mesin polisher untuk benar - benar meratakan bahan tersebut pada permukaan marmer. Pastikan juga bahan tersebut tidak bergelombang dan menutup dengan sempurna untuk melindungi marmer dari berbagai kotoran dan noda.
     
  2. HanyaSatu

    HanyaSatu Member

    Joined:
    Aug 28, 2017
    Messages:
    859
    Likes Received:
    56
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Hmm.. Nice info ya, pengen banget di pekarangan rumah dipasangin batu marmer yang keren" dengan penempatan yang oke, mudah"an bisa terlaksana deh
     
Loading...

Share This Page