Cara Mudah Bersihkan Motor Trail dengan Sempurna!

Discussion in 'Otomotif' started by Budimola, Sep 13, 2019.

  1. Budimola

    Budimola Member

    Joined:
    May 27, 2019
    Messages:
    395
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]

    Mayoritas pecinta adventure dan juga para petualang di jalan offroad pasti memiliki motor trail. Nah, karena digunakan di medan yang penuh tanah dan batu, motor trail jelas akan sering sekali kotor.

    Well, menjaga kebersihan motor ternyata termasuk salah satu usaha untuk membuat motor jadi lebih awet dan tidak mudah rusak lho. Karena itu, Anda sebaiknya sering membersihkan motor kesayangan setelah digunakan untuk menjelajahi medan offroad yang penuh tantangan.

    Mencuci motor trail pun ternyata tidak boleh sembarangan. Ada beberapa hal penting yang wajib diperhatikan agar tak malah membuat motor jadi rusak. Agar lebih aman, yuk intip langkah mudah membersihkan motor trail kesayangan kalian.


    Cuci Motor Trail Pakai Air Dingin
    [​IMG]
    Pakailah air dingin dan semprot langsung dari selang

    Nah, air terbaik yang sebaiknya digunakan untuk cuci motor trail adalah air dingin. Cuci motor trail Anda dengan air langsung dari semprotan selang, mencucinya dengan semprotan sedang, karena semprotan yang terlalu kencang nantinya berisiko merusak komponen motor.

    Memang benar jika semprotan kencang atau yang bertekanan tinggi bisa membersihkan kotoran yang melekat dengan lebih cepat dan bersih, tapi tekanan yang tinggi juga bisa menyebabkan seal dan komponen elektrik terganggu jika terkena.

    Satu hal penting yang perlu dicatat adalah hindari mencuci motor saat mesin masih panas. Hindari menyiram mesin dan knalpot yang masih panas. Ini bisa menyebabkan blok mesin retak dan kerusakan pada krom serta lapisan nikel. Tunggu sampai motor dingin dulu, baru kemudian cuci dengan air dingin.


    Pakai Deterjen
    Agar hasil cuci lebih maksimal dan bersih jangan lupa untuk menggunakan deterjen. Sangat disarankan untuk menggunakan deterjen khusus untuk motor dan netral.

    Campurkan deterjen dengan air dan pakai sponge yang lembut untuk membersihkan motor trail kesayangan. Jika perlu Anda juga bisa menggunakan degreaser untuk membersihkan oli dan juga grease yang menempel pada motor.

    Bersihkan daerah yang benar-benar kotor terlebih dahulu. Biasanya bagian ban, spakbor dan mesin adalah yang paling kotor, setelah itu barulah beranjak ke bagian bodi. Lanjut baca ulasan selengkapnya disini.
     
Loading...

Share This Page