Cara Sharing1 Printer Untuk Ramai di Workgroup

Discussion in 'Computer' started by csmandala, Jan 17, 2019.

  1. csmandala

    csmandala New Member

    Joined:
    Oct 9, 2018
    Messages:
    5
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Seringkali kita temukan di sebagian kantor atau tempat usaha yang gunakan cuma satu printer. Banyak juga dengan satu printer itu diperlukan oleh sejumlah pemakai melalui cara sama-sama pindah colokan kabel USB ke computer/laptop. Seperti masalah yang kami temukan di satu diantaranya klien kami, di kantor itu cuma ada satu printer, meskipun sebenarnya semua pegawainya tiap-tiap hari mengerjakan pencetakan dokumen gunakan printer itu. Sekian lama ini (udah sekian tahun tukasnya) tiap-tiap ingin ngeprint mesti mendekatkan laptop mereka ke printer atau mengalihkan printer dekat computer, semestinya hal itu tidak efisien serta efektif.

    [​IMG]

    Lantas bagaimanakah cara yang lebih efisien serta efektif dalam gunakan satu printer bisa untuk banyak pemakai? Satu diantaranya triknya yakni dengan mengerjakan cara sharing printer lewat wireless di windows 10. Kebetulan di kantor itu semua pemakai computer atau laptopnya udah tersambung ke 1 jaringan LAN lewat wireless router. Daripada kepanjangan teorinya, langsung

    Pembelajaran berbagi printer ini kami gunakan windows 7 akan tetapi dapat dipraktekkan pun di Windows 8 serta 10, lantaran kiat-kiatnya tidak jauh berbeda.


    Metode berbagi printer Windows 10 seringkali sekali dicari banyak karyawan dikantor. Lantaran rata-rata di kantor jumlahnya printernya hanya terbatas, sedang komputernya banyak.

    Jadi ketimbang gunakan computer yang sama buat ngeprint, lebih baik melakukan saja berbagi printer ke computer berbeda lewat wifi.
    • Langkah tersebut lebih praktis. Jadi, semua karyawan dapat ngeprint di printer yang sama lewat computer semasing.
    • Kalau sekarang ini kamu tengah mencari tahu bagaimanakah cara berbagi printer di Windows, jadi kamu tengah membaca artikel yang pas. Ikuti tutoria selengkapnya dibawah.
    • Cara awal yang wajib kita melakukan tentunya aktifkan spesifikasi File and Printer berbagi itu. Triknya, click tombol ‘Start’ di taskbar lantas pilih menu ‘Devices and Printers’ yang terdapat di samping kanan Start Menu.
    • Kemudian satu jendela bakal muncul serta menghadirkan bermacam ragam feature yang tersambung ke computer Anda, termasuk juga printer. Saat ini, click kanan pada printer yang ingin dishare lantas pilih pilihan ‘Printer properties’.
    • Sewaktu satu dialog box muncul, berpindahlah ke tab ‘Sharing’. Disana silakan ceklis pilihan ‘Share this printer’ lantas kasih nama printer itu pada kolom di bawahnya. Pemberian nama ini punya tujuan biar Anda bisa menandai printer ini dalam sekejap. Anda dapat pula biarkan kosong biar mode bakal memberi namanya dengan cara automatic.

    Selesai segalanya usai, silakan click tombol ‘Apply’ lantas tombol ‘OK’. Nah saat ini printer Anda udah tersambung dengan bermacam computer yang berada pada jaringan LAN. Kalau Anda gunakan jaringan WiFi, jadi metode yang diperlukan pun sesuai sama diatas.

    Install Printer di Computer Klien (Metode 1)
    • Selesai spesifikasi printer berbagi diaktifkan, saat ini kita mesti menghubungkan computer yang lain atau computer klien ke printer itu. Triknya pertama kali membuka menu ‘Devices and Printers’ dari Start Menu sama dengan langkah diatas.
    • Sewaktu jendela ‘Devices and Printers’ udah terbuka, silakan click tombol ‘Add a printer’ yang berada pada samping atas. Langkah ini punya tujuan buat mengimbuhkan printer yang udah kita berbagi awal mulanya pada computer yang baru ini.
    • Satu jendela baru lantas bakal muncul serta memberi pilihan terhadap Anda tentang printer yang ingin ditambahkan. Ke-2 pilihan itu ialah ‘Local Printer Attached to this computer’ serta ‘A network printer or a printer attached to another computer’. Silakan pilih pilihan yang ke-2 lantas click tombol ‘Next’.
    • Pada jendela sesudah itu Anda disarankan pilih printer yang bakal diperlukan itu. Kalau printernya belumlah ada di lis, jadi silakan pilih pilihan ‘Browse for a printer’ lantas click tombol ‘Next’. Windows sesudah itu bakal mencari printer itu, silakan nantikan sejenak sampai Windows sukses mendeteksinya.
    • Selesai diketemukan, Anda lantas bakal lihat bermacam printer yang tersambung di jaringan Anda. Silakan pilih printer yang ingin diperlukan lantas click tombol ‘Next’. Proses instalasi printer bakal selekasnya berjalan, tunggu sejenak sampai usai.

    Selesai usai, bakal muncul satu jendela yang memberi saran Anda buat mengerjakan test page. Test page ini punya tujuan buat pastikan jika computer Anda udah tersambung dengan baik ke printer itu. Kalau tak mau mengerjakannya, click tombol ‘Finish’.
     
  2. Freaky

    Freaky Member

    Joined:
    Nov 5, 2018
    Messages:
    58
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    8
    Itu jenis printernya harus pakai wifi juga gak gan?
     
  3. csmandala

    csmandala New Member

    Joined:
    Oct 9, 2018
    Messages:
    5
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    gak selalu gan, via lan network juga bisa kok
     
Loading...

Share This Page