Cara Menyimpan Uang Dengan Baik

Discussion in 'Architecture' started by Boruto, Oct 19, 2017.

  1. Boruto

    Boruto New Member

    Joined:
    Oct 19, 2017
    Messages:
    6
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Cara Menyimpan Uang Dengan Baik - Sadarkah Anda menghabiskan uang 1 juta rupiah dengan bijak bisa jauh lebih sulit daripada menghasilkan uang 1 juta rupiah sekaligus. Menghabiskan uang itu memang gampang, namun menghabiskannya dengan baik itu tidaklah mudah.

    Dalam mengatur keuangan saya selalu mengingatkan 3 hal penting yaitu jangan berutang, habiskan uang dengan bijak, dan hasilkan uang dengan cara yang benar.

    Salah satu hal yang tidak kalah penting adalah menabung, saya sering melihat berbagai cara menyimpan uang dan menabung di internet seperti membuka 2 rekening, memakai celengan, dan semacamnya, namun kali ini saya akan berikan bagaimana cara menyimpan uang dengan baik.


    Tips dan Cara Menyimpan Uang dengan Baik


    · Catat semua pengeluaran yang ada dan tetapkan berapa jumlah uang yang harus Anda sisihkan setiap harinya.

    · Hindari memegang uang tunai terlalu banyak, jangan menyimpan uang terlalu banyak didompet, tidak perlu juga menggunakan celengan/2 rekening sekaligus (hanya buang-buang biaya), cukup gunakan 1 rekening dan pegang uang sesuai dengan kebutuhan untuk 1 hari itu saja.

    · Investasikan sisa uang yang ada untuk mencoba bisnis yang anda mengerti cara mainnya, atau depositokan di bank dan menyimpannya ke dalam brankas.

    · Siapkan juga dana cadangan (diluar investasi) direkening Anda sebagai uang darurat, hal ini untuk persiapan jika sesuatu yang tidak diduga-duga terjadi.

    Sebagai info tambahan menurut saya hal-hal dibawah ini bisa sangat menekan pengeluaran dan jauh menghemat biaya hidup Anda berkali-kali lipat dari orang biasa pada umumnya, yaitu:

    · Pindahkan tabungan Anda kerekening yang bunga dan biaya administrasi bulanannya lebih murah bahkan gratis.

    · Jangan berhutang/meminjam uang dan jangan menggunakan kartu kredit.

    · Jika ingin membeli suatu barang lebih baik beli secara online (online shopping) karena lebih hemat ongkos, waktu, tenaga dan biasa harganya pun jauh lebih murah (harga termurah biasanya ada di Tokopedia/Bukalapak).

    · Daripada beli barang/gadget baru, coba daur ulang atau perbaiki barang bekas yang masih layak pakai, atau jika memungkinkan jual dan tukar tambah dengan yang baru.

    · Berhenti merokok, minum-minum alkohol, dan hal-hal bodoh yang tidak ada gunanya untuk hidup Anda.

    · Lakukan cek dan perbandingan harga saat belanja online seperti menggunakan situs Telunjuk dan PriceArea.

    · Jika bisa masaklah makanan Anda sendiri.

    · Hentikan berbagai program langganan/bulanan yang tidak produktif untuk hidup Anda.

    · Stop menggunakan asuransi. Tergantung keperluan dan perspektif masing-masing orang, namun saya pribadi menganggap asuransi bukanlah investasi, jauh lebih baik menjaga kesehatan dengan hidup yang baik dan benar, selama Anda tidak melakukan yang aneh-aneh saya rasa asuransi hanya akan membuang-buang uang.

    · Beli motor/mobil yang hemat bensin, bukan untuk gaya-gayaan. Saya sedikit menyesal karena menggunakan kendaraan yang termasuk boros bensin dibanding merek lainnya, pada awalnya memang tidak terasa, namun setelah bertahun-tahun Anda akan terkejut berapa banyak uang yang bisa Anda hemat hanya untuk ongkos bensin tersebut.

    · Jika bisa sewakan kendaraan yang ada daripada kendaraan tersebut nganggur dirumah.

    · Coba perbaiki masalah/kerusakan yang ada dengan mencari solusinya di Google/internet terlebih dahulu. Banyak orang bingung dengan masalah sepele pada laptop/smartphonenya lalu membawanya ketukang servis, padahal jika mereka bersedia browsing sebentar diinternet kemungkinan besar mereka bisa membetulkannya sendiri. Bawalah ketukang servis jika memang Anda sudah mentok tidak menemukan solusinya sama sekali.

    Itulah cara-cara menabung secara efektif agar Anda bisa menyimpan dan menghabiskan uang yang Anda miliki dengan baik. Dengan menabung tentunya masa depan keuangan Anda akan lebih terjamin. Setidaknya Anda tidak akan terpuruk jika suatu saat kehilangan pekerjaan/dipecat tiba-tiba atau hal-hal yang buruk terjadi kepada Anda.

    Selain itu yang tidak kalah penting adalah menekan ego dan memantapkan keteguhan hati, karena realitanya menabung itu tidak semudah teorinya, setiap hari pasti ada saja godaan-godaan untuk berbelanja, online shopping dan sebagainya.

    Ironisnya banyak orang yang ingin menabung justru tidak pernah sempat menabung karena uangnya terus-terusan habis digunakan untuk membeli barang-barang yang tidak produktif/menghasilkan seperti gadget/fashion, aksesoris, dan semacamnya, bukan berarti Anda tidak boleh membeli barang-barang tersebut namun Anda harus terlebih dahulu memprioritaskan keperluan menabung diatas kebutuhan-kebutuhan sekunder/tersier yang ada.

    Ingat bahwa berapapun uang yang Anda miliki tidak akan pernah terasa cukup jika Anda tidak tahu bagaimana cara menghabiskannya dengan baik, maka dari itu belajarlah menggunakan dan memperlakukan uang Anda dengan lebih bijaksana, pada akhirnya bukan masalah berapa banyak uang yang Anda miliki, melainkan kualitas hidup seperti apa yang bisa Anda bangun dengan uang-uang tersebut.
     
  2. Lidyawati

    Lidyawati Member

    Joined:
    Oct 19, 2017
    Messages:
    59
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    Setuju Kang Bruto, Menyimpan uang seberapapun besarnya akan sulit jika pola hidup kita masih boros, misal sering jajan diluar mahal dll
     
Loading...

Share This Page