Cara Merawat Baterai Laptop Agar Awet dan Tahan Lama

Discussion in 'General Internet' started by ihsansfd, May 29, 2017.

  1. ihsansfd

    ihsansfd Member

    Joined:
    Apr 5, 2015
    Messages:
    228
    Likes Received:
    48
    Trophy Points:
    28
    Tahukah Anda fakta ini: rata-rata baterai pengguna laptop kondisinya mulai menurun hanya dalam 1-2 tahun pemakaian.

    Itu karena baterai tidak dirawat dengan optimal. Lantas, bagaimana cara merawat baterai yang optimal sehingga baterai bisa awet dan tahan lebih lama?

    Jawabannya adalah dengan rumus 4H4L. Apa itu 4H4L? Di bawah ini dijabarkan lebih lanjut.

    Cara Merawat Baterai Laptop Jitu

    Hindari!

    1. Main Laptop Sambil di-charge
    [​IMG]
    Banyak orang yang bermain laptop sambil diisi ulang atau di-charge. Biasanya karena enggak mau repot harus isi ulang ketika baterai laptop habis.

    Daripada itu, sebaiknya hindari kebiasaan tersebut karena bisa memperpendek umur si baterai. Bukan hanya itu, charging baterai sambil digunakan juga dapat meningkatkan suhu sehingga laptop mudah panas dan rusak.

    Isi ulanglah saat laptop dalam keadaan mati karena dapat mempercepat pengisian, suhu stabil, dan mencegah penurunan kualitas baterai.

    2. Mengisi Ulang Saat Baterai Belum Habis
    Ada juga pengguna laptop yang acap melakukan isi ulang ketika baterainya masih 50%, 60%, bahkan 90%. Hal ini bukanlah kebiasaan yang baik.

    Sebagai informasi, penurunan kualitas baterai berbanding lurus dengan banyaknya intensitas pengisian ulang. Saat ini, jenis baterai yang digunakan laptop pada umumnya adalah Lithium ion (li-on) yang mana hanya bisa mempertahankan kualitas untuk 400 sampai 600 kali isi ulang. Saat sudah melewati rentang angka tersebut, maka akan terjadi penurunan kualitas baterai.

    Baterai yang diisi dari 90% ke 100% dan dari 1% ke 100% dianggap sama yaitu sebagai satu kali isi ulang. Oleh karena itu, mengisi ulang saat baterai laptop hampir habis jauh lebih baik daripada masih setengah atau seperempat karena dapat mengurangi intensitas pengisian ulang baterai.

    3. Menaruh Laptop di Atas Bahan Halus
    Laptop memiliki sirkulasi udara pada bagian bawahnya. Tiap kali laptop beroperasi, ia akan mengeluarkan udara panas yang berasal dari prosesor. Sementara itu, alas-alas seperti kasur, sofa, atau karpet mempunyai kemampuan menyerap panas. Bisa dibayangkan, suhu panas bakal bersarang ketika laptop ditaruh di atas alas-alas berbahan lembut tersebut.

    Mulai sekarang, perbaiki alas duduk laptop kamu. Alas-alas duduk yang bagus adalah yang memiliki kemampuan membuang panas, bukan menyerap panas. Ciri utamanya, alas tersebut berbahan kasar dan kuat seperti kayu, keramik, dan sebagainya.

    Baca selengkapnya: Cara Merawat Baterai Laptop - BahasTeknologi
     
    Rifa Firmansyah likes this.
  2. rosyad

    rosyad Active Member

    Joined:
    Dec 30, 2016
    Messages:
    1,109
    Likes Received:
    84
    Trophy Points:
    48
    Mantap den, , , spertinya ini cara ngerawat setiap batre. Tidak cuma laptop.
    Mendingan pake sumber saja den, nnti kena marah petinggi bersosial, soalnya ini forum diskusi.
     
  3. imanjagoa

    imanjagoa Member

    Joined:
    Mar 29, 2016
    Messages:
    460
    Likes Received:
    45
    Trophy Points:
    28
    kyaknya hampir semua yang harus di hindari ane lakuin deh,, untung aja ada ini nih.. maksih gan
     
  4. mlxjakarta

    mlxjakarta Active Member

    Joined:
    Jan 4, 2016
    Messages:
    1,587
    Likes Received:
    72
    Trophy Points:
    48
    klo lagi kerja gimana dong, klo baterainya habis harus berenti kerja dulu ya?
     
  5. Yundar

    Yundar Member

    Joined:
    Feb 18, 2016
    Messages:
    372
    Likes Received:
    40
    Trophy Points:
    28
    mending di lepas batrainya..ibarat kayak PC aja.. batrai di simpen..
     
  6. Kang Aceng

    Kang Aceng Member

    Joined:
    Aug 5, 2016
    Messages:
    301
    Likes Received:
    24
    Trophy Points:
    18
    Kebiasaan ane nih kayak gini. *kacau*
     
  7. renderware

    renderware Active Member

    Joined:
    Dec 22, 2014
    Messages:
    1,155
    Likes Received:
    77
    Trophy Points:
    48
    Mending full artikel den kalau share disini, soalnya nanti melanggar rule. Btw blog-nya bagus, saya sudah kunjungi tadi :D
     
    Last edited: Jun 1, 2017
  8. gerijogja

    gerijogja Member

    Joined:
    Mar 19, 2017
    Messages:
    136
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    18
    ini yang paling sering saya lakukan, pantes aja batrai laptopku cpt rusaknya.
     
  9. Andre

    Andre Member

    Joined:
    Apr 12, 2013
    Messages:
    483
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
  10. terimakasih yah gan infonya, sangat membantu sekali*keren2*
     
Loading...

Share This Page