Cara Mengusir Tikus di Rumah yang Aman untuk Kesehatan

Discussion in 'General Lifestyle' started by Faniditya Ramadhan, Aug 2, 2019.

  1. Faniditya Ramadhan

    Faniditya Ramadhan New Member

    Joined:
    May 29, 2019
    Messages:
    53
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    [​IMG]

    Serangan hama tikus di rumah seringkali menjengkelkan. Gimana tidak, keindahan dan kebersihan rumah yang selalu dijaga setiap hari harus sirna akibat munculnya hewan tersebut di rumah. Tidak hanya kotor dan bau, tikus juga seringkali merusak berbagai perabotan rumah, seperti furnitur, pakaian, hingga mengotori makanan yang disimpan.

    Kehadirannya bukan cuma mengganggu, tapi juga membahayakan kesehatan penghuni rumah. Pasalnya tikus, apalagi tikus got diklaim dapat membawa serangan penyakit tipes. Namun, kebanyakan orang masih banyak yang mengandalkan perangkap, memberi lem, hingga menyebar racun untuk mengusir tikus.

    Padahal, jika di rumah terdapat balita atau anak kecil hal itu dapat mengganggu kondisi kesehatannya akibat bahan kimia yang dalam kandungan lem dan racun tikus tersebut. Oleh karena itu, lebih baik Anda menggunakan cara mengusir tikus di rumah yang aman dengan bahan-bahan alami. Dengan begitu Anda tidak perlu khawatir kesehatan si kecil akan terganggu. Simak cara mengusir tikus dengan bahan alami berikut ini yang aman untuk kesehatan:

    Menggunakan Alat Ultrasonic

    Alat Ultrasonic dapat mengeluarkan gelombang suara ultrasonic sebesar 20 kHz yang sangat menganggu hewan pengerat. Meskipun dapat mengganggu hewan pengerat, suara ultrasonic yang dikeluarkan tidak akan bisa didengar oleh manusia, sehingga kenyamanan Anda dan keluarga tidak akan terganggu. Pastikan juga Anda meletakkannya di dekat sarang tikus karena alat ini hanya bisa menjangkau pendengaran tikus dalam jarak sekitar 200 meter.

    Menggunakan Bungkusan Bawang Putih

    Selain sering digunakan sebagai bumbu masakan, bawang putih juga dapat diandalkan sebagai salah satu cara mengusir tikus di rumah yang ampuh. Anda hanya perlu kain kasa untuk diisi dengan bawang putih. Setelah dibungkus, letakkan bungkusan bawang putih yang telah dilapisi kain kasa tersebut ke area rumah yang sering dihampiri oleh tikus.

    Menaburkan Kopi Bubuk

    Tidak hanya dijadikan teman sarapan di pagi hari, ternyata kopi bubuk bisa digunakan sebagai cara mengusir tikus yang cukup ampuh. Aroma yang dihasilkan oleh kopi bubuk akan menyamarkan indera penciuman tikus karena bubuk kopi memiliki bau yang sangat tajam, sehingga tikus akan menghindari area rumah yang terdapat kopi bubuk tersebut. Jangan lupa untuk memastikan juga bahwa kopi bubuk yang Anda taburkan di beberapa area rumah adalah bubuk kopi hitam.

    Menaruh Potongan Daun Sirsak

    Daun sirsak juga dapat Anda gunakan sebagai salah satu cara mengusir tikus sebab di dalam daun sirsak terdapat zat perangsang yang mengeluarkan bau. Dimana bau yang dihasilkan daun sirkan akan dihindari oleh tikus. Anda hanya perlu menghancurkan sobekan daun sirsak menjadi potongan-potongan kecil, setelah itu Anda dapat menaruhnya di area ruangan yang sering dilalui tikus.

    Menyemprotkan Campuran Air dan Kulit Jengkol

    Bukan hanya manusia saja yang tidak menyukai aroma jengkol, namun tikus juga merasakan hal yang sama. Aroma yang dikeluarkan oleh jengkol akan membuat tikus kabur dan tak ingin mendekat. Anda dapat memanfaatkan campuran kulit jengkol dengan air yang diblender sebagai salah satu cara mengusir tikus di rumah. Setelah itu, Anda tinggal menaruhnya di wadah semprotan dan menyemprotkannya ke area yang sering dijelajahi tikus.

    Demikianlah beberapa cara mengusir tikus di rumah yang cukup alami dan aman untuk kesehatan. Namun, tidak hanya itu saja, Anda juga harus memperhatikan beberapa sudut rumah yang mungkin sudah berlubang atau rusak sehingga tikus bisa masuk melalui lubang tersebut untuk segera diperbaiki. Selamat mencoba!
     
  2. blackking

    blackking Active Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    1,208
    Likes Received:
    86
    Trophy Points:
    48
    Cara yang paling ampuh apa ya supaya mbak si ti kabur dan gak balik lagi?
    kalau pake ultrasonic itu perlu beli alatnya mungkin yah atau bisa bikin sendiri?
     
Loading...

Share This Page