Ciri ciri Pohon Katilayu Dari Akar, Batang, Daun, Bunga dan Buahnya

Discussion in 'General Discussion' started by arnold20, Jan 27, 2019.

Tags:
  1. arnold20

    arnold20 Member

    Joined:
    Jan 24, 2017
    Messages:
    91
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Secara umum pohon katilayu tidak menghasilkan getah, seperti karet. Namun jika katilayu menghasilkan getah dianggap suatu keajaiban, nama lain dari pohon katilayu adalah Kalayo (Erioglossum rubiginosum).

    Ciri ciri pohon katilayu

    Dibawah ini akan kami jelaskan Ciri ciri Pohon Katilayu, dari bentuk dan fungsi akar, batang, daun,bunga dan buahnya. Silahkan simak penjelasan kami berikut ini !

    Bentuk Daun

    Untuk memperhatikan ciri ciri pohon katilayu,kita dapat melihat dari bentuk dan fungsi daunnya. Secara umum katilayu memiliki jenis daun majemuk atau daun yang tumbuh pada satu tangkai lebih dari satu helai daun

    Bentuk daunnya memanjang dan melonjong, pada setiap bagian ujung daun lancip serta tersusun secara menyirip. Untuk warna daunnya sendiri adalah hijau muda, hal ini tidak terlepas dari kandungan klorofil yang menjadikan daun katilayu berwarna hijau.

    Umumnya daun katilayu berfungsi sebagai tempat fotosintesis, alat pernafasan atau stomata, tempat terjadi penguapan air didalam daun.

    Bentuk Batang

    Ciri ciri pohon katilayu selanjutnya dapat kita perrhatikan dari bentuk dan fungsi batang, umumnya katilayu memiliki batang tegak lurus, lalu dibagian atas batang akan ditumbuhi cabang cabang yang berfugsi sebagai tempat pertumbuhan daun.

    Batang katilayu mengandung serat kayu tinggi, sehingga sangat kokoh. Warna batangnya adalah coklat kehitaman dengan tekstur kasar dibagian kulit batang.

    Selain itu batang katilayu memiliki peran penting dalam proses fotosintesis, karena didalam batang katilayu mengandung xilem dan floem.

    Kita ketahui xilem berfungsi sebagai pengangkut bahan fotosintesis dari akar untuk diantar kedaun, sedangkan floem berfungsi sebagai pengantar hasil fotosintesis untuk diantarkan keseluruh organ tanaman katilayu.

    Bentuk Akar
    Secara umum pohon katilayu memiliki jenis akar tunggang, sehingga termaksud dalam jenis tanaman dikotil atau biji berkeping dua dan memiliki warna kulit akar coklat keputihan.

    Akar tunggang pada pohon katilayu, tumbuh menuju inti bumi dengan kedalaman kurang lebih 20 m. Akar katilayu memiliki peran penting dalam proses fotosintesis dan sebagai penompang pohon katilayu agar tetap berdiri.

    Bentuk Bunga

    Ciri ciri pohon katilayu selanjutnya adalah bunganya, umumnya bunga katilayu termaksud dalam jenis bunga sempurna. Artinya pada satu tangkai bunga memiliki putik dan benang sari, putik berfungsi sebagai alat reproduksi betina sedangkan benang sari berfungsi sebagai alat reproduksi jantan.

    Bunga katilayu memiliki warna putih cerah, setiap bunga yang keluar akan menghasilkan buah katilayu. Dalam proses perubahan dari bunga sampai menjadi buah, sangat diperlukan bantuan serangga dan angin sehingga penyerbukan dapat terjadi secara maksimal.

    Bentuk
    Buah Katilayu
    Selanjutnya adalah bentuk buah katilayu, umunya buah katilayu memiliki bentuk mirip dengan buah melinjo. Untuk buah yang masih muda memiliki warna hijau kekuningan, lalu buah yang belum masak akan berwarna merah cerah dan untuk buah yang sudah masak akan berwarna merah kehitaman atau merah hati.

    Pada satu tangkai buah akan menghasilkan jumlah buah sangat banyak, kira kira 20 sampai 30 butir buah. Hal ini tidak terlepas dari jenis bunga pohon katilayu yaitu bunga sempurna.

    Sumber artikel SawonBudidaya
     
Loading...

Share This Page