Cara Simpel Mengecilkan File PDF

Discussion in 'Internet Service & Networking' started by AhmadCholid, Feb 2, 2020.

Tags:
  1. AhmadCholid

    AhmadCholid New Member

    Joined:
    Jan 20, 2020
    Messages:
    5
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    File PDF kompatibel dengan semua jenis operasional sistem HP ataupun laptop. Disamping itu kelebihan file dengan format PDF bisa dibaca disemua versi software tanpa mempengaruhi format yang ada di dalamnya.
    Kelebihan yang lain dari file PDF ini adalah ketika file dengan format dokumen microsoft word yang disisipi hyperlink kemudian dipindah format menjadi PDF tidak akan berubah.
    Selain itu ketika membuat dokumen dengan Microsoft Word kemudian dikonversi menjadi PDF tata letak margin dan pengaturan yang lain tidak akan berubah.
    Perbedaan dengan file yang berformat dokumen Microsoft Word. Format akan berubah jika dibuka di versi yang lebih rendah ataupun yang lebih tinggi.
    Maka dari itu banyak dari kalangan mahasiswa ataupun orang-orang yang berkecimpung dalam dunia administrasi ketika berkirim file lebih memilih file dengan format PDF daripada word.
    Akan tetapi Ketika kita dihadapkan dengan PDF dengan format yang lumayan besar software PDF akan memprosesnya dengan lambat bahkan bisa menjadi blank.
    Sangat disayangkan ketika isi yang kita harapkan sudah sesuai tetapi saat akan kita buka di format PDF akan menjadi blank.
    Kamu tidak usah khawatir dengan hal tersebut. Disini kita akan membahas bagaimana cara mengecilkan ukuran file PDF dan ringan dibuka di semua jenis software pembuka PDF dan operasional sistem.

    1. IlovePDF
    [​IMG]

    Salah satu situs online yang terpercaya untuk mengecilkan file PDF gambar dan yang lainnya adalah ilovepdf.com
    Layanan ilovepdf ini tidak hanya mengecilkan file PDF tetapi masih banyak fungsi yang lain di antaranya menggabungkan PDF, mengconvert PDF ke format yang lain seperti jpg dan Word dan hal-hal yang berhubungan dengan PDF.
    Penggunaan nya pun tidak memerlukan pengetahuan yang luas karena mereka telah membuat website mereka mudah dipahami bagi orang-orang yang awam akan internet.
    • Langkah pertama untuk menggunakan adalah mengunjungi website ilovepdf. Di situ kalian akan disuguhi tampilan halaman yang berkaitan dengan PDF. Pilih compress PDF dan kemudian upload file yang akan kamu kecilkan ukurannya.
    • Setelah filter upload dengan sempurna kamu akan diberi opsi seberapa besar kamu akan mengkompres file tersebut. Ada Extreme, Recomended, dan Less.
    • Setelah kamu menentukan level ukuran. Tinggal kamu klik dan tunggu proses sampai selesai. Setelah selesai kalau kamu siap di-download dan nantinya akan masuk ke folder download di PC kamu.

    2. Small PDF
    [​IMG]

    Situs yang kedua untuk mengecilkan ukuran PDF ini memiliki langkah-langkah yang simpel.
    Hanya terdapat setidaknya empat langkah. Berikut ini langkah-langkahnya:
    • Masuk ke situs smallpdf.com
    • Setelah masuk kamu akan disuguhi tampilan untuk meletakkan PDF yang akan kamu compress. Pilih file yang akan kamu kompres dari PC atau penyimpanan hp.
    • Setelah memilih file yang akan kamu kompres selanjutnya pilih level compress.
    • Selanjutnya kamu bisa mendownload hasil dari y kompresan tadi dan akan masuk ke dalam folder download di PC ataupun HP kamu.

    3. PDFcompressor
    Berbeda dengan situs yang sebelum-sebelumnya PDF compressor mempunyai layanan hanya untuk mengecilkan ukuran PDF.
    Cara penggunaannya pun tidak begitu sulit. Dengan step yang mudah dipahami akan menjadikan pengguna tidak perlu mencari tutorial penggunaannya.
    • Pertama kamu harus menuju situs PDF compressor.
    • Setelah tampil halaman utama ada perintah untuk memasukkan file yang akan kamu kompres baik dengan menyeret file tersebut ataupun mengunggah dan memilih dari local disk PC kamu.
    • Setelah berhasil tunggu proses kompres sampai selesai. Tapi ada yang disayangkan dari cara mengecilkan ukuran file pdf situs ini. Yaitu perubahan tidak signifikan. Hanya 3 sampai 10% saja. Berbeda dengan ilvoepdf.
    • Setelah proses kompres sudah selesai tinggal kamu download. Yang hasilnya bisa kamu lihat di foldee download.
    Ok. Saya kira cukup dengan pilihan di atas kamu bisa mengecilkan file PDF. Semoga berhasil.
     
  2. harsonoegi

    harsonoegi Member

    Joined:
    Sep 23, 2019
    Messages:
    119
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    18
Loading...

Share This Page