Ciri ciri Tokek, Klasifikasi Tokek, Perilaku Tokek dan Manfaatnya

Discussion in 'General Discussion' started by arnold20, Sep 11, 2019.

  1. arnold20

    arnold20 Member

    Joined:
    Jan 24, 2017
    Messages:
    73
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Tokek adalah bangsa kadal berukuran kecil namun tidak berbahaya, beda halnya dengan jenis kadal lainnya yang relatif berbahaya. Terdapat ratusan jenis tokek yang hidup dibelahan dunia, untuk daerah yang beriklim panas biasanya ditempati oleh tokek yang berukuran kecil dan panjang mencapai kurang lebih 15 sentimeter.

    Ciri ciri Tokek (Morfologi)
    Berikut ini akan kami jelaskan ciri ciri tokek, dari bentuk tubuh, mata, deteminasi jenis kelamin, berat badan, panjang badan, jari jari dan bentuk ekornya. Silahkan simak penjelasan dibawah ini !


    [​IMG]

    Memiliki Bentuk Tubuh Pendek
    Untuk ciri ciri tokek pertama adalah bentuk tubuhnya, dari pengamatan yang kami lihat umumnya tokek hampir memiliki bentuk tubuh mirip dengan cicak yaitu memiliki tubuh pendek, lebar, dan gemuk. Bentuk tubuh tokek jantan dan betina memiliki kemiripan, artinya bentuk tubuh tidak dapat digunakan sebagai acuhan dalam menentukan jenis kelamin tokek.

    Mata Tokek Berwarna Indah dan Besar
    Ciri ciri tokek selanjutnya adalah bentuk matanya, darihasil pengamatan menunjukan warna mata tokek berwarna kuning terang dengan iris mata vertikal. Van Hoeve (1992) menyebutkan bahwa mata tokek biasanya berukuran besar dan memiliki warna yang indah.

    Schmidt (1997) menyatakan bahwa terdapat dua bentuk iris mata pada Gekkonidae, yaitu vertikal dan horisontal. Fotoreseptor sel pada mata hewan bertulang belakang memiliki bentuk kerucut atau batang. Secara umum bentuk batang beradaptasi di malam hari, sedangkan bentuk kerucut beradaptasi dengan di siang hari.

    Tokek dan cicak yang menjadi objek penelitian, seluruhnya merupakan satwa nocturnal (aktif di malam hari) memiliki bentuk fotoreseptor batang. Pigmen mata yang terdapat dalam fotoreseptornya terdiri dari hijau, biru dan ultraviolet (Taniguchi et al 1998).

    Memiliki Beran Badan Minimal 350 Gram
    Hasil pengukuran menunjukan bahwa tokek dan cicak memiliki berat badan dibawah rata-rata berat badan minimal yaitu sebesar 350 gram yang menjadi batas minimal berat badan sebagai satwa berkhasiat obat. Selama kegiatan penelitian tidak ditemukan tokek dan cicak dengan berat badan mencapai 350 gram.

    Ditinjau dari tujuan pemeliharaannya tokek yang dijual hanya dimanfaatkan sebagai satwa peliharaan (pets), berat badan tidak menjadi patokan karena tidak digunakan sebagai penghasil obat. Faktor eksternal yang mempengaruhi pertumbuhan berat badan tokek adalah manusia. Tokek merupakan satwa yang rentan stres bila tersentuh oleh tangan manusia, perilaku stres yang ditunjukan adalah mengecilnya bagian perut karena hanya berisi angin.

    Perlakuan khusus terhadap tokek untuk mendapatkan berat badan minimal dengan tujuan komersial perlu dilakukan, dengan menciptakan kondisi kandang yang gelap, sunyi dan penempatan seekor tokek dalam kandang tunggal (Susilo & Rahmat 2010).

    Penempatan tokek di PT Mega Citrindo menerapkan sistem kandang masal dan dalam kondisi langsung terkena sinar matahari ataupun hujan, sehingga dalam pengamatan belum ditemukan tokek yang memiliki berat badan minimum 350 gram.

    Sumber Bacaan SawonBudidaya.com
     
  2. blackking

    blackking Active Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    1,150
    Likes Received:
    83
    Trophy Points:
    48
    Di rumah saya sering bunyi tokeknya
    namun tidak pernah berani untuk menangkapnya
     
Loading...

Share This Page