Ciri Batu Blue Safir Asli

Discussion in 'General Discussion' started by Linda Nur Wakidah, Mar 21, 2019.

  1. Linda Nur Wakidah

    Linda Nur Wakidah Member

    Joined:
    Aug 29, 2017
    Messages:
    133
    Likes Received:
    17
    Trophy Points:
    18
    Ciri Batu Blue Safir Asli - Batu Blue Safir merupakan jenis batu mulia yang dianggap agung dan karenanya banyak kolektor yang memburunya. Bagi para pecinta batu, batu blue safir mempunyai warna biru yang indah dan tidak dapat ditolak oleh para pecintanya.

    [​IMG]

    Dengan semakin meningkatnya permintaan akan batu blue safir ini membuat ada oknum penjual nakal yang memalsukan batu blue safir untuk keuntungannya sendiri.

    Hal ini tentu akan sangat merugikan pembeli batu blue safir bila sejak awal mereka akan membeli batu asli namun mendapatkan yang palsu. Berbeda jika dari awal kita memang akan membeli batu blue safir sintesis.

    Oleh karena itu pengetahuan akan ciri - ciri batu blue safir asli menjadi hal penting yang harus diketahui saat akan membeli batu mulia ini. Bagi para kolektor yang sudah profesional mungkin sudah tahu dan paham akan keaslian batu mulia ini, namun bagi para pemula mungkin masih sering terkecoh.

    Pada dasarnya batu blue safir asli merupakan batu mulia yang sulit untuk didapatkan, oleh karena itu batu ini memiliki harga yang mahal. Mineral korundum penyusun batu ini merupakan mineral yang istimewa.

    Bahkan untuk harga satu butir batu blue safir asli yang telah diolah dapat mencapai ratusan juta rupiah, sangat menguras kantong bukan. Oleh karena itu pada jaman dahulu hanya para raja dan kalangan bangsawan yang dapat membeli dan memakai batu mulia ini.

    Bagi Anda yang seorang pemula dalam hal batu mulia khususnya blue safir maka Anda harus mengetahui lebih dahulu ciri - ciri batu blue safir ini. Lalu apa sajakah ciri batu blue safir asli tersebut, berikut adalah beberapa cirinya :

    1. Kejernihan

    Ciri batu blue safir yang paling jelas adalah dari kejernihannya, namun bukan berarti batu mulia ini tidak memiliki serat batu. Pada dasarnya semua batu mulia asli / berasal dari alam memiliki serat batu, hal inilah yang membedakan antara yang asli dan sintesis. Serat batu ini merupakan serat yang sangat halus dan hanya dapat dilihat menggunakan mikroskop atau dideteksi menggunakan alat ukur kekasaran permukaan benda roughness tester.

    2. Tingkat kekerasan

    Tingkat kekerasan batu juga merupakan indikator keaslian dari batu mulia, Anda bisa meminta penjual mengukurnya menggunakan Gemlogis dan Presidium karena kedua alat tersebut memiliki tingkat pengukuran yang telah terkunci dari pabrik. Jadi dengan kata lain penjual tidak dapat mengutak atik alat ini. Selain itu Anda juga dapat mengukur tingkat kekerasan tersebut menggunakan hardness tester.

    3. Sertifikat

    Batu blue safir merupakan batu mulia yang berharga mahal dan sulit didapatkan, oleh karena itu setiap batu blue safir asli yang dijual di pasaran dilengkapi dengan sertifikat yang menyatakan keaslian batu. Sertifikat tersebut akan menunjukkan unsur pembentuk batu yang sudah di teliti di laboratorium batu permata.

    4. Berat

    Anda juga dapat mengetahui keaslian batu blue safir dengan menggunakan berat atau bobotnya, dengan ukuran yang sama batu blue safir asli memiliki berat yang lebih dibandingkan batu yang palsu. Hal ini karena batu blue safir asli tersusun atas beberapa mineral sedangkan batu blue safir sintesis hanya terbuat dari bahan dasar plastik dan bahan buatan lainnya.
     
Loading...

Share This Page