Cara Nabung Singkat Demi Tahun Baru 2019

Discussion in 'General Lifestyle' started by Aldi Sutanto, Nov 21, 2018.

  1. Aldi Sutanto

    Aldi Sutanto Member

    Joined:
    Aug 19, 2014
    Messages:
    360
    Likes Received:
    29
    Trophy Points:
    28
    Tiba-tiba sekarang udah bulan November aja, tidak terasa sebentar lagi kita bakal meninggalkan tahun 2018. Rasanya baru kemarin saya baru merayakan tahun baru 2018, eh tahu-tahu sekarang mau perayaan tahun baru lagi. Seperti orang kebanyakan, saya pun berencana buat pergi liburan pas nanti malam pergantian tahun baru. Rencananya saya mau jalan-jalan ke Padang dan sekitarnya, katanya wisata di sana lagi bagus-bagusnya. Dengan 3 orang teman, saya siap berangkat sekitar H-4 tahun baru agar bisa jalan-jalan dulu sebelum malam puncak.


    Nah, demi merayakan tahun baru 2019, saya mati-matian buat nabung agar bekal uang nanti tidak habis selama berada di sana. Percaya atau tidak, saya baru mulai nabung dari akhir bulan Oktober kemarin. Dengan waktu nabung yang singkat ini, saya mulai sedikit berhasil mengumpulkan banyak tabungan. Kok bisa? Ada beberapa tips yang mau saya share bagaimana cara menabung dalam waktu singkat:

    [​IMG]


    Menekan Pengeluaran


    Salah satu cara menabung saya dalam waktu yang singkat adalah menekan pengeluaran. Tiap akhir minggu, rumah adalah satu-satunya tempat saya menghibur diri dengan cara menonton film. Jika saya kumpul bersama teman-teman, maka mau tidak mau uang pasti keluar. Kemudian saya juga memanfaatkan Pomona. Jadi si Pomona ini memberikan cashback jika meng-upload struk belanja ke websitenya. Contohnya kemarin saya belanja barang-barang kebutuhan rumah di supermarket, itu struknya tidak saya buang, melainkan saya simpan dulu. Setelah di rumah, saya upload deh ke website Pomona, terus nanti dapat cashback langsung ke rekening bank saya. Ya lumayan banget! Hitung-hitung buat berhemat pas belanja bulanan. Tadinya total belanja saya bisa sampai Rp.150.000, kalau dapat cashback bisa jadi Rp.70.000 ujung-ujungnya.


    Selalu Menggunakan Gaji Baru Di Awal Bulan


    Rata-rata pasti tanggal gajian itu di tanggal 20-28, kantor saya pun memberikan upah diantara tanggal tersebut, yakni tanggal 25 setiap bulan. Nah, ketika saya menerima gaji pada tanggal tersebut, saya berusaha untuk tidak menggunakannya sampai dengan tanggal 1 pada bulan selanjutnya. Dengan begitu, saya lebih bisa mengontrol keuangan sebab jadi jelas saja mana uang buat hidup sehari-hari dan mana uang buat ditabung. Jadi gaji pada bulan sebelumnya digunakan hingga tanggal akhir bulan dan mesti benar-benar pas. Saya dapat saran ini dari seorang teman, pas coba mempraktikannya, ternyata mindset saya jadi berubah dalam menggunakan uang yang sewajarnya saja.


    Tidak Membawa Kartu ATM Setiap Hari


    Langkah hemat kilat selanjutnya adalah tidak membawa kartu ATM setiap hari. Jadi begini, saya hanya mengambil uang pada hari minggu saja untuk satu minggu ke depan. Setelah itu, kemana pun saya pergi, ATM hanya saya tinggal di rumah agar tidak terpancing untuk mengambilnya setiap hari. Saya menakar budget seminggu itu 300 ribu rupiah, sudah dengan makan, bensin perjalanan ke kantor-rumah, dan lain-lainnya. Dengan tidak membawa ATM, saya terpancing untuk mencukupkan 300 ribu itu dalam seminggu. Hanya dengan tidak membawa ATM, hal tersebut bisa tercapai.


    Ketika saya menjalani 3 hal ini dalam 2 bulan penuh, ternyata berhasil. Saya cukup menyisihkan uang yang lumayan buat tahun baru nanti di Padang. Padahal awalnya saya tidak terlalu yakin bisa menabung dalam waktu yang singkat demi tahun baru. Tapi kalau dijalani dengan serius, bisa banget loh! Nah, kalau kamu juga sama hal nya dengan saya, uang belum terkumpul buat jalan-jalan pas tahun baru nanti, bisa dicoba loh ini. Tidak ada yang tidak mungkin, walaupun tahun baru tinggal menghitung hari saja. Yakin saja kamu masih sempat buat nabung.
     
  2. Sugeng Ginanjar

    Sugeng Ginanjar Member

    Joined:
    Nov 18, 2016
    Messages:
    215
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    18
  3. Septa

    Septa Member

    Joined:
    Oct 20, 2018
    Messages:
    59
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Aku tahun baru dirumah aja

    Sent from my A37f using Tapatalk
     
  4. Aldi Sutanto

    Aldi Sutanto Member

    Joined:
    Aug 19, 2014
    Messages:
    360
    Likes Received:
    29
    Trophy Points:
    28
    Iya bener mas, mesti nabung kalo mau jalan-jalan hehe
     
  5. Aldi Sutanto

    Aldi Sutanto Member

    Joined:
    Aug 19, 2014
    Messages:
    360
    Likes Received:
    29
    Trophy Points:
    28
    Iya, di rumah juga asik kok, thn kemarin saya di rumah doang, trus nonton film deh
     
  6. ys. herbi

    ys. herbi Well-Known Member

    Joined:
    Mar 6, 2016
    Messages:
    1,237
    Likes Received:
    189
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Tips nomor 2 dan 3 akan saya coba.

    Kayaknya cukup deh hidup dengan uang 300K seminggu atau 50K sehari. Dengan catatan tidak beli ini itu selain makan dan bensin.
     
  7. seotog

    seotog Member

    Joined:
    Mar 29, 2018
    Messages:
    388
    Likes Received:
    28
    Trophy Points:
    28
    semua bisa nabung asal ada niat, kalo gak ada niat sama juga boong hehehe
     
  8. Allen Miaw

    Allen Miaw New Member

    Joined:
    Aug 25, 2018
    Messages:
    16
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    gw tahun baru di rumah aja, jomblo, udah menghemat gk ada cara yg lebih effectif wkwk
     
  9. cahyo prasetyo

    cahyo prasetyo Member

    Joined:
    Aug 4, 2018
    Messages:
    104
    Likes Received:
    16
    Trophy Points:
    18
    Biasanya kalau belanja selalu terbawa nafsu bawa atm kemana pun wkwkkw..ini sy banget, cara ngatasinnya harus membiasakan diri untuk makan dirumah tanpa di warteg
     
  10. Dinasafira

    Dinasafira New Member

    Joined:
    Nov 29, 2018
    Messages:
    2
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Gue dirumah aja sama bini
     
  11. Mas O'o

    Mas O'o Member

    Joined:
    Jun 16, 2016
    Messages:
    30
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    G terasa ya udah mo taun baru lg, pdahal resolusi tahun kemarin aja belum kelar...
     
Loading...

Share This Page