Ciri-ciri Lelaki Sholeh Menurut Islam

Discussion in 'General Discussion' started by Khair, Oct 3, 2016.

  1. Khair

    Khair New Member

    Joined:
    Mar 12, 2016
    Messages:
    27
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    3
    [​IMG]

    Siapa yang tidak ingin sih punya calon suami yang shalih dan menjadi idaman wanita. Pasti hampir semua wanita muslimah apabila ditanya mau memiliki suami seperti apa, pasti jawabnya pengen punya calon suami yang shalih. Namun pertanyannya apakah masih ada lelaki bermiman yang sejati di age sekarang ini? Kalau Kamu tahu ciri-cirinya tentu enteng banget, bahkan masih banyak loh. Yuk yang ingin tau silahkan disimak ciri-cirinya apa aja sih laki-laki sholeh menurut islam.

    1. Lelaki sejati itu akan tetap ingat kepada Allah dimanapun berada

    Keimananya yang tegar dan teguh bisa mengikat hati nya agar tunduk hanya kpd Allah subhanahu wata'ala, dan enggak pernah meninggalkan kewajibannya sebagai muslim. Ciri lelaki seperti ini lebih mengarah tidak akan menyelisihi dari ajaran agamanya bahkan akan mengarahkan Engkau ke dalam hal kebaikan, selain itu lelaki ini tidak akan membawa istrinya ke hal perbuatan yang buruk, dia akan senantiasa mengingatkanmu shalat, dan akan membimbingmu ke jalan yang benar menurut islam, semua itu Dia perbuat hanya karena Allah subhanahu wata'ala.

    " Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidupku dan matiku, semua bagi ALLAH tuhan semesta alam" (QS. Al-An' aam [6]:162).

    2. Lelaki baik selalu menghindari perangai dan ucapan yang keji

    Akhlak yang mulia bisa mencegah seseorang dari perkataan dan perilaku yang tidak menyenangkan, selain itu orang yang memiliki akhlak bagus cenderung tetap menjaga hubungan dengan baik terhadap seseorang maupun kepada sang Penciptanya, jadi tidak aneh apabila orang yang memiliki akhlak mulia selalu dihormati orang bahkan akan selalu lunak dan berusaha untuk membahagiakan pasangannya. Tentu mau kaaan disenengi terus sama pasanganya?

    " Yang fading sempurna imannya di antara kalian adalah yang paling baik akhlaknya. Dan yang paling baik di antara kalian adalah yang paling baik kepada istri-istrinya." (HR. Turmudzi).

    3. Dia Mampu mengendalikan hawa nafsu dan tidak pernah menjerumuskan Kamu ke hal yang tidak baik.

    Ciri Pria Sejati.

    Pria sejati itu tetap mengajak ke dalam kebaikan.

    Pada dasarnya manusia itu memiliki sifat baik dan yang tidak baik, sehingga penting sekali bagi seorang muslim untuk memiliki keribadian yang mampu menahan hawa nafsunya. Selain itu orang yang mampu mengendalikan hawa nafsu sangat mudah untuk tetap bersabar, tidak mudah emosi, dan senantiasa beristighfar jika hawa nafsunya sudah merajai dirinya. Tentunya pria dengan ciri seperti ini akan sangat bijak dalam memutuskan sesuatu hal yang penting.

    " Tidak beriman seseorang dari kamu sehingga ia menjadikan hawa nafsunya mengikuti apa yang aku bawa (ajaran Islam)" (Human Resources. Hakim).

    4. Dia Tidak akan menyia-nyiakan waktu dan selalu menepati janji.

    Pria sejati akan tetap menepati janji.

    Sifat ini merupakan hal penting yang harus dimiliki pria islam sejati. Dia tidak akan membuang-buang waktunya selama hidup, selalu memanfaatkan waktu untuk hal yang bermanfaat, bahkan cenderunng tetap menepati janjinya terhadap siapapun. Waktu itu sangat penting dalam islam sehingga Rasulullah sendiri pernah menyinggunggya "hidup sebelum mati, muda sebelum tua, sehat sebelum datang sakit, senggang sebelum sibuk dan kaya sebelum miskin.".
     
  2. imanjagoa

    imanjagoa Member

    Joined:
    Mar 29, 2016
    Messages:
    460
    Likes Received:
    45
    Trophy Points:
    28
    bgus , mungkin kalo bisa perbanyak potongan ayat al quran pada tiap pointnya :)
     
Loading...

Share This Page