Cara Wawancara Yang Baik dan Benar Terbaru

Discussion in 'General Lifestyle' started by Kanggarda, Aug 22, 2015.

  1. Kanggarda

    Kanggarda Member

    Joined:
    Aug 20, 2013
    Messages:
    57
    Likes Received:
    12
    Trophy Points:
    8
    Google+:
    Cara Wawancara Yang Baik dan Benar Terbaru – Bagaimana cara wawancara yang baik dan benar? itu lah yang biasanya jadi pertanyaan para calon orng yang mau di wawancarai.

    Biasanya wawancara dilakukan oleh instansi yang memiliki pengharapan tinggi agar karyawan yang akan diterimanya adalah karyawan yang memang memiliki kualitas yang baik, nah oleh karena itulah dilakukan wawancara.

    Apa yang harus saya persiapkan ketika saya akan diwawancarai?
    Jawabannya: adalah persiapkan diri dan ketahuilah hal-hal yang kira-kira akan ditanyakan oleh pewawancara.

    Mau tahu cara wawancara yang baik dan benar?

    Simak ulasan ini-caranya.blogspot.com di bawah ini:

    Cara Wawancara Yang Baik dan Benar
    Persiapan Sebelum Wawancara

    ===BERDOA TERLEBIH DAHULU SEBELUM WAWANCAR===

    1. Ketahuilah dalam dan luar perusahaan yang akan anda lamar
    Perkenalan diri dengan perusahaan adalah salah satu hal yang sebiknya anda lakukan, karena perusahaan senang dengan caalon karyawan yang tahu betul tentang perusahannya.

    Anda bisa mencari detail tentang perusahaan tersebut di media online, situs perusahaan dan sebagainya. Anda juga bisa menyiapkan opini/pandangan anda terhadap perusahaan tersebut.

    2. Datang cepat, jangan terlambat
    Dengan datang lebih awal, anda mempunyai waktu yang lebih banyak untuk menenangkan diri sebelum wawancara dimulai. Ketahuilah bahwa ketika anda terlambat dan terburu-buru untuk datag ke lokasi wawancara maka adrenalin dan detak jantung akan bertambah cepat, yang nantinya akan membuat anda kesulutan menjawab pertanyaan dari pewawancara.

    WARNING!! Jangan sekali-kali terlambat, karena akan memberikan kesan buruk

    [​IMG]Ilustrasiu terlambat

    Persiapan Ketika Wawancara

    3. Saat masuk ruangan ucapkanlah salam dan jangan lupa ketuk pintu juga
    Saat anda memasuki ruangan, ucapkanlah salam dengan intonasi suara yang tepat. Misalnya dengan ucapan salam "Selamat pagi Pak/Bu", atau anda bisa menambahkan kata-kata pamungkas "Senang bisa bertemu dengan anda" atau "Sebuah kehormatan bisa bertemu dengan anda". Kata-kata pujian atau complimentary merupakan kata-kata yang pasti setiap orang senang mendengarnya.

    WARNING!! jangan juga terlalu berlebihan, karena sesuatu yang berlebihan tentu saja tidaklah baik

    4. Jangan lupa berjabat tangan dengan pewawancara
    Segera jabat tangan dengan pewawancara ketika pertama kali bertemu, jabat tangannya jangan terlelu keras dan jangan terlalu lemah, sambil tersenyum.

    [​IMG]Ilustrasi jabat tangan saat wawancara

    5. Jangan duduk sebelum dipersilahkan.
    Tetap pada posisi anda, jangan langsung duduk sebelum anda dipersilahkan untuk duduk. Meskipun terkesan sederhana, namun pewawancara sesungguhnya bisa menilai attitude atau sikap anda dari hal tersebut. Duduklah dengan tegak namun santai dan tetap sopan sehingga anda bisa melakukan wawancara dengan rileks.Cara Wawancara Yang Baik dan Benar Terbaru

    6. Tetap tersenyum dan lakukan kontak mata (tatap mata pewawancara)
    Ingat agar tetap tersenyum, dan lakukan kontak mata dengan pewawancara untuk menunjukkan keseriusan dan kepercayaan diri anda.

    [​IMG]Ilustras senyum

    7. Ceritakan diri anda dengan jujur.
    Deskripsikan diri anda secara jujur dan terbuka dengan bahasa yang tepat. HRD pasti telah seringkali melakukan proses wawancara kerja, oleh karenanya seorang HRD yang berpengalaman pasti mengetahui saat anda berbicara jujur ataupun saat tengah berbohong.Cara Wawancara Yang Baik dan Benar Terbaru

    8. Tunjukan antusiasme dan semangat anda
    Jawab pertanyannya pewawancara dengan antusias dan semangat untuk menunjukkan keseriusan anda dengan pekerjaan tersebut.

    10. Ucapkan terima kasih saat wawancara berakhir.
    Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih saat wawancara berakhir dan jabat tangannya.

    TIPS: ketika anda disuruh mengajukan pertanyaan maka gunakanlah pertanyaan ampuh ini =APA ADA ALASAN SAYA TIDAK DITERIMA BEKERJA DISINI?=

    Semoga infromasi mengenai Cara Wawancara Yang Baik dan Benar Terbaruini bisa bermanfaat. GOOD LUCK
    sumber
     
  2. zonamers

    zonamers Member

    Joined:
    Jul 24, 2015
    Messages:
    588
    Likes Received:
    83
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    "Apa ada alasan saya tidak diterima bekerja disini?"
    wow yang ini apa nggak dianggap sok kepedean nanti den, apa bagusnya emank harus begitu ya? maklum belum prnh lamar gawe secara langsung :D
     
  3. Tantowi

    Tantowi Active Member

    Joined:
    May 9, 2015
    Messages:
    635
    Likes Received:
    24
    Trophy Points:
    48
    Datang terlambat nih gan sering
     
  4. barugratisan

    barugratisan Member

    Joined:
    Sep 5, 2014
    Messages:
    617
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
Loading...

Share This Page