Cara Mudah Membuat Perencanaan Keuangan Rumah Tangga

Discussion in 'General Business' started by Linamayasari123, Dec 16, 2016.

  1. Linamayasari123

    Linamayasari123 New Member

    Joined:
    Sep 15, 2016
    Messages:
    25
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    3
    [​IMG]
    Cara Mudah Membuat Perencanaan Keuangan Rumah Tangga

    Bagi pasangan yang baru menikah sesaat memasuki kehidupan berumah tangga membutuhkan banyak penyesuaian diri salah satunya ialah untuk mengatur keuangan keluarga, pengaturan keuangan sangatlah penting dilakukan sesaat memasuki kehidupan berumah tangga dengan ini menunjukkan keterbukaan antara suami dan istri sehingga tidak ada yang ditutup-tutupi. Membuat Perencanaan keuangan rumah tangga sendiri akan sangat membantu anda dan pasangan untuk mengatur pengeluaran rumah tangga dan juga dapat menjadi sarana evaluasi keuangan anda terlebih bila anda sering merasakan bahwa pemasukan yang anda peroleh tidak dapat mencukupi kebutuhan sehari-hari.

    Walaupun masih merupakan pasangan baru memebuat perencanaan keuangan rumah tangga akan sangat membantu anda menghindari pengeluaran yang tidak perlu dilakukan dan juga mengajar anda dan pasangan untuk dapat menggunakan uang dengan bijak sehingga anda bisa merencanakan untuk membuat tabungan yang berfungsi untuk kebutuhan di masa depan. Manfaat dari perencanaan yang baik dan disiplin dilaksanakan akan dapat anda rasakan di masa yang akan datang terutama sesaat anda telah dikaruniai buah hati atau saat anda memasuki hari tua.
    Cara membuat perencanaan keuangan rumah tangga cukuplah mudah hanya diperlukan dedikasi dan ketrbukaan antara suami dan istri sehingga bisa tersusun perencanaan yang tepat untuk keluarga anda. adapun cara membuat perencanaan keuangan ialah sebagai berikut:

    1.Mengetahui total pemasukan selama sebulan baik dari suami maupu istri.
    2.Catat total pengeluaran yang terjadi selama sebulan dan bandingkan dengan jumlah pemasukan anda setiap bulannya. Melaui langkah ini anda dapat mengetahui apakah anda termasuk boros atau hemat.
    3.Buat skala prioritas mengenai pengeluaran yang anda lakukan apakah termasuk ke dalam kebutuhan atau keinginan semata.
    4.Atur kembali perencanaan pengeluaran setiap bulannya berdasarkan skala kebutuhan dan keinginan.
    5.Membuat komitmen antara satu dengan yang lain untuk menjalankan perencanaan yang telah dibuat bersama.
    Dari kelima cara perencanaan diatas terdapat satu perencanaan keuangan rumah tangga yang juga mampu diperhitungkan yaitu bertransaksi menggunakan uang elektrik. Penggunaan uang elektrik ini diusung dapat membantu menghemat pengeluaran anda karena anda akan membayar sesuai dengan pengeluaran anda dan semuanya dapat tercatat secara elektrik. Adapun sekarang ini di Indonesia juga telah muncul inovasi transaksi menggunakan uang elektrik yang diusung oleh Dompetku. Layanan Dompetku merupakan salah satu bentuk pelayanan kepada pengguna Indosat Ooredoo sehingga lebih mudah dalam bertransaksi seperti untuk membayar tagihan listrik, PAM, pembayaran pembelian barang, membeli pulsa, transfer uang dan masih banyak lagi sehingga lebih mudah dan efesien. Selain itu penggunaan Dompetku dapat digunakan di beberapa supermarket dan bahkan Anda juga berhak mendapatkan bonus, cash back, voucer dan masih banyak lagi. Silahkan cek disini.
     
    lasealwin likes this.
  2. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    1,469
    Likes Received:
    105
    Trophy Points:
    63
    Kalau yang penghasilanya pas-pasan ini mungkin susah juga mereka membuat perencanaan kalau tidak disiplin dengan pengeluaranya, tapi memang disarankan bahwa tidak boleh bersifat boros dalam kehidupan dan sebaiknya berada di tengah-tengah tidak terlalu menjulurkan dan tidak terlalu memegang
     
  3. lasealwin

    lasealwin Well-Known Member

    Joined:
    Aug 1, 2015
    Messages:
    1,877
    Likes Received:
    174
    Trophy Points:
    63
    Sepertinya kedua hal ini sangat dibutuhkan teman.
    Terus harus ada harapan di masa depan misalnya mau nikah, beli ini, itu atau apapun yang lain biar semangat....
    Salam
     
  4. Kuncen

    Kuncen Member

    Joined:
    Nov 12, 2016
    Messages:
    164
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    18
    kita harus pandai pandai mengatur keuangan .. Sipp ;)
     
  5. Fathoni

    Fathoni Member

    Joined:
    Mar 9, 2016
    Messages:
    163
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    18
    harus pandai-pandai dan primpen dalam mengatur keuangan,,,, beda ya sama pelitttt:D:D
     
  6. Fitri Yuliani

    Fitri Yuliani New Member

    Joined:
    Nov 23, 2017
    Messages:
    43
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    aku sih lebih menekankan point no 5, yaitu komitmet, biar hasilnya bagus perlu kominten yg teguh
     
  7. Nuri Nuri

    Nuri Nuri New Member

    Joined:
    Nov 17, 2017
    Messages:
    37
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Google+:
  8. Nurul Amalia Wati

    Nurul Amalia Wati Member

    Joined:
    Dec 18, 2017
    Messages:
    42
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    Bener banget yaa, paling sulit adalah komitment, kalau udah komit suami istri pasti bisa deh ditata keuangan kita
     
  9. rajasales

    rajasales Member

    Joined:
    Oct 12, 2017
    Messages:
    64
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    Pling tidak istri harus hemat sambilan menyemangati suami biar semangat nyari pendapatn lain, karena ketika suami liat istrinya boros, ada rasa percuma nambahin pendapatan, karena kalau sudah watak boros, ditambahin juga bakal gk hbis" borosnya . :D itu aja sih.
     
  10. Mozaix

    Mozaix New Member

    Joined:
    Dec 31, 2017
    Messages:
    29
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    nice.. belajar ngatur uang
     
Loading...

Share This Page