Cedera ACL Paling Menakutkan bagi Pesepak Bola

Discussion in 'Health & Medical' started by Rista aulia, Oct 19, 2017.

  1. Rista aulia

    Rista aulia Member

    Joined:
    Jul 21, 2016
    Messages:
    147
    Likes Received:
    15
    Trophy Points:
    18
    Pesepak bola kerap bermasalah dengan cedera. Dari beragam cedera yang didapatkan, cedera Anterior Cruciate Ligament (ACL) menjadi momok yang paling menakutkan.

    Cedera yang dialami pesepak bola atau atlet pada umumnya meliputi cedera lutut, engkel, otot, dan yang paling parah adalah multi ligamen injury. Cedera ACL sendiri merupakan cedera yang terjadi pada persendian lutut.

    "Banyak macam cedera olahraga, tetapi cedera yang paling menjadi momok para atlet adalah cedera anterior cruciate ligament (ACL) karena ACL tidak dapat beregenerasi," kata dr Bobby N. Nelwan, SpOT, dokter dari RS Royal Progress Jakarta seperti rilis yang diterima media.

    "Ketika terjadi kerusakan, tubuh pun tidak dapat memperbaikinya secara alami. Karena itulah operasi menjadi jalan satu-satunya cara untuk mengobati cedera ACL ini. Cedera ACL bisa berupa putus, atau robek yang mengakibatkan sendi lutut menjadi tidak stabil, karena ACL pada lutut memang berfungsi menjaga kestabilan sendi lutut," katanya.

    Bobby menjelaskan, biasanya atlet dengan latihan dan pergerakan lebih aktif sangat rentan terkena cedera. "Olahraga dengan tingkat pergerakan yang sangat sering maka resiko cedera akan lebih tinggi,"ujarnya dalam acara ulang tahun RS Royal Pogress ke-8, Selasa, (24/5), di Jakarta.

    Dia sendiri mengaku pernah menangani cedera beberapa pesepak bola terkenal seperti Ferdinand Sinaga, Boaz Sallosa dan Imanuel Wanggai. RS Royal Progress punya program andalan yaitu Royal Sports Medicine Centre.

    "Kita memang disini, khusus atlet maka pasiennya juga lebih banyak atlet khususnya sepak bola dan basket. Tapi orang yang bukan atlet juga pernah kita tangani," ujarnya.

    Sumber : http://www.spesialisobatamandel.web.id/cara-menyembuhkan-ligamen-robek-tanpa-operasi/
     
  2. HermanFaiber

    HermanFaiber Member

    Joined:
    Sep 18, 2017
    Messages:
    73
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    Ngeri juga ya kalau sampe cedera ada sendi yg putus atau robek gitu, hmm serem juga jadi pesepakbola, mana kasar" mainnya
     
  3. HanyaSatu

    HanyaSatu Member

    Joined:
    Aug 28, 2017
    Messages:
    875
    Likes Received:
    56
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    iya padahal beli dipasar banya tuh bola, ga usah diperebutin segitunya sampe yg terakhir kiper Choirul Huda kalau ga salah meninggal karena benturan fisik
     
Loading...

Share This Page