Cara Mengobati Iritasi Usus Besar (Irritable Bowel Syndrome)

Discussion in 'Health & Medical' started by Sri Mulyani, May 14, 2018.

  1. Sri Mulyani

    Sri Mulyani Member

    Joined:
    Feb 2, 2018
    Messages:
    192
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    18
    Anda Mengalami Iritasi Usus Besar atau Irritable Bowel Syndrome? Segera Atasi Dengan Tips Alami Berikut Ini >> Cara Mengobati Iritasi Usus Besar
    Beberapa langkah pengobatan dan penyembuhan yang dapat dilakukan oleh penderita Sindrom Iritasi Usus Besar atau Irritable Bowel Syndrome diantaranya seperti berikut ini :
    • Mengatur Pola Makan dan Asupan Serat
    [​IMG]

    Mengatur pola makan yang sesuai dengan kondisi Iritasi Usus Besar yang sedang dialami, terutama menghindari makanan dan minuman yang dapat memicu IBS misalnya makanan pedas dan berlemak. Lebih baik perbanyak konsumsi cairan serta mengurangi konsumsi serat yang sulit dicerna oleh tubuh.
    • Rutin Olahraga dan Menurunkan Tingkat Stress
    [​IMG]

    Gunakan waktu setidaknya 2,5 jam dalam satu minggu untuk melakukan olahraga atau aerobic dengan tingkat intensitas yang sedang. Contoh olahraga yang bisa Anda lakukan adalah dengan bersepeda atau jalan cepat. Selain Itu, mengontrol dan menurunkan tingkat stress juga memberi pengaruh baik untuk proses penyembuhan sindrom iritasi usus besar. Meski menurunkan tingkat stress mungkin cukup sulit, disarankan Anda melakukan beberapa gerakan olahraga yang membuat rileks, seperti Meditasi dan Yoga.
    • Konsumsi Teh Herbal
    [​IMG]

    Teh herbal diketahui mampu bekerja dengan baik untuk mengatasi sindrom iritasi usus besar. Teh herbal bisa Anda dapatkan dari teh chamomile. Teh chamomile hangat terbukti dapat membantu meredakan kram pada perut saat dalam kondisi sindrom iritasi usus besar. Namun ternyata selain teh chamomile, teh peppermint juga termasuk kedalam obat lain yang dapat mengatasi iritasi usus besar. Pasalnya kandungan minyak yang kuat dalam peppermint dapat membantu meringankan masalah pada pencernaan dan diare. Jintan, adas manis, dan oregano adalah herbal lain yang dapat digunakan untuk membuat teh herbal untuk sindrom iritasi usus. Jika Anda rentan terhadap alergi atau heartburn, jangan mencoba chamomile atau herbal peppermint untuk teh Anda.
    • Asafetida
    [​IMG]

    Asafetida ini adalah sejenis jahe bubuk kering serta garam yang bisa dijadikan alternatif obat tradisional untuk iritasi usus. Campur sejumput asafetida, jahe bubuk kering dan garam dalam segelas air hangat dan minumlah untuk memberi bantuan cepat dari gejala sindrom iritasi usus. Asafetida merupakan obat anti-kembung, anti-inflamasi, dan sifat pencaharnya menjadikan asafetida obat yang baik untuk menyembuhkan sindrom iritasi usus.
    • Sekam Psyllium
    [​IMG]

    Campurkan 1 sdt sekam psyllium dengan setengah cangkir yogurt dan minum setelah makan malam. Ini adalah obat yang baik untuk sindrom iritasi usus. Psyllium memudahkan buang air besar, terutama jika Anda menderita sembelit, yang merupakan salah satu gejala utama sindrom iritasi usus. Hal ini juga mengurangi kembung dan perut kembung.

    • Cuka sari Apel
    [​IMG]

    Cuka sari apel dapat digunakan untuk pengobatan sindrom iritasi usus besar. Cara mengkonsumsinya pun sangat mudah, Anda hanya perlu mencampurkan 2 sendok cuka apel dalam satu gelas air minum. Cuka sari apel memiliki sifat anti bakteri yang kuat untuk membunuh racun atau bakteri penyebab iritasi usus besar dan membuangnya dari tubuh. Jika Anda mengkonsumsi cuka sari apel, usahakan untuk mengencerkan cuka sari apel agar rasa asamnya tidak terlalu pekat.
    • Lada dan Kapulaga
    [​IMG]

    Kedua jenis rempah-rempah ini ternyata dapat dimanfaatkan untuk mengatasi sindrom iritasi usus besar yang aman untuk dikonsumsi. Gunakan kapulaga , jahe serta merica dengan mencampurkan keseluruhan bahan ini dan mencampurnya dengan air hangat. Mengkonsumsi ramuan ini, dapat membantu menyembuhkan sindrom iritasi usus. Bahan alami ini juga mengandung anti inflamasi.

    Catatan :

    "Jika Anda menderita sindrom iritasi usus, hindarilah makanan non-vegetarian, teh, kopi dan alkohol. Minum lebih banyak air dan makan makanan berserat untuk menangkal masalah pencernaan."

    Baca juga : Obat Alami Irritable Bowel Syndrome
     
  2. Hari

    Hari Member

    Joined:
    May 14, 2014
    Messages:
    98
    Likes Received:
    13
    Trophy Points:
    18
    Mengatur pola makan dan rutin berolahraga memang sangat penting. Saya bisa olahraga kalau pas libur saja, itupun tidak pasti
     
    Sri Mulyani likes this.
Loading...

Share This Page