Cara Merawat Tas Kulit Tanpa Ribet

Discussion in 'General Lifestyle' started by Josua Rifandy Siahaan, Dec 8, 2019.

  1. Josua Rifandy Siahaan

    Josua Rifandy Siahaan New Member

    Joined:
    Jul 12, 2015
    Messages:
    20
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    [​IMG]

    Tas merupakan bagian dari fesyen yang akan menambah nilai pada penampilan. Masalah tas yang keren zaman sekarang bukan hanya ranah kaum hawa saja tetapi juga sudah menjadi tren di kalangan pria. Tas kulit, salah satu jenis item yang akan membuat penampilan menjadi lebih elegan baik pria atau wanita. Agar bisa awet ketahui bagaimana cara merawat tas kulit dengan benar.

    Sudah menjadi rahasia umum harga tas dari kulit tidaklah murah sehingga sayang kalau sampai rusak. Kerusakan sedikit saja akan mengurangi penampilan dari tas tersebut. Otomatis akan mengurangi juga penampilan dari orang yang memakainya. Itulah alasannya mengapa tas kulit milik Anda harus selalu dirawat agar tetap dalam kondisi terbaiknya.

    Mungkin yang ada dalam pikiran kita merawat tas kulit itu susah dan ribet padahal kenyataannya tidak seperti itu. Anda bisa melakukan tips dan cara merawat tas kulit tanpa ribet seperti berikut ini.

    Tips Mudah Merawat Tas Kulit

    Hindarkan dari Sinar Matahari Langsung

    Kalau ingin tas kulit awet dan tetap bagus kondisinya jagalah dari paparan sinar matahari secara langsung. Sinar matahari yang mengenai permukaan tas dalam jangka waktu lama akan membuat warnanya menjadi pudar. Karakter dari kulit memang tidak tahan dengan panas matahari yang akan membuatnya retak dan mengelupas.

    Hindarkan dari Percikan Air

    Sama halnya dengan paparan sinar matahari, percikan air juga harus dihindari dalam cara merawat tas kulit. Air yang mengenai permukaan tas kulit bisa menyebabkan masalah karena kelembapannya. Kondisi lembab akan membuat tas berjamur, retak dan rusak. Air apapun itu baik air biasa ataupun air hujan adalah musuh bagi tas kulit Anda.

    Bersihkan Dengan Cara yang Benar

    Merawat tas kulit sebenarnya bisa dimulai dari sesuatu yang mudah yaitu segera bersihkan jika ada noda. Adanya noda pada permukaan tas dan tidak segera dibersihkan akan menimbulkan bercak-bercak yang bisa merusaknya. Bersihkan tas dengan menggunakan body lotion atau baby oil. Jangan lupa bersihkan juga bagian-bagian tersembunyi pada tas seperti pada lekukan dan sebagainya.

    Keringkan Secara Alami

    Bagaimana mengeringkan dengan benar termasuk cara merawat tas kulit secara tepat. Kalau tas lembab atau basah setelah dibersihkan jangan langsung disimpan karena bisa mengundang jamur. Keringkan dulu tas kulit Anda dengan cara alami yaitu cukup diangin-anginkan saja di tempat yang teduh. Biarkan tas kering dengan sendirinya baru kemudian disimpan.

    Pakai Lap Khusus Microfiber

    Agar permukaan tas kulit tidak tergores saat dilap atau dibersihkan jangan sembarangan menggunakan kain. Anda harus menggunakan kain yang memiliki permukaan halus untuk mengelap dan membersihkan tas kulit. Tidak disarankan memakai tisu untuk membersihkan tas karena teksturnya masih terhitung kasar dan bisa menggores. Gunakan kain microfiber yang permukaannya halus dan lembut.

    Kain lap yang terbuat dari microfiber tersebut selain memiliki permukaan yang lembut juga bagus dalam penyerapan kotoran. Sehingga hasilnya akan benar-benar bersih dan bebas dari goresan. Hindari membersihkan tas kulit dari tisu basah karena kandungan kimia didalamnya tidak baik untuk permukaannya.

    Hindari Pemakaian Deterjen

    Cara merawat tas kulit selanjutnya adalah dengan menghindari pembersihan menggunakan deterjen. Kandungan zat kimia pada deterjen bisa merusak tas kulit dan butirannya terlalu kasar. Residu pada deterjen bisa mengakibatkan permukaan kulit tersumbat dan kemudian menjadi pecah-pecah. Selain itu deterjen akan membuat permukaan tas kulit menjadi kering dan retak.

    Gunakan Silica Gel

    Penggunaan silica gel akan mengurangi kelembapan pada tas kulit sehingga bisa membuatnya lebih awet. Jadi jangan buang silica gel yang ada di dalam tas saat Anda membelinya. Banyak orang yang masih belum mengetahui fungsi dari silica gel dalam cara merawat tas kulit dengan benar sehingga membuangnya.

    Fungsi dari silica gel tersebut terutama adalah ketika tas kulit tidak terlalu sering Anda gunakan. Saat penyimpanan silica gel akan mengurangi kelembapan dan bau apek yang bisa terjadi pada tas kulit.

    Simpan Tas Dengan Benar

    Agar tas kulit tetap berada dalam kondisi terbaiknya simpan dengan cara yang benar. Sebelum disimpan pastikan tas dalam kondisi kering dan bersih agar tidak berjamur. Berikan gumpalan kertas pada tas tapi jangan gunakan koran. Kemudian simpan dalam dustbag atau kotak bawaan saat membeli tas. Simpan pada tempat kering dan bersih, jangan ditumpuk karena bisa merusak bentuknya.

    Lebih Sering Memakainya

    Lebih baik jangan membeli tas kulit kalau Anda hanya akan menyimpannya saja. Justru salah satu cara merawat tas kulit adalah dengan memakainya sesering mungkin. Menyimpan tas dalam jangka waktu yang lama hanya akan membuatnya lebih lembab dan memperbesar kemungkinan tumbuhnya jamur. Artinya akan mempercepat tas kulit Anda menjadi rusak.

    Salah satu kunci perawatan tas kulit agar bisa tetap awet dan bagus kondisinya adalah membersihkannya dengan benar. Termasuk bagaimana cara membersihkan bagian lipatan atau tekukan pada tas tersebut. Inilah beberapa tahapan yang bisa Anda coba dalam cara merawat tas kulit yaitu bagaimana membersihkan bagian lipatannya.
     
Loading...

Share This Page