Cara Mudah Agar Laptop yang Kamu Beli Tidak Mudah Rusak

Discussion in 'Computer' started by Agreside, Mar 20, 2021.

  1. Agreside

    Agreside Member

    Joined:
    Jan 29, 2021
    Messages:
    117
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]


    Sama seperti barang elektronik lainnya, laptop juga akan mudah rusak jika kamu tidak bisa menjaganya dengan benar. Padahal jika laptop dirawat dengan baik, laptop masih dapat dijual kembali di lain kesempatan dengan harga yang tidak terlalu jatuh.

    Akan tetapi mau dijual ataupun tidak, laptop tidak akan berguna jika sudah rusak. Nah, demi mencegah laptop yang kamu miliki cepat rusak, pada kesempatan kali ini AGRES.ID akan coba membahas tentang cara mudah agar laptop yang kamu beli tidak mudah rusak.

    Cara Mudah Agar Laptop yang Kamu Beli Tidak Mudah Rusak

    Berikut ini adalah cara-cara yang bisa kamu lakukan agar laptop yang baru kamu beli tetap awet dan tidak mudah untuk rusak :

    1. Gunakan Koneksi Listrik yang Stabil

    Laptop sama seperti barang elektronik lainnya yang menggunakan arus listrik agar dapat menyala. Mungkin sedikit perbedaan antara laptop dan barang elektronik lainnya adalah adanya baterai yang memungkinkan laptop dapat menyala tanpa bantuan arus listrik langsung.

    Tapi dalam urusan ketahanan, laptop juga sama dengan beberapa elektronik lainnya yang bisa saja rusak sewaktu-waktu bila arus listrik yang mengalir tidak stabil.

    Contohnya saja saat kamu menyalakan laptop tanpa baterai yang terpasang (biasanya suka ada yang tidak pasang baterai laptop dengan alasan agar baterai laptop awet). Nah, pada saat aliran listrik tersambung dan tidak stabil, maka laptop yang kamu pakai bisa mati mendadak jika listrik padam. Jika kejadian seperti ini berulang kali terjadi, maka hanya menunggu waktu saja sampai laptop yang kamu miliki rusak bagian dalamnya.

    Tips dari kami agar laptop yang kamu miliki tetap awet dan tidak mudah rusak, maka jagalah selalu aliran listrik untuk tetap stabil pada saat pemakaian laptop. Kemudian jangan pernah menyalakan laptop tanpa baterai yang terpasang. Sebab jika hal tersebut terjadi akan menyebabkan beberapa komponen dalam laptop menjadi rusak bila seringkali arus listrik terputus.

    2. Jangan Biarkan Laptop Panas

    Cara kedua yang patut kamu perhatikan juga bila tidak ingin laptop mudah rusak adalah dengan cara tidak membiarkan laptop yang kamu miliki selalu dalam keadaan panas. Sebagai contoh, biasanya banyak yang menggunakan laptop dengan alas sembarangan seperti di atas kasur, di atas karpet, hingga meja kayu.

    Padahal jika laptop menggunakan alas seperti yang disebutkan di atas, maka laptop mudah sekali panas. Jika dibiarkan saja, maka lama kelamaan processor bisa mengalami overheating, yakni suatu proses yang menyebabkan processor mendapatkan suhu panas berlebih yang mengharuskan dirinya untuk mematikan sistem secara otomatis guna menghindari berbagai hal yang tidak diinginkan.

    Bila processor pada laptop terus menerus mengalami panas berlebih seperti ini, bukan tidak mungkin lama kelamaan akan terbakar alias gosong dan pada akhirnya rusak.

    Jadi, sebaiknya gunakan alas yang benar seperti meja kaca, keramik, ataupun cooling pad. Agar lebih aman, saran dari kami sebaiknya gunakanlah cooling pad ya.

    3. Bersihkan dengan Hati-Hati

    Terakhir, cara yang bisa kamu lakukan juga agar laptop yang baru kamu beli tidak mudah untuk rusak adalah dengan cara bersikap hati-hati pada saat membersihkan laptop.

    Jika kamu ingin membersihkan laptop, sebaiknya bersihkan dengan kain khusus dan tidak asal. Gunakan kain yang lembut sehingga tidak menyebabkan permukaan laptop jadi tergores. Jika kamu ingin membersihkan layar, sebaiknya tidak menyemprot langsung layar dengan air maupun membasuhnya dengan lap basah.

    Selain dapat menyebabkan rusak bila sampai ada air yang masuk pada layar, layar laptopmu juga bisa jadi buram bila ada sampai air yang masuk pada pori-pori layar laptop.

    Saran dari kami, bersihkanlah laptop dengan hati-hati ya, jangan sampai layar laptop milikmu rusak.

    Demikian adalah 5 cara yang bisa kamu aplikasikan pada laptop yang kamu miliki. Dengan menerapkan cara-cara di atas dengan benar, maka laptop yang kamu miliki tidak akan mudah untuk rusak.

    Meski sudah tahu beberapa cara di atas, tidak ada salahnya kamu tetap menggunakan laptop dengan hati-hati. Karena bagaimanapun juga, laptop dapat menjadi aset kamu yang berharga jika digunakan dan dirawat dengan benar.

    Sumber :
    https://agresblog.blogspot.com/2021/03/cara-mudah-agar-laptop-yang-kamu-beli.html
    https://www.agres.id
     
Loading...

Share This Page