Cara Menyelamatkan Ponsel yang terendam air

Discussion in 'Smartphone & Mobile Technologies' started by ihsansfd, Jun 26, 2015.

  1. ihsansfd

    ihsansfd Member

    Joined:
    Apr 5, 2015
    Messages:
    228
    Likes Received:
    48
    Trophy Points:
    28
    Di era modern zaman sekarang ini sudah banyak Smartphone yang dilengkapi dengan fitur waterproof atau anti air sehingga tidak jadi masalah bila suatu saat ponsel kita tercebur atau terkena air. Contoh ponsel yang memiliki kemampuan tersebut ialah Samsung S6. Namun bagaimana bila ponsel kita terendam air dan tidak waterproof? Pastinya Anda akan panik melihat ponsel Anda berenang di genangan air.

    [​IMG]

    Ilustrasi waterproof pada ponsel

    Namun jangan langsung panik begitu, karena kami akan menyediakan tips bagi Anda untuk memperbaiki ponsel yang tercebur tersebut.

    Cara menyelamatkan ponsel yang terendam oleh air

    1. Jangan coba-coba menyalakan handphone
    Jika ponsel Anda langsung mati setelah tersiram air, jangan terburu-buru untuk menghidupkannya, karena dalam keadaan menyala, air lebih cepat mengalir dan dapat mengakibatkan kerusakan pada sistem atau bagian-bagian penting. Tidak hanya itu, keadaan ponsel yang basah juga memicu terjadinya arus pendek. Jika ponsel Anda masih menyala, coba matikan dulu untuk mencegah kerusakan.

    Satu lagi yang harus diperhatikan, bila ponsel terkena air pada saat mengisi daya, lebih baik Anda jangan memegangnya terlebih dahulu. Langsung saja matikan aliran listrik yang merambat ke dalam ponsel.

    2. Lepaskan bagian-bagian cover (belakang)
    Hal kedua yang wajib Anda perhatikan adalah melepaskan bagian cover pada ponsel pintar Anda. Karena jika tidak, pemicuan arus pendek dapat meningkat. Bagian-bagian belakang pada ponsel biasanya terdiri dari: cover itu sendiri, baterai, kartu SIM, kartu SD, dan lain-lain.

    3. Keringkan handphone menggunakan kain yang memiliki daya hisap tinggi
    Saat handphone dalam keadaan basah, langsung saja Anda mencari kain lembuat yang memiliki daya hisap air yang tinggi seperti handuk. Sapulah seluruh bagian pada ponsel, tidak luput pada bagian belakangnya juga. Jangan pernah menggunakan hair dryer atau pengering rambut untuk mengeringkan ponsel Anda, karena ponsel yang panas bisa menjadi berbahaya pada sistem smartphone Anda.

    4. Gunakan bahan penyerap air
    Anda memiliki silica gel atau beras? kedua Bahan ini dapat membantu Anda dalam mengeringkan ponsel Anda. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu mengambil mangkuk yang terisi penuh oleh beras lalu rendam ponsel Anda dalam waktu 2-3 hari. Beras dan silica gel mempunyai kemampuan unik yaitu menyerap air dan melembabkannya. Sebetulnya silica gel memiliki daya penyerapan yang lebih efektir, namun jika Anda tidak mempunyai, beras bisa dijadikan alternatif.

    [​IMG]

    5. Pergi ke tukang tambal ban terdekat
    Mungkin Anda merasa heran kenapa mesti mengunjungi tukang tambal ban? Hal ini perlu dilakukan karena beberapa penambal ban memiliki alat kompresor. Carilah tambal ban yang memiliki alat tersebut, lalu mintalah untuk menyemprot menggunakan kompresor ke ponsel Anda.

    6. Coba hidupkan handphone
    Setelah semua cara di atas telah sukses dilakukan, coba Anda mulai menyalakan ponsel. Bila ponsel tidak bisa dinyalakan, coba lakukan charge. Bila masih tidak bisa juga, coba Anda mengunjungi service handphone yang professional dan terpercaya.

    Namun ingat yang paling penting jangan coba menyalakan ponsel bila keadaannya masih basah, karena Anda tidak perlu terburu-buru. Tunggulah ponsel hingga benar-benar kering, baru Anda dapat menyalakannya.

    Di sari melalui:
    http://www.indotipstricks.net/2015/06/cara-memperbaiki-handphone-yang-terkena-air.html
     
    Last edited by a moderator: Jul 1, 2015
  2. AquariuZ

    AquariuZ Active Member

    Joined:
    Apr 16, 2015
    Messages:
    1,006
    Likes Received:
    88
    Trophy Points:
    48
    @ihsansfd, tolong isi threadnya jgn cuma copy paste dari web anda, modifikasi sedikit biar bersosial juga ikut naik rating, bkn cuma ngejar backlink aja.. thanks

    kalo sekarang semua orang pasti sudah punya komputer, meski desktop, setelah hp di lepas semua cover belakangnya sampai baterai masukkan aja kedalam casing desktop selama sehari semalamam (kondisi komputer nyala dan dipakai ya, seperti saya komputer 24jam nyala mulu-red) besok pasti nyala dan kering. -pengalaman pribadi hp kecebur bak mandi-
     
  3. Liszton

    Liszton Member

    Joined:
    May 6, 2015
    Messages:
    537
    Likes Received:
    28
    Trophy Points:
    28
    Temen ane ada yang hpnya kecemplung oli, kira kira bisa selamat gak ya?
     
  4. duhil

    duhil New Member

    Joined:
    Jul 16, 2014
    Messages:
    62
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Tapi bukannya hair dryer itu pengering panas yang cepat ya, kan itu hanya untuk mengeringkan air saja ya kalau sudah kering tentu akan dijauhkan, apa itu masih berbahaya juga?
     
  5. dimengertiaja

    dimengertiaja Member

    Joined:
    May 21, 2015
    Messages:
    854
    Likes Received:
    30
    Trophy Points:
    28
    kok bisaaa?? *bingung* montir ya?*merokok1*
     
  6. Liszton

    Liszton Member

    Joined:
    May 6, 2015
    Messages:
    537
    Likes Received:
    28
    Trophy Points:
    28
    Iya, lagi ganti oli sambil nelpon hehehe
     
  7. dimengertiaja

    dimengertiaja Member

    Joined:
    May 21, 2015
    Messages:
    854
    Likes Received:
    30
    Trophy Points:
    28
    hadehhh ,, ulahh sendirii .
     
  8. sepakbola

    sepakbola Member

    Joined:
    Jul 31, 2015
    Messages:
    37
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    tips yang ini justru yang ane baru tau, jadi hp nya harus dibongkar dulu ya gan baru dimasukin ke dalem casing desktop ?
     
  9. AquariuZ

    AquariuZ Active Member

    Joined:
    Apr 16, 2015
    Messages:
    1,006
    Likes Received:
    88
    Trophy Points:
    48
    ya casing aja... kalo bongkar smua namanya bukan pertolongan sementara
     
Loading...

Share This Page