Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak

Discussion in 'Health & Medical' started by Yana Mulyana, Dec 17, 2016.

  1. Yana Mulyana

    Yana Mulyana Member

    Joined:
    Aug 31, 2016
    Messages:
    98
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    8
    [​IMG]
    Daya tahan tubuh atau sistem imunitas merupakan pertahanan tubuh menghadapi infeksi virus, kuman, bakteri dan organisme asing yang berbahaya untuk kesehatan, Sistem daya tahan tubuh khususnya pada anak dibangun antar semua sel, jaringan, serta organ tubuh.

    Baik sistem daya tahan tubuh mau pun sistem kekebalan tubuh memiliki kesamaan pengertian, Dimana, keduanya berfungsi untuk sistem pertahanan tubuh dari serangan infeksi dan makromolekul asing termasuk infeksi virus, bakteri, jamur, parasit dan sebagainya.

    Proses pembentukan sistem imunitas atau daya tahan tubuh terbentuk dari fase kehamilan. Sistem imunitas pada seseorang akan terus berkembang seiring pertambahan usia. Alasan tersebut menjadikan bahwa kalangan anak-anak lebih mudah jatuh sakit dan terinfeksi bila dibandingkan remaja atau dewasa.

    Fungsi daya tahan tubuh anak suatu saat akan terganggu yang mengakibatkan keadaan berikut di bawah ini :

    ■ Gangguan imunodefisiensi atau kekurangan kekebalan tubuh. Misalnya kekurangan Imunoglobulin A yakni zat anti bodi pada air liur dan cairan tubuh lainnya.
    ■ Kanker imunitas. Jenis-jenis kanker yang berhubungan dengan sistem daya tahan tubuh adalah leukemia dan limfoma.
    ■ Reaksi alergi adalah reaksi dari sistem daya tahan tubuh terhadap senyawa dari infeksi luar yang membahayakan kesehatan. Alergi yang umum akibat gangguan sistem daya tahan tubuh adalah asma, eksim, alergi obat, makanan debu, dan lingkungan.
    ■ Gangguan auto imun. Keadaaan pada sistem daya tahan tubuh melakukan perlawanan terhadap organ dan jaringan tubuh yang normal sebab di duga benda asing. Keadaan ini bisa terjadi pada pasien penderita lupusm scleroderma, radang sendi pada anak.

    Ada pun cara meningkatkan sistem daya tahan tubuh anak
    Tahukah anda bahwa ASI ( Air Susu Ibu) dapat meningkatkan sistem imunitas anak yang dikeluarkannya berupa kolostrum. Kolostrum memiliki immunoglobulin A yakni zat antibodi pada bayi dari serangan bakteria atau kuman.

    Catatan medis menuturkan bahwa anak-anak yang mendapat prioritas ASI untuk kasus penyakit kanker lebih rendah. Menurut dugaan para ahli bahwa ASI pula dapat mencegah penyakit kelak anak beranjak dewasa misalnya diabetes tipe 1 dan 2. kolesterol tinggi, hipertensi dan sebagainya.Dengan demikian, bahwa pentingnya ASI untuk sistem kekebalan tubuh anak.

    Tidak hanya pemberian ASI saja, namun mesti ada asupan penunjang dalam meningkatkan daya tahan tubuh anak. Sistem daya tahan tubuh berkaitan dengan suplai makanan yang diberikan, misalnya dengan makanan kaya akan vitamin.

    Demikian pembahasan yang di buat kali ini tentang cara meningkatkan daya tahan tubuh anak. Semoga apa yang di muat kali ini dapat bermanfaat. Sekian dan terima kasih.
     
  2. katon

    katon Active Member

    Joined:
    Nov 19, 2015
    Messages:
    1,218
    Likes Received:
    91
    Trophy Points:
    48
    Betul, sampai saat ini ASI masih menjadi yg terbaik buat bayi/anak,,,
     
Loading...

Share This Page