Cara Optimasi Google My Bussines (GMB) Untuk Bisnis Anda 2023

Discussion in 'General Internet' started by Faizalr, Jan 10, 2023.

  1. Faizalr

    Faizalr Member

    Joined:
    Dec 2, 2020
    Messages:
    47
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    Tren digital pada beberapa tahun terakhir sudah merasuki berbagai lini kehidupan manusia. Hal ini tak lain karena dunia digital memiliki banyak sekali kelebihan yang ada didalamnya. Salah satu hal yang paling banyak digunakan dalam tren digital ini adalah dalam dunia bisnis yang biasa disebut dengan digital marketing.

    Salah satu cara dan bagian dari ilmu dan tools digital marketing adalah Google Maps. Hal ini sangat bermanfaat bagi konsumen atau audiens Anda agar lebih mudah menemukan Anda. Google Maps ini agar lebih mudah dikenali tentu perlu dikelola atau optimasi dengan tools Google My Business

    Optimasi Google My Business (GMB) dapat membantu bisnis Anda untuk muncul lebih tinggi dalam hasil pencarian Google dan meningkatkan visibilitas online. Beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengoptimalkan GMB Anda adalah:
    [​IMG]

    Lengkapi Informasi Profil Bisnis Anda
    Pastikan informasi yang Anda berikan seperti nama, alamat, jam operasional, dan nomor telepon benar dan up-to-date. Juga pastikan untuk menambahkan kategori bisnis yang sesuai dan deskripsi bisnis yang menarik dan menjelaskan dengan jelas produk atau jasa yang Anda tawarkan.

    Tambahkan Foto dan Video
    Tambahkan foto dan video yang menunjukkan fasilitas bisnis Anda, produk atau jasa yang Anda tawarkan, serta tim Anda. Ini akan memberikan tampilan yang lebih interaktif dan membantu dalam membuat bisnis Anda lebih menonjol dalam hasil pencarian.

    Peroleh Ulasan Pelanggan
    Ulasan pelanggan yang positif dapat meningkatkan reputasi bisnis Anda dan menarik lebih banyak pelanggan. Anda dapat meminta pelanggan yang puas untuk memberikan ulasan pada GMB (Google My Bussines) Anda dan menanggapi ulasan yang diterima.

    Promosikan Tautan GMB Anda
    Tautan GMB Anda dapat digunakan sebagai alat pemasaran yang efektif. Pastikan untuk menyertakan tautan ini dalam email marketing, iklan online, dan media sosial Anda.

    Analisis dan Optimisasi
    Analisa data yang tersedia di GMB seperti jumlah kunjungan, klik telepon, dll, dan optimisasi yang sesuai untuk meningkatkan performa bisnis anda.

    Membuat Promosi dan Event
    Buat promosi atau event untuk menarik perhatian pelanggan dan meningkatkan aktivitas pada GMB Anda.

    Kemudian beberapa hal tersebut setidaknya bisa menjadikan bisnis Anda lebih dikenal oleh masyarakat secara luas pada umumnya. Perlu diingat bahwa optimasi GMB adalah proses yang berkelanjutan. Anda harus terus mengawasi dan mengoptimalkan profil GMB Anda untuk memastikan bahwa informasi yang ditampilkan tetap relevan dan up-to-date.
     
Loading...

Share This Page