Cara Merawat Burung Agar Gacor

Discussion in 'Pets' started by Kicau Mania, Jun 23, 2014.

  1. Kicau Mania

    Kicau Mania New Member

    Joined:
    Jun 22, 2014
    Messages:
    13
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    3
    Google+:
    Sebagai penggemar kicau mania, tentunya sangat menginginkan burung peliharaan yang dibeli dan dirawat bisa menang pada setiap lomba burung. Itu kan harapannya, tetapi pada praktenya merawat burung biar rajin bunyi alias gacor itu tidak semudah membalikan telapak tangan.

    Burung adalah jenis hewan yang tergolong mudah sekali mengalami stress [gak orang aja ko yang bisa stress]. Jika burung kesayangan kita sering mengalami stress, maka akan berpengaruh terhadap staminanya sehingga burung menjadi lebih banyak diam ketimbang berkicau.

    Untuk itu jelas perawatan yang benar harus dipahami betul untuk setiap jenis burung peliharaan yang anda rawat. Karena setiap burung memiliki karakter berbeda dengan burung lainnya walaupun jenisnya sama. Dengan memahami karakter masing-masing burung, maka kita bisa memberikan cara perawatan mana yang cocok untuk burung tersebut.

    Misalnya anda mempunyai Burung Kacer yang sudah gacor atau rajin bunyi. Nah perawatan untuk kacer tersebut belum tentu akan cocok jika diberikan perawatan yang sama untuk burung Kacer yang lain. Karena sebetulnya tidak ada cara terbaik yang pasti untuk merawat setiap burung, ya paling tidak kita memilih cara tepat yang paling mendekati karakter burung yang dimiliki.
    • Kebersihan Kandang Burung Perlu Dijaga. Burung apapun yang anda pelihara, perhatikan dan jaga kebersihan kandangya setiap hari. Ini penting untuk menghindari penyakit pada burung. Seperti penyakit 'Tungau Merah' dan 'Tungau Kaki'. Kebersihan kandang burung juga sangat berpengaruh sekali terhadap mood burung itu sendiri [ toh burung juga makhluk hidup yg punya naluri].
    • Persediaan Makan Yang Cukup. Makanan jelas faktor utama paling penting yang harus selalu diperhatikan ketersediaanya pada tempat pakan burung untuk setiap harinya. Selain makanan pokok, perhatikan juga makanan tambahan atau Extra Fooding (EF). Seperti ulat, kroto,cacing, voer, dll. Juga berikan makanan tambahan alami yang memiliki nutrisi dan vitamin seperti buah-buahan. Contohnya pepaya, apel, pisang dll. Makanan pokok ataupun makanan tambahan harus diperhatikan dan cari yang benar-benar cocok untuk burung yang anda pelihara.
    • Persediaan Air Minum Yang Bersih. Air minum merupakan sumber hidup untuk burung yang juga sangat penting untuk selalu diperhatikan kebersihannya. Pastikan mengganti persediaan air minum pada tempat minum burung untuk setiap harinya, dan jangan sampai burung kekurangan konsumsi air minum. Seperti burung Kenari yang tidak bisa hidup jika kekurangan air dalam 24 jam.
    • Pelatihan Dan Pemasteran Suara. Setelah melakukan beberapa hal penting di atas, penting juga untuk dengan disiplin atau secara teratur dan konsisten melatih burung dengan memperdengarkan suara burung yang sudah gacor. Istilahnya pemasteran, ini dapat dilakukan dengan menempatkan burung dengan burung yang lain yang sudah rajin bunyi. Bisa juga dilakukan dengan memperdengarkan suara burung dari rekaman suara. Bisa dengan ponsel ataupun Gadget musik seperti mp3. Pelatihan ini harus dilakukan secara rutin.
    • Mandikan Burung. Mandi merupakan aktifitas alami bagi setiap burung. Sebab itu memandikan burung kesayangan anda secara rutin dan teratur juga sangat penting. Selain untuk menjaga kebersihan burung dengan memandikannya. Hal ini juga untuk membuat bulu burung mengkilap dan terlihat segar.
    Itulah tip-tips dasar tentang bagaimana cara merawat burung agar gacor atau agar burung yang dirawat mau buka paruh dan rajin bunyi. Hal penting lainya adalah kesabaran. Sebagai hewan yang terbiasa hidup bebas di alam liar burung merupakan makhluk hidup yang memiliki karakter dan naluri berbeda. Oleh sebab itu, tentu akan sangat dibutuhkan kesabaran, tekun dan ulet dalam merawat burung peliharaan anda. Semoga apa yang saya jelaskan bisa membantu terutama bagi anda yang gemar merawat burung berkicau.

    sumber : cara merawat burung
     
    Last edited: Jun 23, 2014
    droidplus and Chefnesz like this.
  2. Ardilas

    Ardilas Super Level

    Joined:
    Feb 18, 2013
    Messages:
    4,245
    Likes Received:
    317
    Trophy Points:
    83
    Google+:
    LOL bahasanya.. Nggacor.
     
  3. Kicau Mania

    Kicau Mania New Member

    Joined:
    Jun 22, 2014
    Messages:
    13
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    3
    Google+:
    Kalo di jawa mungkin ya mas, tapi saya orang sunda jadi bahasanya "gacor" kalo dijawa minta aja kan pake n' njaluk. kalo di sunda jaluk gan . Trus coba aja gunakan google, ketik kata "gacor" gak salah ko. koreksi di google kalo ane salah@Ardilas
     
  4. Ardilas

    Ardilas Super Level

    Joined:
    Feb 18, 2013
    Messages:
    4,245
    Likes Received:
    317
    Trophy Points:
    83
    Google+:
    Oh iya di Jawa itu Nggacor. Ternyata anda memakai bahasa Sunda ya, emang sih.. Jawa ama Sunda sebetulnya banyak persamaan.
    Lucu aja ketika baca judulnya, tidak mainstream.
     
  5. yulia

    yulia Member

    Joined:
    May 5, 2014
    Messages:
    103
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    18
    Yang butuh vitamin penggacor saya ada nih!
     
Loading...

Share This Page