Cerita dibalik Mitos Orang Lamongan Dilarang Makan Ikan Lele

Discussion in 'Science' started by AndaiKatacom, May 20, 2014.

  1. AndaiKatacom

    AndaiKatacom Member

    Joined:
    Sep 14, 2013
    Messages:
    143
    Likes Received:
    13
    Trophy Points:
    18
    AndaiKata.com | Bagi pencinta kuliner ikan, ikan lele merupakan salah satu favorit, dagingnya yang lembur dan gurih sangat nikmat dimulut. Olahannya pun sangat beraneka ragam, mulai dari pecel lele hingga lele asam manis.

    [​IMG]

    Namun dibalik nikmatnya Masakan dari ikan lele, ternyata ikan lele menyimpan mitos bagi sebagian orang terutama orang lamongan. Bagi orang lamongan ada mitos pantangan memakan ikan lele dari sejak leluhur mereka beratus-ratus tahun yang lalu.

    Cerita yang mendasari orang lamongan memiliki pantangan makan ikan lele dikisahkan dalam buku yang berjudul “Sajen dan Ritual orang jawa", yang ditulis Wahyana Giri MC.

    Ceritanya kurang lebih seperti ini, Pada saat Sunan Giri (salah satu dari wali songo) yang mempunyai nama lain Sultan Abdul Faqih singgah di lamongan dan berkunjung kerumah Mbok ROndo di Dusun Barang, Lamonga. Sunan Giri melepas semua pusakanya agar kedatangannya tidak terlihat menakutkan.

    Setelah selesai bertamu, Sunan Giri kehilangan semua pusakanya, dia pun memanggil Ronggo Hadi yang pada saat itu merupakan penguasa Lamongan untuk mencari pusakanya. Ronggo Hadi meminta bantuan kepada pemuda sakti yang bernama Boyopati dan Pusaka Sunan Giri dengan mudah ditemukannya.

    Saat pusaka tersebut akan dibawa pulang, JOko Luwuk yang merupakan murid Sunan Giri ternyata tertarik dengan pusaka milik gurunya itu, Joko Luwuk pun ingin merebut pusaka Sunan Giri dari tangan Boyopati. Karena ingin mengamankan pusaka Sunan Giri dan ingin menyelamatkan diri dari kepungan pasukan Joko Luwuk, Boyopati terjun kesungai yang dipenuhi oleh ikan lele ganas.

    Melihat sungai yang dipenuhi ikan lele, pasukan Joko Luwuk beranggapan Boyopati akan mati dimakan ikan lele, namun ternyata Boyopati sama sekali tidak diserang oleh ikan lele, malahan ikan lele ganas tersebut mengamankan Boyopati. Sambil meninggalkan sungai dengan kecewa, Joko Luwuk bersumpah anak dan keturunannya tidak akan makan lele sampai kapanpun.

    Mitos mengenai keberadaan Boyopati didasar sungai itu sampai sekarang masih dipercayai banyak warga lamongan, mereka tidak akan makan lele meski dimasak dengan cara apapun.



    Sumber : http://www.andaikata.com/misteri/ce...n-dilarang-makan-ikan-lele.html#ixzz32GZ8o7tQ
     
    lasealwin likes this.
  2. VanceLobo

    VanceLobo Member

    Joined:
    May 16, 2014
    Messages:
    386
    Likes Received:
    15
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    oo.. baru ngerti sekarang,..
    emang kemaren2 pernah denger tentang pantangan ini,.. tapi ga tau asal usul pantangan tersebut...

    nice share bro..
     
  3. sisti

    sisti New Member

    Joined:
    May 21, 2014
    Messages:
    8
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Orang Orang Leluhurnya Dulu Apakah Lebih Pintar ? pengetahuan pasti lebih maju...banyaknya kandungan zat/apapun yg bermanfaat di Lele pasti ada..apakah terpaku oleh ilmu dari nenek moyang yg belum tentu punya ilmunya...
     
  4. wphoet

    wphoet You'll Never Walk Alone

    Joined:
    Feb 19, 2013
    Messages:
    1,149
    Likes Received:
    142
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    *jail*saya dari dulu penasaran dengan mitos ini, soalnya dulu punya teman orang lamongan setiap saya tanya ttg orang lamongan gak makan ikan lele dijawab "iya", tapi pas saya tanya alasannya kenapa? pasti gk bakal dijawab dgn dia, padahal bokapnya di lamongan punya tambak ikan lele juga, tapi dia gk pernah makan lele *ketawa4*unik
     
  5. BEIM

    BEIM Active Member

    Joined:
    Mar 17, 2014
    Messages:
    1,358
    Likes Received:
    36
    Trophy Points:
    48
    *berkeringat*ohhh,,begitu toh ceritanya... baru tau ane
     
  6. rattan

    rattan Active Member

    Joined:
    Apr 29, 2014
    Messages:
    985
    Likes Received:
    35
    Trophy Points:
    48
    Google+:
    Ehm.... tapi orang lamongan angkatan muda2 sudah tidak percaya kebanyakan..... sudah banyak warung lele
     
  7. nova44

    nova44 New Member

    Joined:
    Jun 19, 2014
    Messages:
    6
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Itu kan pada jaman dulu, sedangkan itu hanya terjadi karena kesaktian dari boyopati. Ngapain juga takut makan ikan lele
     
  8. debays

    debays Active Member

    Joined:
    Jul 18, 2014
    Messages:
    1,379
    Likes Received:
    58
    Trophy Points:
    48
    wah kasian banget ya brarti ga merasakan enaknya makan lele, :D
     
  9. Grant Verleend

    Grant Verleend Active Member

    Joined:
    Sep 10, 2014
    Messages:
    1,234
    Likes Received:
    34
    Trophy Points:
    48
    Google+:
    Resiko jadi orang lamongan
     
  10. fairadisain

    fairadisain Member

    Joined:
    Sep 18, 2014
    Messages:
    168
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    18
  11. Sekar Pembayun

    Sekar Pembayun New Member

    Joined:
    Nov 8, 2015
    Messages:
    7
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    3
    Sebuah kebudayaan atau kesepakatan yg dianut bersama .. salam budaya..
     
  12. artinur

    artinur Member

    Joined:
    Nov 21, 2015
    Messages:
    31
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    padahal sy suka makan lele di lapak lamongan yg banyak di pinggir2 jalan
     
  13. monster123

    monster123 Member

    Joined:
    Dec 11, 2015
    Messages:
    310
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    18
    ohhh jadi orang lamongan gak boleh makan ikan lele tapi kalau jualan ikan lele boleh yah.... :D
     
  14. ludfi

    ludfi New Member

    Joined:
    Feb 4, 2016
    Messages:
    2
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    keren nih orang lamongan......tahu balas budi..hehe
     
  15. lasealwin

    lasealwin Well-Known Member

    Joined:
    Aug 1, 2015
    Messages:
    1,878
    Likes Received:
    174
    Trophy Points:
    63
    Gak masuk akal juga
    Kok ikan lele ganas
    :D
     
  16. Angkasa Bali

    Angkasa Bali Member

    Joined:
    Oct 20, 2014
    Messages:
    633
    Likes Received:
    70
    Trophy Points:
    28
    waduh kalo ane langsung sikat gan soalnya makanan faforit ane hehehe
     
  17. Si Raja

    Si Raja Member

    Joined:
    Nov 24, 2015
    Messages:
    854
    Likes Received:
    70
    Trophy Points:
    28
    Jadi lapar perut ngeliatnya..heee
    mantap ceritanya..
     
Loading...

Share This Page