Cara Mudah Mengatasi Kifosis

Discussion in 'Health & Medical' started by alit kurniawan, Dec 11, 2018.

  1. alit kurniawan

    alit kurniawan Member

    Joined:
    Aug 1, 2018
    Messages:
    338
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    18
    Kifosis merupakan suatu kondisi kelainan pada tulang belakang yang mengalami pelengkungan ke depan atau cembung ke belakang secara berlebihan sehingga seseorang yang mengalaminya terlihat bungkuk. Penyakit sendi dan tulang yang satu ini terjadi ketika lengkungan alami ini lebih besar dari normal.

    Apabila seseorang mengalami penyakit kifosis ini, maka dapat terlihat adanya punuk pada punggung bagian atas. Jika dilihat dari samping, maka punggung atas akan terlihat membulat atau menonjol. Tidak hanya itu, orang yang memiliki penyakit kifosis tampaknya membungkuk dan memiliki pembulatan terlihat dari bahu.

    Penyakit kifosis sendiri dapat menyebabkan tekanan berlebih pada tulang belakang sehingga menyebabkan timbulnya rasa sakit. Hal inilah yang dapat menyebabka kesulitan bernapas karena tekanan akan tertuju pada paru-paru.

    Cara Mengatasi Kifosis

    Tulang belakang sangat berperan penting di dalam kehidupan sehari-hari, sehingga jika kifosis tidak diobati akan menghambat aktivitas sehari-hari. Untuk mengatasi penyakit kifosis sendiri dapat dilakukan berdasarkan penyebab dan tingkat keparahannya. Berikut ini beberapa Cara Mengatasi Kifosis, diantaranya :

    1. Peregangan Dada

    Olahraga yang mudah untuk dilakukan untuk mencegah terjadinya bungkuk adalah peregangan dada. Latihan seperti ini dapat dilakukan dengan mudah dan dapat juga dilakukan dimana saja. Anda sendiri cukup hanya berdiri dengan tegak di samping sebuah tiang. Kemudian, pegang tiang tersebut menggunakan tangan kanan dan posisikan kaki seperti saat sedang berjalan.

    Setelah itu, anda hanya perlu untuk menggerakan dada ke arah depan dan belakang berkali-kali sembari telapak tangan kiri berada di atas perut. Lakukan hal ini selama 30 deitk sebanyak 3 set.

    2. Menggunakan Bola Pijat

    Selanjutnya adalah dengan menggunakan bola pijat untuk meningkatkan fleksibilitas otot dada. Apabila anda tidak memiliki bola pijat, anda juga dapat membeli sebuah bola tenis.

    Melakukan cara latihan seperti ini sangatlah mudah. Anda hanya diperlukan memegan bola pijat dengan kedua tangan sambil meletakkannya di atas permukaan dada sebelah kanan atau pun kiri. Letakan kaki seperti pada latihan yang pertama. Kemudian gerakkan dada sambil ditekan ke arah bola. Lakukan cara seperti ini selama 30 detik sebanyak 3 set.

    3. Upper Back Dengan Foam Rolling

    Cara yang satu ini adalah bernama upper back dengan menggunakan foam roll. Foam roll sendiri merupakan busa yang berbentuk tabung yang cukup kuat dan dapat digunakan pada latihan aerobik atau pun senam dan yoga. Untuk penggunaan foam roll ini agar mencegah terjadinya penyakit kifosis sangatlah mudah.

    Anda cukup berbaring di atas foam roll dan letakan foam di bagian tengah punggung anda. Selanjutnya, lipat tangan anda sambil memegang leher bagian belakang. Sedangkan pada bagian kaki lipa seperti saat anda akan melakukan sit up. Kemudian, gerakkan punggung anda secara maju mundur dengan bantuan dorongan dari kaki.

    4. Tidur Dengan Posisi Yang Benar

    Kemungkinan besar salah satu penyebab badan yang membungkuk adalah karena posisi tidur yang salah. Maka dari itu, cobalah sesekali untuk merubah posisi tidur anda. Biasakan posisi tidur anda dalam keadaan nyaman, yakni dengan meletakkan bantal di atas kepala atau pun leher. Atau bahkan jika perlu, anda tidak perlu menggunakan bantal. Tidak hanya itu saja, anda juga harus dapat mengawali tidur dengan badan mengarah ke kanan dan kaki yang lurus.

    5. Posisi Huruf Y

    Cara yang paling baik agar badan tidak bungkuk adalah dengan berolahraga. Salah satu olahraga yang baik untuk dilakukan adalah dengan gerakkan meregangkan otot dengan gaya huruf Y. Cara ini sangat mudah, anda hanya diperlukan berbaring telungkup atau berbaring dengan keadaan dada di bawah. Kemudian rentangkan tangan ke sebelah kiri dan kanan depan untuk membentuk huruf Y.

    Setelah itu, anda dapat memulai dengan mengangkat bagian badan depan ke atas dan pastikan bagian kepala, dada dan juga kedua tangan tidak menyentuh lantai.

    6. Konsultasikan Ke Ahlinya

    Selain dengan salahnya posisi tidur atau pun hal lainnya, penyakit kifosis ini dapat disebabkan oleh jenis penyakit tertentu. Maka dari itu, ada baiknya anda berkonsultasi terlebih dahulu terhadap ahlinya jika anda memiliki salah satu penyakit tersebut.

    Contohnya anda memiliki riwayat atau terkena penyakit osteoporosis. Kemudian, para ahli biasanya akan memberikan obat penguat tulang yang secara tidak langsung dapat mencegah permasalahan yang terjadi pada posisi tulang belakang.
     
  2. airin levina

    airin levina New Member

    Joined:
    Oct 11, 2018
    Messages:
    4
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Baru tahu soal penyakit kifosis, serem juga kalau diantara kita ngalamin ya *kesepian*
     
  3. alit kurniawan

    alit kurniawan Member

    Joined:
    Aug 1, 2018
    Messages:
    338
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    18
    maka dari itu gan, mulai dari sekarang biasakan melakukan pola hidup sehat agar tidak terkena serangan penyakit sendi dan juga tulang
     
Loading...

Share This Page