Ciri-ciri Dasar Penipuan Via Telpon Yang Harus Anda Tahu

Discussion in 'General Internet' started by tiwitop, Oct 8, 2017.

  1. tiwitop

    tiwitop New Member

    Joined:
    Jul 14, 2017
    Messages:
    21
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Sudah bukan rahasia umum lagi kalau penipua nvia telpon atau sms sudah semakin dikenal dan diktahui masyarakat. tapi kalau hal tersebut yang menjadi korbannya anda, mungkin anda tidak sempat memikirkan dan bisa terbawa arus untuk masuk kedalam jebakan mereka (si penipu) nah supaya anda juga tetap bisa berfikri jernih ada baiknya anda pun mengetahui ciri-ciri modus penipuan via telpon yang kian marak. padahal sekarang ini cari pekerjaan yang lebih halal sudah bisa didapatkan ya, karena bisa dilihat dari banyaknya situs lowongan kerja yang kini juga memberikan lowongan kerja terbaru.

    [​IMG]

    Berikut ciri-ciri penipuan via telpon

    1. Awalnya Memberikan informasi bahwa kita sebagai pemenang Undian atau Dana Bantuan

    Biasanya ada salah satu modusnya yang memberikan infromasi bahwa kita menjadi salah satu pemenang undian tertentu, bisa lewat sms atau via telp. yang via sms biasanya kita akan diberikan “PIN” Tertentu yang akan dicek di website dengan format xxx.blogspot.com atau xxx.weebly.com dan kalau via telp biasanya mereka memberikan kabar gembira bahwa anda sebagai pemenang dengan tidak formal. misalnya ” saya ingin memberitahukan bahwa anda dan keluarga mendapat hadiah 10 juta yah…” biasanya model berbicara mereka berpola dengan akhiran “yah” contohnya ada di video di akhir tulisan ya ^_^

    2. Memberikan informasi bahwa saudara anda ada yang ditangkap / masuk rumah sakit

    Ini yang agak berani sih, karena mereka membawa keluarga atau orang terdekat anda sebagai bahan untuk menipu, misalnya mereka memberitahukan bahwa anak anda masuk rumah sakit setelah jatuh dari tangga di sekolah. dan ternyata anda belum punya anak, ya kan lucu jadinya. tapi target mereka biasanya yang akan kaget karena mereka pasti mengira bahwa kalau korban kaget berarti beanr punya anak yagn masih sekolah ,dan mereka biasanya akan menanyakan / secara nggak langsung mencari tahu nama anak anda dari percakapan tersebut.

    contohnya:

    Penipu: “halo ibu saya dari pihak rumah sakit ingin memberitahukan bahwa anak ibu masuk ruma hsakit setelah, bla,bla,bla,bal…….”

    Korban : ” hah sinta masuk rumah sakit (karna kepikran anaknya yang bernama sinta yang masih sekolah”

    Penipu : “Benar ibu sinta masuk rumah sakit..bla..bla… ibu bisa ngomong ke bagian apotknya untuk nebus obatnya”

    kira-kira seperti itu modusnya,

    3. Penipu lebih cenderung “memaksa” anda untuk pergi ke ATM dan melakukan transaksi

    Inti dari semua penipuan ini goalnya adalah anda pergi ke ATM lalu melakukan transaksi (transfer) seperti yang mereka harapkan. jadi kalau anda diminta ke ATM anda bisa tanya bagaimana kalau anda langsung ke RS baru bayar disana, atau kalau modus saudara ditangkap polisi, anda yang akan ke kantor polisi untuk “membayar” admin yang diminta, atau kalau modus pemenang undian anda minta datang ke kantor mereka untuk menyelesaikan transaksi (karena biasanya transaksi administratif akan di verifikasi dulu dengan datang langsugn ke kantor pemberia hadiah).

    4. Menggunakan Gelar Haji untuk pimpinan mereka

    Ada beberapa percakapan yang menggunakan gelar haji untuk pimpinan mereka, misal anda menang undian dari telkomsel lalu anda akan dihubungi langsung dari manager/bos nya dengan nama H. samsuri. atau haji haji lainnya, padahal nama pejabat dikantor hampir nggak pernah nyebut nama hajinya.wakakaka..

    Pelajari cara mereka menipu dengan mendengarkan rekaman pembicaraan merka dengan korbannya dari youtube, cek disini



    [​IMG]


    Intinya kalau anda ditipu dengan modus saudara atau anak ketangkep polisi atau masuk rumah sakit, lebih baik tanya langsung ke tempat yang bersangkitan, misal anak anda masuk rumah sakit karena jatuh di sekolah, anda bisa cek dengan menelpon ke sekolah akan kebenaran berita tersebut. atau kalau anda dimodusin dapat hadiah dan anda di giring untuk ke ATM dipastikan itu penipuan, beda dengan bila anda diminta untuk datang ke kantor pemberi hadiah untuk berifikasi data sebelum anda diberikan hadiahnya.

    Sumber
     
  2. iwan008

    iwan008 Member

    Joined:
    Aug 17, 2017
    Messages:
    274
    Likes Received:
    28
    Trophy Points:
    28
    udah sering tuh gan ane dapet sms undian "selamat anda terpilih mendapatkan hadiah bla bla..."ada yg nelpon ngaku2 temen kena tilang,,banyak yg kena mh biasana orang panikkan gitu,,
    terima kasih info nya:)
     
  3. acep saepul

    acep saepul Member

    Joined:
    Jan 4, 2017
    Messages:
    74
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
  4. HanyaSatu

    HanyaSatu Member

    Joined:
    Aug 28, 2017
    Messages:
    879
    Likes Received:
    56
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Pernah kena sekali, jawab Aja, kita akan bayar Pajak 3X Lipat asalkan barangnya dikirim dulu kerumah, akhirnya ditutup tuh telponnya hehe
     
  5. DwiKhasbullah

    DwiKhasbullah Well-Known Member

    Joined:
    Aug 7, 2014
    Messages:
    1,943
    Likes Received:
    138
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Iya nih model penipuan yang kayak gini lagi marak banget dan tidak sedikit yang kena.. kalau di tempat saya sendiri sudah beberapa kali yang kena dan itu pun orang yang sudah tua... kebanyakan lasannya anaknya di tilang polisi dan kecelakaan.. kudu hati2 sekali memang...

    Kalau masalah SMS undian juga banyak yg mendapatkan namun jarang sekali yang kena...
     
  6. ARIF AHNAN

    ARIF AHNAN Member

    Joined:
    Oct 18, 2016
    Messages:
    552
    Likes Received:
    61
    Trophy Points:
    28
    iyhhh ini sudah sering terjadi.,., sayu juga pernah ngalamin ,.,. tp gx pernah saya responn.,.,., heheh.,.,
     
  7. Dimas Prasetiyo

    Dimas Prasetiyo Member

    Joined:
    Jun 2, 2015
    Messages:
    650
    Likes Received:
    46
    Trophy Points:
    28
    mantap gan informasinya dan sangat bermanfaat sekali
     
  8. dodolperak

    dodolperak Member

    Joined:
    Aug 25, 2017
    Messages:
    64
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    sering ngt tuh penipuan kya gtu,,, dan bodohnya masih ajj ad yang kena
     
  9. Yusup febriansah

    Yusup febriansah Member

    Joined:
    Apr 13, 2016
    Messages:
    572
    Likes Received:
    43
    Trophy Points:
    28
  10. IrfanCahayaPasundan

    IrfanCahayaPasundan Member

    Joined:
    Oct 3, 2017
    Messages:
    46
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    Bener tuh, Selain Gelar Haji, Gelar Sarjana Pun sering dikatakan penipu itu, kita perlu waspada karena ada sindikatnya yg beroperasi rapih, tapi allhamdulilah banyak juga yg udah ketangkep
     
    RanggaGunawan likes this.
  11. compzone08

    compzone08 Member

    Joined:
    Feb 26, 2017
    Messages:
    37
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    pernah suatu hari ada orang yang tiba-tiba nelpon dengan nyebut nama dari orang yang kita kenal
    pura-pura aja jawab ini dari siapa beberapa kali, langsung diputus teleponnya
     
  12. RanggaGunawan

    RanggaGunawan Member

    Joined:
    Oct 31, 2017
    Messages:
    42
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    8
    Hehee bener tuh, kebanyakan emang Modusnya minta pajak dibayar dulu sebelum barang dikirim, dari mulai kebohongan adanya pajak kuis, pajak kendaraan atau lainnya..
     
  13. Samuel Samuel93

    Samuel Samuel93 Member

    Joined:
    Oct 30, 2017
    Messages:
    487
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
    Ya intinya, tetap berhati-hati dalam menerima telepon masuk dan tetap waspada, karena kemalangan selalu mengintai kita dimanapun kita berada setiap saat. Apabila menerima telepon seperti contoh di atas, jawab aja dengan santai atau boleh-boleh aja ngerjain orangnya balik biar pulsanya kepotong banyak :D
     
  14. davidrahman

    davidrahman Member

    Joined:
    Jun 4, 2014
    Messages:
    891
    Likes Received:
    32
    Trophy Points:
    28
    sekarang harus hati2 dalam menerima telfon. Bila dirasa mencurigakan, segera saja tutup telponya
     
Loading...

Share This Page