Cara Mudah Membangun Backlink ala Pakar SEO

Discussion in 'General Internet' started by ihsansfd, Oct 24, 2015.

Tags:
  1. ihsansfd

    ihsansfd Member

    Joined:
    Apr 5, 2015
    Messages:
    228
    Likes Received:
    48
    Trophy Points:
    28
    UPDATE
    ini merupakan update-an dari artikel sebelum

    Ada user yg meminta trafik blog saya (@khalimandor). Sebelumnya saya ingatkan dulu, saya membuat thread ini bukan untuk memaksa Anda untuk memakai teknik saya, BUKAN! Saya hanya sharing, berbagi pengalaman dalam melakukan link building, meski beberapa teknik saya sembunyikan dan khawatir membuat thread terlalu panjang. Perlu diketahui juga saya masih pemula.

    Tapi kalau memang penasaran sekali, ya sudah ini saya kasih lihat screenshot pengunjung blog yang berdiri selama tiga bulan ini.


    [​IMG]
    [​IMG]



    Pengertian backlink - Backlink adalah salah satu dari kategori SEO off page. Merupakan suatu proses atau kegiatan menamam URL (Uniform Resource Locator) pada situs lain untuk memperoleh SERP (search engine result page)/ halaman pencarian yang diinginkan. Backlink ini sangat penting peranannya dalam SEO (search engine optimization. Backlink sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu backlink natural dan backlink manual.

    Website sering menggunakan berbagai teknik backlink untuk meningkatkan kepadatan jumlah backlink yang merujuk pada situs web mereka. Beberapa metode gratis untuk digunakan kepada semua orang, sedangkan beberapa metode, seperti linkbaiting, memerlukan sedikit perencanaan dan pemasaran online untuk bekerja. Beberapa situs web tersandung pada "linkbaiting" secara natural (alami); situs yang pertama dengan berita menarik 'Berita' tentang seorang selebriti adalah contoh yang baik itu. Ketika "linkbait" dilakukan, banyak situs akan menautkan ke website karena ada informasi di sana yang ekstrim menarik sejumlah besar orang.
    Sumber: Wikipedia.org

    Selama mesin penelusur seperti Google, Bing, Yahoo! dan lainnya masih hidup dan belum tergantikan, peranan backlink masih sangat diperlukan sampai saat ini. Namun penanaman backlink yang tidak tepat akan menyebabkan situs web/ blog Anda diabaikan oleh mesin pencari (terutama Google yang sangat agresif dengan kecurigaan backlink 'manual').

    Backlink secara manual terbagi menjadi dua jenis, yaitu white hat dan black hat. White hat merupakan teknik mencari backlink yang pada dasarnya disukai oleh Google. Sebaliknya, black hat merupakan teknik SPAM untuk memanipulasi Google dengan tujuan untuk mempercepat perkembangan ranking di halaman pencarian. White hat susah dicari, makanya para webmaster lebih suka black hat walau mengandung risiko yang besar untuk masuk ke penalti Google. Walau demikian, white hat sangat bersih dan risiko terkena 'hukuman' penalti dari Google sangat kecil karena backlink terkandung dari cara yang aman.

    Agar Anda tidak terjebak, berikut link building yang dikategorikan sebagai black hat yang tidak baik.
    • Private blog network (PBN).
    • Redirect 301.
    • Guest blog secara berlebihan di situs web berkualitas rendah.
    • Submit artikel di direktori dan press release.
    • Web 2.0 yang hanya terdiri dari satu sampai dua buah artikel.
    • Membeli backlink (menggunakan jasa backlink).
    • Linkwheel.
    • Spam di forum.
    • Spam di komentar blog.
    • Submit ke sosial bookmark secara berlebihan.
    • High OBL (Situs web yang mengeluarkan banyak tautan keluar, kebanyakan tautan tersebut menautkan pada situs ilegal).
    • Dan lain-lain.

    Lebih baik Anda tinggalkan teknik black hat di atas demi kesehatan blog Anda. Hukuman dari Google tidak tanggung-tanggung untuk pengguna teknik di atas. Google sudah mempersiapkan banyak prajurit seperti Google Penguin, Sandbox, dan sebagainya. Saya pun pernah terkena dampaknya, dan akhirnya membutuhkan waktu lama untuk memulihkannya.

    Sedikit lanjutan mengenai black hat. Black hat ditemukan oleh para praktisi SEO yang selalu mencari cara untuk berhasil melakukan tekniknya untuk mendapatkan ranking yang diinginkannya di Google. Teknik hitam ini memanfaatkan celah-celah yang belum diketahui Google. Namun celah tersebut semakin sempit karena Google caranya dalam menentukan posisi di halamannya. Hal ini biasa disebut algorithm atau dalam bahasa Indonesia disebut algoritma.

    Jadi, saya bisa katakan bahwa memakai teknik black hat hampir percuma, karena penentuan ranking di Google selalu berubah-ubah. Beda dengan white hat, apapun perubahannya, kualitas tetap kualitas. Jadi Anda akan selalu berada pada zona aman jika memakai teknik white hat, walau hasilnya terkadang lebih lambat.

    Sebenarnya bagaimana sih faktor backlink yang berkualitas itu? Ternyata Google menyukai backlink yang seperti di bawah ini.

    Faktor utama backlink yang berkualitas


    1. Anchor text

    Anchor text merupakan tulisan tayangan dari hyperlink atau link yang ditanamkan. Contoh: Apa Itu SEO - Pengertian SEO, IndoTipsTricks.Net | Gudang Informasi serta Tips dan Trik, dan lain-lain.

    Pemasangan anchor text yang tepat dapat membuat situs Anda memperoleh poin plus. Gunakan anchor text yang mengandung kata kunci yang RELEVAN pada situs web/ blog Anda. Tapi terkadang, anchor text juga tidak harus menggunakan kata kunci. Anda bisa menggunakan brand situs Anda. Sebagai contoh; INDOTIPSTRICKS.NET, JalanTikus, dan lain-lain. Selain brand, Anda juga dapat menautkan 'naked' URL. Seperti; http://www.bersosial.com, http://www.google.com. Penanaman seperti ini sangat dianjurkan, jadi jangan selalu menggunakan kata kunci pada anchor text.

    2. Sumber backlink

    Sumber backlink ini merupakan faktor important (penting sekali) untuk kemajuan situs Anda. Bila Anda menanamkan backlink tidak pada tempat yang benar, maka mesin pencari terutama Google akan memberikan hukuman terhadap situs Anda. Hukuman yang diberikan beragam, mulai dari penalti seperti Sandbox dan Deindex, dan lain-lain.

    Jadi sumber backlink seperti apa yang berkualitas? Coba Anda lihat di bawah ini.
    Situs web terkenal: Seperti Facebook, Google, YouTube, dan lainnya.
    Situs web yang relevan atau satu niche: Satu niche di sini maksudnya adalah situs dengan situs yang ditanamkan backlink mempunyai topik yang sama.
    Blog 2.0: Seperti Blogger, Wordpress, Joomla, dan sejenisnya.
    Situs yang memiliki DA, PA, PR, dan backlink yang tinggi: DA yang tinggi adalah di atas 40, sedangkan PA yang tinggi adalah di atas 35. Untuk PR di atas 3, dan backlink di atas 7.000
    Dari situs web .EDU dan .GOV: Google sangat menyukai kedua situs tersebut, dan biasanya situs tersebut memiliki PR yang tinggi. Jadi usahakan pada setiap situs memiliki beberapa backlink dari .EDU dan .GOV

    3. Jumlah backlink

    Walau backlink sangat diperlukan, tetap ada aturan pemakaiannya, seperti jumlah backlink. Jumlah backlink yang terlalu banyak menyebabkan situs Anda dianggap SPAM oleh Google. Google akan mendeteksi bahwa optimasi yang dilakukan berlebihan, sehingga Anda akan dimasukkan kedalam PENJARA milik Google.

    Menurut beberapa pakar SEO, backlink ditanamkan per hari dengan 'takaran' secukupnya saja. Misal, sehari menanamkan 1-5 backlink maka situs Anda masih dikatakan normal oleh Google.

    Bagaimana cara mengecek backlink? Mudah sekali, Anda bisa menggunakan tools Ahrefs. Caranya masukkan situs Anda ke kolom yang disediakan, lalu klik tombol SEARCH LINKS. Maka nanti akan tampak jumlah backlink pada situs Anda.

    Tools lain untuk mengecek backlink adalah: backlinkwatch.com, monitorbacklinks.com, dan lain-lain.

    4. Rel nofollow dan dofollow

    Banyak blogger/ webmaster yang menganggap bahwa tautan yang bersifat nofollow sudah tidak berlaku lagi atau sudah mati. Kenyataannya, ternyata tautan nofollow dapat membantu menyeimbangkan dengan tautan dofollow.

    Lebih baik sebelum lebih jauh lagi, kita kenali dulu apa itu nofollow dan dofollow. Nofollow adalah tautan yang tidak akan dirayapi oleh mesin pencari, sedangkan dofollow adalah tautan yang akan dirayapi oleh mesin pencari dan memberi nilai tambahan terhadap situs Anda.

    Menurut pakar SEO, tautan nofollow tetaplah dibutuhkan untuk memberi keseimbangan agar Google tidak 'mencurigai' situs Anda. Jelas saja, masa' ada situs yang memiliki backlink ribuan dan isinya dofollow semua? Pastinya Google akan curiga bukan?

    Persentase nofollow yang disarankan adalah 30-50%

    Tadi kita sudah membahas tentang faktor yang membuat situs Anda dinilai baik oleh mesin pencari, terutama Google tentunya. Sekarang mari kita bahas topik utama kita yakni macam-macam teknik backlink yang tepat yang dapat Anda terapkan.

    5. Low OBL

    Ya tentu saja, OBL rendah. Seperti tadi yang sudah saya katakan, OBL merupakan tautan keluar. Google tidak menyukai situs web yang terlalu banyak memiliki tautan keluar, dan Google akan menge-capnya sebagai situs SPAM. Seperti yang diketahui, Google tidak suka SPAM, kalau Anda menanam backlink di situs SPAM berarti Anda terkena dampaknya juga.

    Jadi, tanamlah backlink pada situs yang memiliki OBL rendah alias tautan keluar yang sedikit. Konten banyak, tautan keluar sedikit, ini yang disukai Google.

    6. DA, PA, dan PR tinggi

    DA (Domain authority), PA (Page authority), dan PR (PageRank) merupakan sebuah nilai situs web. Ketiganya memiliki peranan penting, lebih baik Anda menanam backlink pada situs yang memiliki DA, PA, maupun PR yang besar.

    Menurut pakar SEO, DA yang tinggi adalah 40 ke atas, PA yang tinggi adalah 40 ke atas, dan PR yang tinggi adalah 3 ke atas.

    Bagaimana cara mengecek DA, PA, dan PR? Sangat mudah, Anda bisa menggunakan multipagerank.com. Silakan Anda masukkan situs web yang ingin dilihat dan klik tombol Check.

    7. Top level domain (TLD)

    Siapa sangka Google lebih senang dengan backlink yang berasal dari situs berdomain TLD ketimbang yang masih tergantung dengan web 2.0 seperti blogspot.com, wordpress.com, dan lain-lain. Hal ini bukan berarti kita tidak perlu memasang backlink melalui domain 2.0, BUKAN! Tetap
    i, selain membangun backlink pada web 2.0, jangan lupa bangun jugapada situs ber-domain TLD.

    Cara mendapatkan backlink berkualitas

    Teknik backlink ini merupakan ajaran dari berbagai master dan pakar SEO blogger, kemudian dirangkum menjadi satu materi lengkap.

    1. Tukaran link dengan situs lain

    Ada yang menganggap bahwa cara ini merupakan cara SPAM dan dapat berakibat buruk. Tapi kalau menurut saya, bila kita menaruhnya pada konten (artikel) itu masih berkualitas. Tukarlah link Anda dengan situs yang se-niche, jangan lupa tetap perhatikan bahwa situs tersebut memiliki 'prestasi' yang bagus.

    Untuk melakukan teknik ini, carilah niche situs web/ blog Anda di pencarian Google, lalu klik satu sampai sepuluh situs web atau blog yang ada di halaman pertama. Lalu ajak pemiliknya untuk tukaran link dengan situs Anda. Bila tidak ada yang minat, Anda bisa mencarinya di sosial media seperti Facebook.

    Ingat! Tukar link hanya pada bagian artikel saja. Jangan pada bagian sidebar, footer, header, atau apapun karena dapat membuat situs Anda merosot dari halaman pencarian Google.

    2. Teknik Footprint

    Teknik Footprint atau jejak merupakan salah satu teknik cara membuat backlink berkualitas karena akan sangat berguna untuk menemukan situs berkualitas terutama pada domain .edu dan .gov. Kenapa harus domain tersebut? Karena .edu maupun .gov rata-rata memiliki reputasi yang baik di mesin pencari dan juga memiliki DA, PA, dan PR yang tinggi,. Lezat bukan? Hal tersebut harus kita manfaatkan.

    Cara untuk melakukannya terbilang mudah, ada kode atau perintah khusus yang boleh Anda ketikkan di pencarian Google, berikut kodenya:
    site: .edu " post a comment" - "comments closed" - "you must be logged in" "KATA KUNCI"
    site: .gov " post a comment" - "comments closed" - "you must be logged in" "KATA KUNCI"
    site: .com " post a comment" - "comments closed" - "you must be logged in" "KATA KUNCI"
    site: .net " post a comment" - "comments closed" - "you must be logged in" "KATA KUNCI"
    site: .org " post a comment" - "comments closed" - "you must be logged in" "KATA KUNCI"
    keyword site: .edu inurl:blog "post a comment" -"you must be logged in"

    Catatan:
    Tulisan yang dicetak tebal merupakan domain situs yang akan dituju.
    Tulisan yang diberi warna MERAH merupakan kata kunci, silakan diganti dengan topik situs web/ blog Anda. Misal: SEO, Tutorial, Teknologi, dan lain-lain.

    Setelah itu Anda akan dapatkan bermacam-macam situs, silakan pilih saja dari yang paling atas, lalu coba untuk posting komentar di kolom komentar pada situs tersebut. Jangan lupa sisipkan link ke situs Anda. Eits.. tapi ingat, jangan SPAM ya. Karena bagaimanapun juga Google tidak suka dengan cara SPAM. Dan lihat juga, apakah sudah banyak tautan keluar pada situs tersebut, kalau banyak mending cari yang lain saja, sampai menemukan yang low OBL.

    3. Posting tamu

    Posting tamu atau guest posting lumayan berguna untuk kemajuan situs Anda. Caranya dengan menjadi tamu pada situs-situs yang memiliki reputasi bagus dan menuyediakan fitur guest post.

    Biasanya peraturan untuk mempublikasin postingan adalah Anda tidak boleh melakukan link yang diulang-ulang dan tidak relevan dengan artikel yang Anda buat. Jadi buat artikel di guest post yang relevan dengan artikel yang ada di situs Anda, lalu sisipkan sedikit link mengarah artikel atau situs Anda.

    Cara mendapatkan backlink melalui posting tamu adalah dengan membuat artikel yang orisinil alias belum pernah dipublikasikan di situs manapun, lalu Anda bisa menaruh tautan ke situs Anda, baik ke homepage maupun ke dalam suatu halaman.

    Beberapa situs yang menyediakan guest post:
    Rizkyzone.com
    Sugeng.id
    INDOTIPSTRICKS.NET


    4. Forum

    Forum merupakan sebuah komunitas yang berdiskusi tentang suatu topik. Di sana kita dapat bertanya-tanya atau mengemukakan pendapat mengenai suatu hal.

    Biasanya, forum menyediakan fitur posting, komentar dan beberapa menyediakan signature. Pada fitur signature ini kita dapat memanfaatkannya untuk memberi tautan ke situs kita yang dapat menjadikannya BACKLINK BERKUALITAS. Ingat, beberapa saja.

    Walau sebagian tidak memberikan fitur signature, kita tetap dapat memanfaatkannya dengan memberi tautan pada artikel yang kita buat. Tentunya pada forum yang mengizinkan tautan bersifat dofollow.

    Berikut forum lokal yang memiliki akses tautan dofollow:
    bersosial.com
    forum.detik.com
    forum.kompas.com
    opsional.com
    kompasiana.com

    5. Social bookmarking

    Mungkin Anda pernah mendengar istilah ini. Social bookmarking adalah sebuah situs yang memberi pelayanan di mana Anda dapat menyimpan, mengelola, dan berbagi alamat situs favorit Anda. Anda dapat membagikan tautan artikel ke dalam situs tersebut. Karena artikel Anda akan dilihat orang, maka Anda juga mendapatkan bonus trafik dari sana!

    Belakangan, fungsi sosial bookmarking hampir berpindah karena banyak blogger/ webmaster yang memanfaatkan sosial bookmarking untuk keperluan situsnya karena dapat meningkatkan trafik, backlink, dan dapat membuat situs menjadi lebih mudah dicerna mesin pencari.

    Beberapa rekomendasi social bookmarking dofollow yang memiliki PR tinggi:
    Digg.com
    DetikIndo.com
    Lintasblog.com
    Dofollow.web.id
    Tumblr.com

    6. Komentar URL

    Komentar URL blog kita ke situs web dofollow dapat membantu peningkatan jumlah backlink. Walau efeknya kurang memang, tapi lumayan jika kita rutin. Ingat, komentar hanya di situs web yang benar-benar berkualitas. Untuk mengetahui kualitas situs web, Anda bisa lihat faktor utama backlink berkualitas di atas.

    Cara komentar? Tinggal sisipkan tautan situs web Anda, bisa homepage bisa juga ke artikel. Buatlah kata-kata yang singkat terlebih dahulu, jangan hanya tautan saja yang dikeluarkan, karena nanti bisa dianggap SPAM. Lakukan ini dengan rutin dan lihat perkembangan situs Anda.

    7. Sosial media

    Akhir-akhir ini Moz meneliti bahwa Google menilai kualitas situs melalui tautan yang dibangun melalui sosial media, atau yang sering disebut 'social signal'. Menurut Moz, sosial media memberi poin 5% , sisanya dari teknik SEO lainnya.

    Anda bisa memanfaatkan sosial media ternama seperti Facebook, Twitter, dan lain-lain. Semakin banyak followers atau likers dari halaman di sosial media Anda, maka semakin berkualitas tautan yang ditancapkan.

    8. Situs document sharing

    Document sharing adalah layanan untuk meng-upload dan membagikan sebuah berkas berupa tulisan kepada publik (dapat dilihat banyak orang) ataupun privat (dokumen pribadi). Nah, situs-situs ini bisa kita manfaatkan untuk memperoleh backlink berkualitas.



    Tapi bagaimana caranya?



    Pertama, buatlah sebuah artikel di Microsoft Word atau PDF, jangan lupa sertakan tautan ke halaman situs Anda. Contohnya seperti pada gambar di bawah ini.

    [​IMG]

    Contoh artikel untuk dimasukkan ke situs document sharing.



    Kedua, kunjungi postingan berikut; Top 20 Dofollow Document Sharing. Pilihlah salah satu situs document sharing yang ditampilkan.



    Ketiga, Upload berkas tersebut dan share ke yang lainnya.



    +1 backlink!

    [​IMG]

    Cara mendapatkan backlink melalui document sharing.



    Catatan:



    • Sewaktu membuat artikelnya, usahakan jangan sama persis dengan postingan yang ingin diberi backlink. Untuk mengeceknya silakan buka tool Plagiarism Checker. Minimal angka Unique berada pada 70%.
    • Pasanglah gambar pada isi dokumen agar lebih menarik.
    • Tautkan juga situs-situs yang sudah terkenal dan terpercaya seperti Wikipedia, Facebook, dan lain-lain yang memiliki postingan sama agar terlihat lebih natural.


    8. Tier link building

    Pada tahun 2008, beberapa link building yang efektif meningkatkan otoritas situs telah diciptakan oleh beberapa webmaster. Tier merupakan suatu teknik melakukan link ke situs lain secara berulang kali hingga akhirnya menuju ke situs utama. Teknik ini menggunakan SPAM, jadi kalau berlebihan menggunakannya bisa mendapatkan dampak buruk bagi situs web.

    Banyak sekali tier link building yang ada, beberapa diantaranya:

    a. Wheel

    Merupakan teknik membangun tautan yang menyerupai alur roda (wheel). Dulu, cara ini sangatlah manjur dan digunakan oleh para master blogger untuk memenangkan kontes SEO. Namun sayang sekali bahwa link building ini sekarang telah terdeteksi SPAM oleh Google. Bila kita masih menggunakannya, situs kita malah akan bermasalah.

    Walau begitu, saya ingin sedikit menerangkan mengenai cara kerja link building yang satu ini.

    Untuk membangun link building tipe wheel, Anda harus mempunyai banyak blog cadangan (dummy). Bila belum mempunyai, Anda dapat membuatnya, tapi ingat, jangan membuatnya hanya melalui satu web 2.0 saja, buat juga melalui Joomla, Wordpress, Blogger, dan lain-lain.

    Setelah selesai membuat blog dummy, langkah selanjutnya Anda harus membuat artikel pada setiap blog dummy tersebut. Jangan lupa tautkan tautan ke situs utama Anda, berikan juga tautan 'naked' URL. Tidak lupuit Anda juga harus membuat artikel yang akan ditautkan ke blog satu dummy lainnya. Dan begitu pula seterusnya sampai akhirnya membentuk alur roda seperti pada gambar di bawah ini.

    Link building wheel
    Link building tipe Wheel


    b. Pyramid

    Kalau link building yang satu ini diyakini masih bermafaat dan bekerja pada tahun 2015. Teknik ini menyerupai alur pyramid. Link building ini terbilang cukup mudah, dan hasilnya akan sangat 'berkhasiat' pada situs Anda.

    Sebelum melihat cara melakukannya, Anda harus menyiapkan blog dummy, lebih baik blog dummy tersebut Anda kembangkan dan optimasi terlebih dahulu.

    Cara membangun link building tipe pyramid ini:

    Pertama Anda harus membuat artikel pada situs utama (yang akan di optimasi dan diberi backlink). Namun bila Anda ingin memberi backlink ke beranda situs, Anda tidak perlu membuat artikel lagi.
    Setelah itu, Anda buat artikel pada blog dummy, dan artikel yang dibuat harus seniche atau setopik dengan artikel situs utama atau beranda situs.
    Sampai di sini sebenarnya sudah selesai untuk link building pyramid ini, namun kita masih bisa menyempurnakan lagi. Lebih baik artikel yang Anda buat pada blog dummy di submit ke sosial bookmarking yang sudah saya rekomendasikan di atas, silakan di scroll mousenya. Submit satu-persatu artikel pada blog dummy.
    Setelah selesai, untuk lebih mantap lagi kita dapat share artikel dari blog dummy ke beberapa situs sosial media, atau forum juga bisa.
    Finish, Anda berhasil menerapkan teknik backlink pyramid!
    Catatan: lebih baik artikel yang dibuat pada blog dummy jangan di submit ke Google Webmaster, biarkan artikel Anda dirayapi oleh mesin pencari secara alami.

    9. Beli backlink menggunakan jasa

    Sekarang sudah banyak situs web yang menyediakan jasa review untuk mendapatkan backlink yang berkualitas. Jika Anda sudah putus asa dengan berbagai teknik di atas, Anda bisa membeli jasa review.

    Untuk mendapatkan jasa review yang baik, silakan Anda cari di Google dengan kata kunci "jasa review" dan Anda bisa lihat dari halaman pertama saja, atau klik di sini.

    Selain menggunakan jasa review, ada juga beberapa orang yang menjual backlink. Kalau untuk ini saya tidak menyarankannya, karena kita tidak tahu dari mana orang tersebut memperoleh backlink ke situs web kita. Apakah itu berkualitas, atau itu malah menyebabkan 'penyakit' ke situs Anda. Kalau memang terpaksa, pilihlah jasa backlink yang benar-benar terpecaya dan teruji kualitasnya, kalau tidak, YOU DEAD MAN!

    [HASHTAG]#Bonus[/HASHTAG]: Menggunakan tool GSA Search Engine Ranker

    GSA Search Engine Ranker: Software untuk membuat ribuan backlink berkualitas
    Pernah dengar tool ini? Beberapa diantara Anda semua mungkin pernah mendengarnya. Sebenarnya apa itu GSA Search Engine Ranker?

    Adalah sebuah software yang mampu menanamkan RIBUAN backlink dari berbagai negara. Keren kan? Ya, tentu saja. Kabarnya ada dua, yang satu yang buruk, yang satu kabar baik. Kita ke kabar baik dahulu saja deh...

    ...Kabar baiknya, GSA Search Engine Optimization ini sangat natural dalam membangun backlink, dan ke-sembilan cara di atas dapat Anda lakukan dengan tool ini! Bukan hanya itu saja, GSA SER juga bisa membangun backlink dalam bentuk:
    • Article.
    • Blog comment.
    • Directory.
    • Document sharing.
    • Exploit.
    • Forum.
    • Guestbook.
    • Image comment.
    • Indexer.
    • Microblog.
    • Pingback.
    • Referrer.
    • RSS.
    • Social bookmark.
    • Social network.
    • Trackback.
    • URL shortener.
    • Video
    • Web 2.0
    • Wiki.
    Sekarang, kabar yang kurang menyenangkan, yaitu software ini dibandrol dengan harga $99 atau sekitar Rp. 1.500.000. Yah, sebetulnya wajar harganya pun sebanding dengan kualitas software ini. Silakan Anda beli software ini bila mempunyai uang yang cukup banyak.

    Walau begitu Anda pun bisa mencoba DEMO VERSION-nya, silakan menuju pada tautan berikut: Unduh GSA Search Engine Ranker DEMO VERSION.

    Itulah tadi beberapa teknik yang manjur untuk memperoleh backlink yang berkualitas. Ingat, usahakan buat backlink se-natural mungkin. Maksudnya, bagaimana membuat backlink agar Google menilai bahwa backlink tersebut natural. Walau sulit, tapi efeknya lebih mantap.

    Oh iya, saya ingin menambahkan. Di bawah ini merupakan situs web yang mengajarkan tata cara penanaman backlink, serta update backlink algoritma pada Google.

    • Moz
    • Backlinko
    • ShoutMeLoud
    • PanduanIM(Lokal)

    Keempat situs tersebut dapat Anda pelajari untuk mendalamkan ilmu pengetahuan mengenai backlink. Dan ingat perkataan banyak pakar SEO yang pasti sering Anda dengar,

    Satu backlink berkualitas lebih baik dibandingkan dengan ribuan backlink SPAM.

    Update!
    Broken link building
    Ini teknik yang juga sering dipakai oleh banyak praktisi SEO, teknik broken link building. Pada langkah ini, sedikit berbeda dengan poin lainnya. Yang perlu Anda lakukan adalah mencari broken link di situs web, lalu meminta pemilik situs tersebut menggantinya dengan URL yang Anda punya.
    Sebelum membahas lebih lanjut, ada baiknya Anda ketahui dahulu, apa yang dimaksud broken link.
    Secara definisi, broken link artinya tautan rusak yang berada di suatu situs ke situs lain. Jadi, pada suatu halaman terdapat tautan yang jika diklik tidak dapat diakses atau error 404.
    Nah, celah seperti ini harus kita manfaatkan untuk membuat backlink yang berkualitas dan NATURAL! Cara ini benar-benar efektif dan mudah untuk dilakukan.
    Yang perlu Anda lakukan hanyalah mencari situs web yang sejenis dengan Anda, lalu cek apakah situs tersebut memiliki tautan yang rusak dengan menggunakan tool Online Broken Link Checker. Nah, setelah ketemu cari halaman kontak situs tersebut. Hubungi si admin, dan beritahu bahwa terdapat tautan rusak pada situsnya, dan mintalah izin untuk menggantikannya dengan URL milik Anda.
    Dua hal yang perlu diingat:
    • Pastikan artikel yang Anda berikan lebih baik dari sebelumnya (yang ada pada broken link tersebut).
    • Jangan langsung meminta saja, tapi berilah salam, sapaan, dan sedikit pujian mengenai situsnya. Barulah Anda bisa meminta izin.


    Sumber: Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas | INDOTIPSTRICKS.NET
     
    Last edited: Oct 27, 2015
  2. Rickh

    Rickh Member

    Joined:
    Mar 8, 2015
    Messages:
    157
    Likes Received:
    21
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    udah lengkap banget dah mas.. :D
     
  3. ihsansfd

    ihsansfd Member

    Joined:
    Apr 5, 2015
    Messages:
    228
    Likes Received:
    48
    Trophy Points:
    28
    Haha... :D itu juga saya buatnya selama 3 bulan, dan akan diupdate terus...
     
    akang mursid likes this.
  4. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    9,978
    Likes Received:
    2,621
    Trophy Points:
    313
    hehehe... masih banyak yang perlu dikoresi nih..... :rolleyes:
     
  5. FarrasAgda

    FarrasAgda Member

    Joined:
    Oct 10, 2015
    Messages:
    75
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    8
    mau baca semua tapi kepanjangan euy hehe..

    Semua cara diatas udah situ cobain semua nih?
    Btw yang paling ampuh yang mana yak?
     
  6. ihsansfd

    ihsansfd Member

    Joined:
    Apr 5, 2015
    Messages:
    228
    Likes Received:
    48
    Trophy Points:
    28
    Klo masalah yg paling ampuh, ke-semuanya itu sebenarnya mantap

    Tapi klo yg paling ampuh, klo menurut saya guest post, document sharing, dan social media.
     
  7. ihsansfd

    ihsansfd Member

    Joined:
    Apr 5, 2015
    Messages:
    228
    Likes Received:
    48
    Trophy Points:
    28
  8. Rickh

    Rickh Member

    Joined:
    Mar 8, 2015
    Messages:
    157
    Likes Received:
    21
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    salam kenal dah sama senpai-senpai sekalian :D
     
  9. FarrasAgda

    FarrasAgda Member

    Joined:
    Oct 10, 2015
    Messages:
    75
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    8
    Udah diajak si @Yusuf.S dari dulu sih sebenernya, tapi baru join tanggal 10 kemaren haha
     
  10. creative

    creative Well-Known Member

    Joined:
    Oct 24, 2014
    Messages:
    1,726
    Likes Received:
    160
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Waduh panjang amat artikelnye jadi rada mumet bacanya... mending nulis artikel aja ah.. :D
     
  11. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    9,978
    Likes Received:
    2,621
    Trophy Points:
    313
    Cuma mindah, cepat buatnya :D
     
  12. Dewi Probowati

    Dewi Probowati New Member

    Joined:
    Oct 24, 2015
    Messages:
    2
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Mantapp sharingnya mas @ihsansfd
    Panjang dan lengkap, cocok buat sy yg msh belajar nih... mksh *berkeringat*
     
  13. ngeblogasyikk

    ngeblogasyikk Well-Known Member

    Joined:
    Feb 1, 2015
    Messages:
    1,207
    Likes Received:
    176
    Trophy Points:
    63
    Yang tebel dan yang merah mana ya mas? Sama aja hehe

    Btw apa PR masih dipakai mas?
     
  14. ihsansfd

    ihsansfd Member

    Joined:
    Apr 5, 2015
    Messages:
    228
    Likes Received:
    48
    Trophy Points:
    28
    Hehehe,,, udh saya benerin tuh.

    Kalau untuk PR, seharusnya masih bisa menjadi pertimbangan. PR yang tinggi, membuktikan bahwa situs itu dahulunya 'dicintai' Google.
     
  15. creative

    creative Well-Known Member

    Joined:
    Oct 24, 2014
    Messages:
    1,726
    Likes Received:
    160
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    BTW kadang2 teknik link building bikin kita pusing 7 keliling untuk menerapkannya...
    Namun pengalaman khususnya di blog saya ada beberapa artikel di SERP #1, sementara saya tidak pernah melakukan Link Building sebelumnya..
    Yang saya lakukan adalah fokus terhadap materi konten yang bermanfaat buat pembaca
    Malahan banyak strategi link building yang saya lakukan dengan beberapa teknik di atas setelah di cek di MOZ mohon maaf malah tekniknya semuanya tergolong jenis Spammer...
    Mohon pencerahannya.. Thank..
     
  16. tonbad

    tonbad Member

    Joined:
    Dec 21, 2014
    Messages:
    260
    Likes Received:
    24
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    wah daging semua nih, terimakasih gan, ane masih newbie. terimakasih petunjuknya.. :) btw yang g kebagian pr juga banyak nih... hehe

    untuk teknik 301 itu bukan blackhat, cuma sering disalah gunakan jadi blackhat...
     
  17. ihsansfd

    ihsansfd Member

    Joined:
    Apr 5, 2015
    Messages:
    228
    Likes Received:
    48
    Trophy Points:
    28
    Yah, tergantung cara memanfaatkannya saja sih.. karena apapun yang dilakukan secara berlebihan, pasti tidak baik.

    Dan untuk yg SERP #1, itu liat dulu, pertama udh clear cache browser? Liat juga tingkat persaingannya, klo rendah ya jelas bisa tembus page one. Tapi memang, artikel lebih mendominasi dibandingkan backlink. Banyak juga kok situs2 mastah yg tembus page one, dengan hanya memiliki 'seucrit' backlink saja.
     
    creative likes this.
  18. Wahyudi

    Wahyudi Member

    Joined:
    Sep 25, 2015
    Messages:
    225
    Likes Received:
    12
    Trophy Points:
    18
    lengkap banget penjelasan nya jadi bingung mo mulai dari yang mana
     
  19. AmriMF

    AmriMF Member

    Joined:
    Jan 31, 2015
    Messages:
    417
    Likes Received:
    47
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Aku kira press release gak spam
    <== pendapat newbie
     
  20. guguncaplang

    guguncaplang Member

    Joined:
    Nov 22, 2014
    Messages:
    44
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    Teknik dokumen sharing belum pernah ane coba. Cobain ah... :)
     
Loading...

Share This Page