Ciri-Ciri Sakit Maag yang Membahayakan Kesehatan, Waspadai!

Discussion in 'Health & Medical' started by rahmad srianto, Dec 25, 2017.

  1. rahmad srianto

    rahmad srianto New Member

    Joined:
    Dec 22, 2017
    Messages:
    3
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    [​IMG]

    Sakit maag merupakan penyakit yang banyak diderita pada masyarakat, terdapat ciri-ciri sakit maag yang wajib untuk Anda ketahui agar penyakit ini tidak semakin parah.Sakit maag atau dalam istilah medis adalah gastritis merupakan peradangan pada lapisan gaster atau lambung. Munculnya penyakit ini sebenarnya terdapat beberapa faktor, seperti gemar mengkonsumsi alkohol, alergi pada beberapa jenis obat, dan tidak makan dengan teratur.

    Namun Anda tidak dapat memandang sebelah mata untuk penyakit ini, sebab penyakit ini bisa menjadi kronis jika dibiarkan dalam waktu lama dimana dapat mengancam keselamatan jiwa. Untuk mengobati sakit maag juga terdapat obat alami dan kimiawi, karena itu tidak ada salahnya untuk mencoba mengkonsumsi obat alami karena tidak memeberikan efek ketergantungan kepada tubuh.

    Ciri-Ciri Sakit Maag Yang Wajib Diwaspadai

    Untuk melihat ciri-ciri sakit maag sebenarnya sulit, namun terdapat beberapa kondisi yang dapat Anda jadikan acuan untuk mencurigai terkena penyakit maag. Dimana jika kondisi ini terjadi berulang kali maka ada baiknya untuk memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui apakah benar penyakit maag atau penyakit lain.

    1. Sakit pada bagian ulu hati

    Ciri-ciri sakit maag yang utama adalah adanya rasa sakit pada bagian perut sebelah kiri atau agar ke tengah. Biasanya pada masyarakat bagian ini disebut dengan area ulu hati. Rasa sakit biasanya berupa perih dan rasa panas seperti terbakar, rasa sakit yang ditimbulkan dapat juga lebih parah dimana sering terjadi apabila setelah makan.

    2. Merasa mual

    Para penderita maag biasanya sering mengalami rasa mual namun tidak sedikit pula yang muntah. Dimana pada saat terjadi muntah mengeluarkan cairan kuning atau hijau yang telah bercampur dengan makanan. Hal ini timbul dikarenakan sering terjadi kontraksi di lambung sehingga memicu timbulnya rasa sakit yang hebat, walaupun telah mengkonsumsi obat tidak ada salahnya untuk berkonsultasi kepada dokter apakah penyakit maag masih tahap awal atau telah memasukin tahap kronis. Dan juga apabila Anda muntah tanpa mengeluarkan cairan kuning atau hijau bisa saja sedang hamil atau menderita penyakit lain.

    3. Sering bersendawa

    Para penderita maag biasanya memiliki asam lambung yang berlebihan, dimana pada cairan tersebut dapat memproduksi gas yang berlebihan sehingga membuat penderitanya sering mengalami sendawa saat habis makan atau minum yang tidak mengandung soda. Jadi tidak heran jika salah satu ciri-ciri sakit maag adalah seringnya melakukan sendawa. Walaupun banyak orang saat ini masih menganggap bahwa sendawa diakibatkan karena masuk angin.

    4. Perut yang kembung

    Asam lambung yang berlebihan tidak hanya membuat penderita bersendawa namun juga membuat perut kembung. Hal ini dikarenakan gas yang diproduksi oleh asam lambung masuk ke dalam lambung dan usus. Sehingga membuat pergerakan pada lambung dan usus menjadi lambat, karena itu jika penderita maag mengalami perut yang kembung maka dilarang untuk mengkonsumsi makanan apalagi yang dapat menimbulkan gas apabila dicerna.

    5. Merasa perut dalam keadaan penuh

    Perut terasa penuh merupakan salah satu ciri-ciri sakit maag yang dialami oleh penderita, padahal sebelumnya penderita tidak mengkonsumsi makanan. Kondisi ini ditimbulkan akibat pergerakan pada sistem pencernaan melambat sehingga makanan yang dikonsumsi banyak yang tertahan atau sulit dicerna. Oleh karena itu penderita maag sangat dianjurkan untuk makanan sesering mungkin namun dalam porsi yang kecil dibandingkan makan dalam porsi besar.

    Selengkapnya baca di https://dedaunan.com
     

    Attached Files:

  2. Unmetered

    Unmetered Member

    Joined:
    Nov 12, 2015
    Messages:
    485
    Likes Received:
    70
    Trophy Points:
    28
    Sakit maag biasa terjadi karena sebelumnya memiliki asam lambung yang tinggi...
     
  3. blackking

    blackking Active Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    1,213
    Likes Received:
    86
    Trophy Points:
    48
    kalau lagi sakit mag memang serba gak enak, meski perut terasa lapar namun seakan penuh dan kembung
    sangat mengganggu, biasanya kalau ane cuma makan promag dan sebentar juga sembuh, maka biasa makan tepat waktu juga bisa mencegah kambuhnya mag
     
  4. Franz

    Franz New Member

    Joined:
    Feb 25, 2017
    Messages:
    4
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
  5. AfnanKhawari

    AfnanKhawari Member

    Joined:
    Dec 19, 2017
    Messages:
    322
    Likes Received:
    19
    Trophy Points:
    18
    dan makanan berminyak-minyak juga wajib kita hindari apalagi yang ada santennya gituu
     
Loading...

Share This Page