Cara Tetap Sehat dan Aktif Selama Pandemi Corona

Discussion in 'Health & Medical' started by Muhamad Amirullah, Apr 24, 2020.

  1. Muhamad Amirullah

    Muhamad Amirullah Member

    Joined:
    May 4, 2018
    Messages:
    129
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    18
    Dalam beberapa minggu mendatang, kita semua akan memiliki tanggung jawab tambahan untuk merawat diri sendiri agar terhindar dari virus corona. Selain itu, beberapa orang bahkan telah melakukan lockdown secara mandiri agar penyebaran virus tersebut dapat dihentikan. Akan tetapi, lockdown ketika pandemi corona juga dapat membawa dampak buruk apabila Anda tidak melakukan apapun. Oleh karena itu, berikut adalah cara tetap sehat dan aktif selama pandemi corona yang dapat Anda aplikasikan.

    1. Menghabiskan lebih banyak waktu untuk melakukan “kegiatan kecil” seperti memasak atau merapikan sesuatu
    [​IMG]
    Sumber gambar: Sfchronicle.com
    Pada hari biasa, kita pastinya melakukan banyak “kegiatan kecil”, ketika kita bergerak ke dan dari tempat kerja, berjalan naik dan turun tangga, menjemput anak-anak, dan sebagainya. Kegiatan seperti itu sebenarnya lebih bermanfaat bagi kesehatan kita daripada yang kita sadari. Mengapa? Karena mereka membantu mengaktifkan sistem kardiovaskular kita. Kesehatan kardiovaskular yang kuat menguntungkan semua area tubuh, termasuk otot dan persendian, dan kesehatan mental.

    Karena itu, cobalah untuk menghabiskan waktu untuk kegiatan selama 1 jam lebih banyak dari biasanya, misalnya, memasak, merapikan pakaian, mencuci pakaian dan tugas-tugas kecil lainnya. Melakukan hal itu akan membantu Anda menebus “kehilangan aktivitas” yang mungkin Anda alami belakangan ini karena lockdown. Anda juga dapat mempertimbangkan apakah ada hal menyenangkan yang ingin Anda coba. Misalnya, mungkin sudah waktunya untuk merapikan dan membuka rak buku Anda? Atau mungkin ada resep pasta atau roti yang bisa Anda coba?

    2. Hindari beristirahat di furnitur yang lunak terlalu lama
    [​IMG]
    Sumber gambar: Factorymattresstexas.com
    Ini mungkin berita buruk bagi sebagian dari kita, tetapi menghabiskan terlalu banyak waktu di sofa yang empuk tidak baik untuk tubuh Anda. Untungnya, ada cara untuk permasalahan tersebut.

    Kiat terbaik kami adalah beristirahat sejenak. Selama istirahat, Anda dapat, misalnya, pergi ke dapur untuk membuat sendiri secangkir teh. Ketika Anda duduk lagi, cobalah untuk menemukan posisi duduk yang berbeda, dan jika Anda siap, cari kursi untuk diduduki.

    Berikan perhatian ekstra pada tips ini, jika Anda sudah berjuang dengan sakit punggung atau leher.

    3. Melakukan olahraga luar ruangan
    [​IMG]
    Sumber gambar: Gqmiddleeast.com
    Di sebagian besar negara, kita masih diperbolehkan keluar rumah, selama kita menghindari kontak dengan orang lain. Mengendarai sepeda, berlari, atau berjalan-jalan adalah salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan sendiri karena ini dapat mengaktifkan sistem kardiovaskular. Selain itu, beberapa aktivitas tersebut juga mampu memelihara otot dan sendi, serta membantu mengurangi stres, kecemasan, dan depresi.

    Jika Anda berada di negara yang telah menetapkan keadaan darurat dan tidak mengizinkan penduduk atau pengunjung meninggalkan rumah, ada baiknya melakukan beberapa latihan di rumah.

    Apabila Anda memiliki masalah otot dan persendian, melakukan latihan yang tepat dapat membantu penyembuhannya. Dengan melakukan latihan yang tepat, Anda akan membangun kekuatan dan mobilitas di area tubuh tempat Anda mengalami rasa sakit. Olahraga berkontribusi pada proses penyembuhan yang lebih cepat dan lebih optimal. Anda harus mulai berolahraga sesegera mungkin – jangan menunggu sampai rasa sakit awalnya hilang. Anda perlu berolahraga 3 kali seminggu – atau lebih.

    4. Mengkonsumsi makanan yang sehat
    [​IMG]
    Sumber gambar: Lifespan.org
    Tanpa vaksin, tidak ada dari kita yang bisa sepenuhnya menghilangkan risiko tertular virus corona. Dan para ahli mengatakan itu masih 18 hingga 24 bulan lagi.

    Tetapi makan sesehat mungkin penting bukan hanya untuk kesehatan fisik saja, namun juga kesehatan mental Anda selama pandemi corona. Pola makan yang sehat telah terbukti mengurangi risiko penyakit kronis seperti penyakit kardiovaskular, diabetes dan obesitas, serta depresi dan kecemasan.

    Anda tidak harus mengikuti diet tertentu, hindari makanan olahan karena cenderung tinggi gula.

    Karbohidrat kompleks, yang ditemukan dalam buah, sayuran, dan biji-bijian utuh, memberikan nutrisi penting bagi otak kita karena lambat laun melepaskan energi, yang juga menstabilkan suasana hati kita.

    Diet seimbang idealnya meliputi berbagai makanan tinggi vitamin A, B, C, D dan E, serta mineral besi, seng dan selenium.

    Vitamin B, ditemukan dalam sayuran hijau seperti brokoli dan bayam, kacang-kacangan, pisang, telur, unggas, dan ikan, yang penting bagi otak. Kurangnya B6, B12 dan folat (B9) dapat memicu terjadinya depresi.

    Penting juga untuk menjaga kesehatan usus kita, yang ditunjukkan oleh penelitian yang berkembang yang memiliki dampak luar biasa pada suasana hati dan perilaku kita. Prebiotik dan probiotik, yang ditemukan dalam makanan fermentasi seperti kefir, tempe, sauerkraut, kimchi dan yogurt dapat mengurangi peradangan, meningkatkan mood dan fungsi kognitif kita.

    Dalam kiatnya untuk mengatasi stres akibat wabah koronavirus, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengingatkan kita untuk tidak “merokok, minum alkohol, atau obat-obatan lain untuk mengatasi emosi Anda.” Mereka merekomendasikan untuk berbicara dengan petugas kesehatan atau penasihat jika Anda merasa kewalahan.

    5. Tidur yang nyenyak
    [​IMG]
    Sumber gambar: Platinumplates.ie
    Tidur sangat penting bagi tubuh kita untuk memperbaiki sel, membersihkan racun, mengkonsolidasikan ingatan kita dan memproses informasi. Kurang tidur dapat berdampak besar pada kesehatan kita – secara negatif memengaruhi konsentrasi psikologis dan bahkan kecerdasan emosional kita.

    Ini juga dapat meningkatkan risiko kita mengalami kondisi kesehatan kronis, seperti diabetes, obesitas, dan penyakit jantung.

    Sama seperti jadwal makan, bekerja dan berolahraga, penting untuk mempertahankan rutinitas tidur yang teratur. Bagi kebanyakan orang, antara enam hingga sembilan jam semalam sudah cukup. Pergi tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari dapat membantu mempertahankan kesehatan tubuh dan mental Anda selama pandemi corona.

    Sumber
    https://mitrakesehatan.com/cara-tetap-sehat-dan-aktif-selama-pandemi-corona.html
     
  2. M. Rizky P. K.

    M. Rizky P. K. New Member

    Joined:
    Sep 16, 2019
    Messages:
    18
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Ini bener banget kerasa pola hidup jadi berubah. Karena di rumah terus akhirnya jadi jarang olahraga dan tidur kadang juga kurang. Yuk rawat diri kita.
     
  3. AndroidApkApps

    AndroidApkApps Member

    Joined:
    Dec 11, 2015
    Messages:
    639
    Likes Received:
    40
    Trophy Points:
    28
    Saya rasa setelah covid berakhir akan ada bnyak perubahan yg terjadi papa masyarakat kita hehe
     
  4. Om Toni

    Om Toni Member

    Joined:
    Feb 11, 2017
    Messages:
    260
    Likes Received:
    71
    Trophy Points:
    28
    Semoga bencana corona cepat berlalu. Sebab tidak semua beruntung bisa bekerja / beraktifitas di rumah saja tanpa takut kelaparan. Sebagian saudara kita terpaksa keluar rumah untuk berjuang mencari rejeki agar keluarga bisa makan. Terpenting pandai pandai menjaga kesehatan masing-masing
     
  5. keepburger

    keepburger Member

    Joined:
    Nov 2, 2018
    Messages:
    27
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    Kalau saya kerja terus.
    Bosan kalau harus di rumah aja. Yang penting jaga kesehatan.
     
  6. dzeko

    dzeko New Member

    Joined:
    Feb 12, 2013
    Messages:
    60
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    bangun-makan-tidur lagi --bangun --makan-tidur lagi ...hahahaha....

    kalau menurut saya cukup makan, cukup istirahat/tidur, rutin minum vitamin/makan buah-buahan, dan olahraga ringan
     
  7. semutaspal

    semutaspal New Member

    Joined:
    May 3, 2020
    Messages:
    6
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Kerjaan di kantor sudah mulai dioglang... Pola tidur jadi tidak teratur
     
Loading...

Share This Page