Cara Mudah Membuat Website Sederhana dengan WordPress

Discussion in 'HTML & Website Design' started by lalakana, Jul 10, 2020.

  1. lalakana

    lalakana New Member

    Joined:
    Mar 18, 2020
    Messages:
    15
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    [​IMG]
    Selama ini membuat website sering diasosiasikan dengan ilmu Teknologi, Informasi dan Komunikasi serta koding yang sulit dimengerti oleh banyak orang. Tidak jarang ada banyak orang yang sudah minder untuk memiliki website karena dianggap terlalu rumit. Padahal sebuah website saat ini bisa dimiliki dengan mudah melalui cara sederhana yakni membuatnya melalui platform CMS.

    Banyak jasa pembuatan website jakarta menggunakan Platform CMS (Content Management System) yang merupakan sebuah tempat yang digunakan untuk memudahkan banyak orang yang tidak mengerti tentang pembuatan website. Banyak orang yang tidak memiliki latar belakang terkait website dan ilmu terkait bisa sangat mungkin untuk memiliki website yang ia buat secara mandiri.

    Di era ini, CMS bahkan juga tidak hanya digunakan oleh orang awam untuk memiliki website. Para webmaster juga bisa memanfaatkan CMS untuk keperluan update konten yang biasanya berupa tulisan. Salah satu CMS yang banyak digunakan selama ini adalah WordPress.

    Berbicara tentang WordPress, platform yang satu ini sudah berdiri sejak tahun 2003 menjadi salah satu platform Content Management System besar yang digunakan oleh banyak orang di berbagai negara. WordPress merupakan salah satu sistem yang digunakan untuk membuat website secara gratis maupun premium, serta juga berfungsi untuk mengelola konten.

    Kehadiran platform WordPress memungkinkan Anda untuk memiliki website yang bisa dibuat dalam waktu beberapa menit saja. Hanya perlu beberapa klik dengan sistem yang sangat sederhana dan kreativitas Anda, sebuah website yang bisa difungsikan untuk banyak keperluan akan membantu aktivitas dan pekerjaan Anda.

    Hanya perlu beberapa cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk memiliki website sederhana yang dibuat dengan menggunakan WordPress. Simak langkahnya di bawah ini.

    1. Buka situs wordpress.com
    Langkah pertama yang Anda lakukan adalah membuka situs wordpress.com dan klik Mulai Situs Web Anda yang tertera di homepage website tersebut. Perlu Anda ketahui bahwa situs wordpress.com berbeda dengan wordpress.org. untuk membuat website gratis, Anda bisa menggunakan WordPress.com sedangakn wordpress.org lebih ditujukan untuk website yang ingin dibuat secara profesional karena tersedia begitu banyak plugin.

    2. Buat akun WordPress
    Hal selanjutnya yang Anda lakukan adalah membuat akun WordPress dengan email yang belum pernah digunakan untuk membuat akun WordPress. Masukkan email dan kata sandi yang kedepannya akan digunakan untuk masuk ke akun Anda. Lalu masukkan nama pengguna.

    3. Pilih kategori web
    Yang menarik dari WordPress adalah platform yang satu ini bisa digunakan secara spesifik untuk dikategorikan ke beberapa hal misalnya seperti blog, binis, profesional, atau online store.

    4. Spesifikasi kategori web
    Memilih kategori sudah dilakukan sebelumnya, namun di tahap ini Anda perlu untuk membuat kategori yang lebih khusus lagi. Misalnya ketika Anda memilih kategori Blog, maka akan dispesifikasikan menjadi beberapa hal misalnya Digital Marketing dan penggunaan wordpress banyak di gunakan Jasa seo website Profesional karna bisa Anda pilih berdasarkan fokus yang ingin dijalankan.

    5. Masukkan nama web
    Nama website merupakan identitas website yang bisa Anda masukkan untuk user lebih mudah mengenali website Anda. Anda bahkan tidak perlu mengira-ngira nama web yang akan diletakkan di tampilan website karena Anda bisa secara langsung melihat tampilan nama web sesuai dengan tampilan yang disediakan WordPress.

    6. Pilih nama domain
    Nama domain merupakan nama berbentuk URL yang akan digunakan oleh user untuk mengunjungi halaman website Anda. Terkait nama domain, Anda perlu mengecek terlebih dahulu ketersediaannya karena ada beberapa nama domain yang bisa saja sudah dimiliki oleh website lain yang serupa dengan website Anda. Tidak hanya itu, ada nama domain yang hanya bisa dimiliki untuk akun premium. Namun jangan khawatir karena WordPress juga memberikan pilihan nama domain secara gratis yang bisa Anda gunakan.

    7. Perencanaan website
    CMS WordPress bisa diatur untuk berbayar berdasarkan keperluan yang Anda jalankan. Harga yang ditawarkan berbeda satu sama lain, untuk keperluan personal dimulai dari 5 Dollar dan harga tertinggi yakni 45 Dollar untuk website eCommerce. Tapi, jika Anda memiliki keperluan sederhana yang belum terlalu penting untuk diubah pengaturannya ke premium maka Anda bisa menggunakan WordPress gratis.

    8. Masuk ke dashboard dan bisa ubah tema dan konten
    Selamat! Anda sudah memiliki website WordPress aktif yang bisa Anda kelola sesuai keperluan dan kategori. Dashboard ini menunjukkan statistik pengunjung dan aktivitas website Anda. Anda juga bisa mengelola konten di bagian ini. Ingin mengubah tema atau template yang ada? Jangan khawatir, WordPress menyediakan banyak sekali pilihan template tema yang bisa digunakan untuk semua penggunanya.
     
Loading...

Share This Page