Cara Penggunaan Besi Wiremesh untuk Dak Beton

Discussion in 'General Discussion' started by haryo arbianto, Jun 23, 2021.

  1. haryo arbianto

    haryo arbianto New Member

    Joined:
    Apr 20, 2021
    Messages:
    14
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    pengecoran.jpg
    Penggunaan besi wiremesh pada bangunan bertingkat bukan suatu hal yang asing lagi bagi kebanyakan orang seperti kontruktor. Ada manfaat besar yang didapatkan ketika menggunakan jenis besi ini sebagai fondasi sebuah bangunan.

    Saat ini Anda akan dengan mudah menemukan gedung-gedung bertingkat di sekitar Anda seperti perkantoran dan jenis gedung lainnya. Ada satu alasan dibalik semakin banyaknya gedung bertingkat yaitu karena lebih hemat tempat sehingga tidak butuh lahan lebih besar.

    Pembangunan gedung bertingkat ini kemudian membutuhkan yang namanya dak sebagai beton. Dak sendiri memiliki pengertian yaitu pembatas antara satu lantai dengan lantai lainnya pada sebuah bangunan bertingkat.

    Karena itu dak menjadi komponen dan bahan dasar yang sangat dibutuhkan untuk keamanan agar bangunan tetap kuat dan kokoh. Oleh karena itu, penggunaan besi wiremesh juga berpengaruh dan harus dipilih dengan dengan sangat tepat serta tidak sembarangan. Pemilihan wiremesh dan beton yang tepat akan menghasilkan dak yang kokoh dan berkualitas. Tak lupa untuk tetap memperhatikan harga besi beton polos per kg supaya budget yang digunakan sesuai.

    Panduan Penggunaan Besi Wiremesh Sebagai Dak Beton
    Ciri khas dari besi wiremesh adalah anyaman berbentuk kotak-kotak yang saling berpotongan. Pada umumnya fungsi dari besi ini adalah untuk memperkuat dak betonnya meski secara luas ada banyak penggunaan lainnya.

    Menghemat pengeluaran dalam proses pengerjaan sebuah bangunan adalah kelebihan yang ditonjolkannya. Ukurannya yang tergolong ringan menjadi kelebihan lainnya maka untuk membuatnya sebagai dak beton bisa melakukan caranya seperti di bawah ini.

    1. Melakukan Pemasangan Bondek
    Hal pertama yang harus dilakukan dalam penggunaan besi wiremesh sebagai dak beton adalah memasang bondek terlebih dahulu. Bondek ini digunakan untuk mengganti triplek atau bekisting kayu.

    Pemasangan bondek dilakukan setelah dibuat penyangga di cor dengan desainnya yang bergelombang akan memperkuat struktur cor beton plat lantai.

    2. Perhatikan Diameter Wiremesh yang Digunakan
    Selanjutnya Anda harus memperhatikan diameter besi wiremesh yang akan digunakan karena ini langkah cukup penting. Ketika dipasang besi dengan diameter yang tidak tepat bahkan hanya bila berbeda sekitar 1 mm juga dapat menurunkan tingkat kekuatannya.

    3. Membentangkan Besi Diatas Bondek
    Langkah yang ketiga adalah membentangkan besi di atas bondek dengan alas di bawahnya yaitu scaffolding. Dimana pada langkah ini penggunaan besi wiremesh berfungsi sebagai tulangan lantai dak beton.

    Penting untuk diperhatikan adalah Anda harus menyesuaikan ukuran panjang besi dengan panjangnya bidang yang akan di cor. Jika terlalu panjang maka Anda bisa memotong kelebihannya dengan gerinda pemotong besi atau juga bisa dengan gunting besi.

    Setelah memastikan ukuran sama, maka selanjutnya kaitkan besi pada besi kolom atau tiang penyangga secara teliti. Pada tahap ini, terakhir harus dilakukan pengikatan kedua besi dengan kawat bendrat.

    4. Langkah Pengecoran Adalah yang Terakhir

    Tahap hampir selesai dengan melakukan langkah pengecoran sebagai yang terakhir. Dimana proses pengecoran ini akan dilakukan tepat berada di atas bondek dan besi wiremesh yang sudah terpasang.

    Agar lebih maksimal, Anda bisa memperlambat proses pengeringan dari pengecoran dengan cara menyiramkan air atau juga bisa dengan menaruh kain basah pada permukaan betonnya. Tujuan utamanya adalah agar pengecoran beton tidak terjadi keretakan yang tidak diinginkan.

    Sebagaimana penggunaan dari setiap komponen bahan dasar bangunan yang sangat penting dan vital, maka masing-masing harus dipilih dan dipasang dengan tepat dan benar. Ketelitian saat melakukan proses pembangunan adalah solusi dari kebanyakan masalah bangunan yang mudah rusak dalam jangka waktu pendek.

    Menjaga dak tetap utuh adalah sebuah keharusan dalam menjaga keutuhan bangunan serta menaruh muatan secara berlebihan pada kontruksi beton harus dihindari. Anda bisa perhatikan dengan tepat dari panduan penggunaan besi wiremesh. Untuk pengecoran pada pilar-pilar Anda dapat menggunakan besi galvanis sebagai pengganti wiremesh. Meskipun harga besi siku galvanis lebih mahal bila dibandingkan wiremeh. Namun besi galvanis akan lebih kokoh dalam menopang bangunan.
     
Loading...

Share This Page