Cara Yang Bijak Untuk Berhenti Merokok.

Discussion in 'Health & Medical' started by Bang Marten, May 12, 2014.

  1. Bang Marten

    Bang Marten Member

    Joined:
    May 2, 2014
    Messages:
    58
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Bagi pecandu rokok, memerlukan tekad dan komitmen yang tinggi untuk meninggalkan kebiasaan merokok. Banyak dari pecandu rokok yang berusaha untuk meninggalkan kebiasaan merokok berakhir dengan kegagalan.

    Banyaknya godaan godaan dari teman atau lingkungan bisa mengakibatkan gagalnya usaha untuk berhenti merokok. Mari kita melihat ilustrasi gambar berikut tentang bahan bahan apa saja yang terkandung dari sebatang rokok.

    [​IMG]
    Melihat gambar diatas, memang sangat berbahaya kandungan bahan kimia yang terdapat pada sebatang rokok. Cara cara dibawah berikut dapat membantu kita dalam proses berhenti jadi pecandu rokok.

    1. Harus ada alasan yang kuat untuk berhenti. Alasan alasan umum seperti merokok tidak baik untuk kesehatan saja tidak cukup. Harus ada motivasi yang kuat untuk diri kita sendiri. Kita harus memikiri dampak rokok atau asap rokok bagi keluarga kita. Tentu kita tidak ingin anak atau istri kita terkena penyakit berbahaya seperti TBC dan penyakit paru paru yang lain. Motivasi ini juga kadang kadang tidak berlaku, kita bisa diam diam pergi keluar dan merokok. Jadi memang kita harus menemukan motivasi kita sendiri.
    2. Cara yang lain adalah mengikuti terapi untuk para pecandu rokok. Ini mungkin akan sangat berat untuk kita lakukan. Banyak alasan untuk tetap menjadi pecandu rokok. Alasan seperti dengan merokok bisa menghilangkan pikiran yang mumet. Itu adalah sugesti yang kita tanamnkan pada diri kita. Merokok bukan cara yang baik untuk menenangkan pikiran. Malah anda akan menjadi sangat kecanduan nikotin yang ada pada rokok tersebut.
    3. Konsultasilah dengan dokter. Tanya resep resep yang harus kita konsumsi untuk menghindari atau mengurangi kencanduan akan nikotin yang ada pada rokok.
    4. Mintalah bantuan orang orang yang anda kasihi. Bantuan moral dari mereka akan menjadi salah satu motivasi yang kuat untuk mengurangi kecanduan nikotin atau rokok. Jangan berusaha untuk berhenti dengan cara sendiri karna akan dipastikan usaha kita akan gagal.
    5. Mulailah konsumsi makanan segar, seperti sayuran dan buah buahan. Ini akan menjadi faktor pendukung untuk kita mengurangi kencanduan rokok.
    6. Carilah kegiatan kegiatan yang memungkinkan anda tidak akan ada waktu untuk merokok. Seperti olah raga, fitnes atau kegiatan kegiatan yang bisa membuat anda melupakan rokok. Jika kita konsisten dengan kegiatan ini, bisa dipastikan keinginan anda untuk merokok akan berkurang jauh.
    7. Hindari tempat tempat yang “smoking area”. Pilihlah area yang non smoking untuk beristirahat. Contohnya perpustakaan, toko buku atau jika kita lagi ngumpul dengan teman teman, tegaskan anda ingin di area yang non smoking. Jelaskan kepada mereka bahwa kita lagi proses berhenti untuk merokok.
    8. Jika timbul keinginan untuk merokok, segera mungkin sibukkan mulut kita dengan cemilan cemilan seperti chips, permen mint atau kacang mungkin?
    Mulailah dari sekarang untuk berhenti merokok. Berhentilah merokok demi diri kita sendiri dan orang orang yang kita sayangi.

    Tetap sehat.

    sumber : www.bangmarten.com
     
  2. Musa M

    Musa M Member

    Joined:
    Apr 29, 2014
    Messages:
    838
    Likes Received:
    57
    Trophy Points:
    28
    merokok itu baik tau ,, karna kalau kita merokok rambut kita gak bakal Putihh
    la Kok bisa ?? ya kan kita belum ampek tua sudah tiada hehehe*ketawa3*
     
  3. Ardilas

    Ardilas Super Level

    Joined:
    Feb 18, 2013
    Messages:
    4,245
    Likes Received:
    317
    Trophy Points:
    83
    Google+:
    Yang terpenting adalah niatan dari orang bersangkutan kalau niatnya besar pasti bisa sukses untuk berhenti merokok.
     
  4. Bang Marten

    Bang Marten Member

    Joined:
    May 2, 2014
    Messages:
    58
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Hehehehe. Agan bisa aja nih..
     
  5. pram

    pram Well-Known Member

    Joined:
    Sep 23, 2013
    Messages:
    3,099
    Likes Received:
    161
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    tidak bisa dibayangkan banyak sekali bahan berbahaya yang ada dirokok, dan membuat kecanduan. mungkin itu sebabnya banyak orang yang tetap merokok walaupun mereka tahu apa resikonya
     
  6. billatransport

    billatransport Member

    Joined:
    Apr 8, 2014
    Messages:
    145
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    Hehe..saya mantan perokok...
    Emang harus ada niatan yang sangat kuat dari yang bersangkutan,,kalau saya sendiri waktu itu karena dada saya terasa berat buat bernafas waktu pagi hari..semenjak itu saya putuskan untuk berhenti merokok...
    Oya,,pada prosesnya temen2ku bilang saya banci karena g ngerokok...apa hubungannya?*ketawa4*
     
  7. arielriva

    arielriva Member

    Joined:
    Jan 23, 2014
    Messages:
    295
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    18
    1 bulan lalu ane masih perokok aktif, tergolong kereta api lah *ketawa4*
    sekarang ane udah ngga tuh, coba aja ane bikin kalo ngeroko itu malesin, dan asep roko ngeganggu banget, lama lama juga jadi males ngerokok ko. Yg jelas, sering sering baca artikel tentang bahaya roko yg membahayakan. *mati*
    kalo ga bisa, coba aja kurangin roko, di batas 1 batang per beberapa jam, ntar juga jadi males ngeroko, dan berhenti deh :D
     
  8. BEIM

    BEIM Active Member

    Joined:
    Mar 17, 2014
    Messages:
    1,358
    Likes Received:
    36
    Trophy Points:
    48
    kalau ada niat dan keinginan yang kuat sih pasti bisa... masalahnya apakah anda sebagi perokok memiliki keinginan yang kuat utk berhenti merokok??? *tanyadirisendiri
     
  9. foxydiba

    foxydiba Member

    Joined:
    May 7, 2013
    Messages:
    272
    Likes Received:
    19
    Trophy Points:
    18
    Intinya untuk mencapai tujuan apapun harus ada niat dan tekad yang kuat, tips dari saya buat para perokok supaya bisa berhenti merokok, cari tahulah uang yang anda belikan rokok itu ujung-ujungnya alirannya ke mana, jika anda sudah tahu pasti anda akan segera berhenti merokok.
     
  10. Nur Wahid

    Nur Wahid Member

    Joined:
    May 2, 2014
    Messages:
    131
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    Bersyukurlah lah buat orang-orang yang belum pernah ngerokok, karena sifat rokok itu Addict (bikin kecanduan)..
     
  11. outpost

    outpost Member

    Joined:
    Apr 11, 2014
    Messages:
    208
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    18
    gimana kalau di hipnotis, kan sekarang lagi trend tuh hipnoterapi
     
  12. itaoktavian

    itaoktavian Member

    Joined:
    Sep 25, 2015
    Messages:
    54
    Likes Received:
    12
    Trophy Points:
    8
    Haahahahah.. Betul betul.. *ketawa1*
     
Loading...

Share This Page